Wisata Religi di Sumatera Utara yang Mengagumkan

Indonesia tak hanya dikenal memiliki keindahan alamnya saja tetapi kearifan lokalnya juga menarik. Di daerah Sumatera Utara sendiri terdapat beberapa keyakinan yang dianut oleh masyarakatnya. Oleh karena itu, di sana ada keberagaman tempat ibadah. Di bawah ini anda bisa mengetahui beberapa tempat wisata religi di Sumatera Utara yang bisa anda kunjungi.

5 Daftar Tempat Wisata Religi di Sumatera Utara

Tanah Batak atau Sumatera Utara memang dikenal sebagai daerah yang memiliki keberagaman agama. Ada Islam, Nasrani, Hindu dan Budha, bagi anda yang tertarik menjelajahi wisata religi yang ada di sana, simak dulu reviewnya terlebih dahulu.

1. Pagoda Shwedagon
Pagoda Shwedagon 300x170 » Wisata Religi di Sumatera Utara yang Mengagumkan
Salah satu tempat wisata religi di Sumatera Utara yang bisa anda kunjungi adalah Pagoda Shwedagon. Kuil Budha tersebut berada di Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo, Brastagi tepatnya di Taman Lumbini Desa Tongkeh. Gaya bangunan dari kuil tersebut mirip dengan pagoda yang ada di Myanmar. Pagoda Shwedagon sendiri telah mendapatkan rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Harga tiket masuknya hanya Rp 5000 saja.

2. Gereja Velangkani
Gereja Velangkani 300x200 » Wisata Religi di Sumatera Utara yang Mengagumkan
Umumnya gereja itu didesain dengan gaya bangunan klasik Eropa atau bangunan berarsitektur modern lainnya. Namun berbeda dengan Gereja Velangkani yang berada di kompleks perumahan Sakura Indah, Tanjung Selamat, Medan. Mungkin banyak orang mengira jika ini merupakan tempat ibadah umat Hindu karena desainnya mirip sekali dengan kuil. Tetapi ini merupakan bangunan gereja bagi umat Katholik. Mengunjungi gereja ini tidak dipungut tiket sepeser pun alias gratis.

3. Masjid Raya Medan
Masjid Raya Medan 300x220 » Wisata Religi di Sumatera Utara yang Mengagumkan
Masjid Raya Medan telah lama dijadikan tujuan wisata religi di Sumatera Utara. Masjid ini pun telah dibangun pada tahun 1906 dan memiliki gaya bangunan khas Timur Tengah, Spanyol dan India. Masjid yang berada di Jl. Sisingamangaraja Medan tersebut dulunya difungsikan sebagai masjid kerajaan. Arsitektur dari masjid ini juga merupakan arsitektur Belanda. Masjid yang telah berumur satu abad ini sering kali didatangi peziarah dan untuk harga tiket masuknya tidak dipungut biaya sama sekali.

4. Kuil Sri Mariamman
Kuil Sri Mariamman 300x225 » Wisata Religi di Sumatera Utara yang Mengagumkan
Ketika mengunjungi kota Medan, jangan lupa untuk mampir ke kuil Sri Mariamman. Kuil ini merupakan tempat beribadah umat Hindu yang ada di Medan. Lokasinya berada di Kampung Keling, Jl. Zainul Arifin Medan. Kuil ini dibangun pada tahun 1884 dan digunakan untuk memuja Dewi Mariamman, yaitu dewi hujan dan dewi penyakit bagi umat Hindu. Arsitektur bangunan yang sangat unik dan artistic membuat kuil ini sering dikunjungi wisatawan. HTM kuil tertua di Medan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

5. Maha Vihara Maitreya
Maha Vihara Maitreya 300x225 » Wisata Religi di Sumatera Utara yang Mengagumkan
Tempat wisata religi di Sumatera Utara yang bisa anda kunjungi adalah Maha Vihara Maitreya. Vihara ini dinobatkan sebagai vihara terbesar di Indonesia dan digunakan untuk beribadah bagi umat Budha. Di sana banyak terdapat ukiran-ukiran yang artistic dan patung Budha. Yang menarik wisatawan adalah adanya patung Budha berwarna emas di ruang utama. Mengunjungi vihara ini tidak dipungut biaya sepeser pun.

Sumatera Utara tidak hanya memiliki Danau Toba saja yang indah tetapi kearifan lokalnya juga menarik untuk ditelusuri. Tempat wisata religi di sana pun sangat beragam, ada wisata religi untuk umat muslim, Nasrani, Hindu dan Budha. Yang lebih menarik lagi, tempat wisata religi di Sumatera Utara tersebut tidak dipungut tiket masuk. Jika pun iya, tiket masuknya kurang dari Rp 10.000.