Wisata Religi di Sumatera Selatan Terpopuler

Sumatera Selatan itu terkenal akan wisata dan juga kulinernya yang sangat khas. Selain dikenal dengan kuliner pempek yang popular tetapi di sana juga ada wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata religi di Sumatera Selatan sendiri ada banyak dan beberapa di antaranya sangat popular.

5 Tempat Wisata Religi di Sumatera Selatan
Sumatera Selatan itu tempat wisatanya beragam dan yang paling terkenal adalah wisata kulinernya. Tetapi di sana juga memiliki wisata religi yang tak kalah serunya untuk dikunjungi, mana sajakah itu?

1. Masjid Cheng Ho
Wisata Religi di Sumatera Selatan yaitu di Masjid Cheng Ho 300x200 » Wisata Religi di Sumatera Selatan Terpopuler
Masjid Cheng Ho merupakan wisata religi di Sumatera Selatan yang paling popular. Masjid yang bernama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang ini lokasinya berada di Jakabaring, Palembang. Masjid ini pun memiliki konsep Tionghoa dan Islami.

Meskipun masjid tersebut bukanlah masjid peninggalan sejarah, tetapi arsitektur masjid ini banyak menyedot perhatian karena unik. Tempat ibadah ini didirikan oleh warga keturunan Tionghoa yang ada di Palembang. Tidak dipungut biaya sepeser pun untuk mengunjungi masjid unik ini.

2. Al Quran Raksasa
Al Quran Raksasa adalah Wisata Religi di Sumatera Selatan 300x171 » Wisata Religi di Sumatera Selatan Terpopuler
Wisata religi terpopuler di Sumatera Selatan selanjutnya adalah Al Quran raksasa. Sama seperti namanya, kitab suci umat muslim ini memiliki ukuran yang tidak biasa. Berada di kawasan pondok pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang, Al Quran tersebut memiliki ukuran 177x140x2,5 cm dan ketebalan sekitar 9 meter. Membuatnya pun menghabiskan 40 meter kubik kayu dengan biaya sebesar Rp 2 milyar. Bentuknya pun begitu artistic dengan ukiran kayu khas Palembang. HTM di sana mulai dari Rp 5000.

3. Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang sebagai Tempat Wisata Religi 300x198 » Wisata Religi di Sumatera Selatan Terpopuler
Masjid Agung Palembang merupakan tempat wisata religi di Sumatera Selatan yang paling popular. Tempat ibadah ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia dan tercatat telah mengalami banyak renovasi. Renovasi paling besar-besaran dilakukan pada tahun 1999. Gaya arsitektur dari masjid agung ini memakai percampuran tiga budaya yakni Tionghoa, Eropa dan Nusantara. Lokasi Masjid Agung Palembang berada di Jl. Jend. Sudirman 19 Ilir, Palembang. Harga tiket masuk di masjid ini gratis.

4. Kampung Al Munawar
Rumah Kampung Al Munawar di Tempat Wisata Religi Sumatera Selatan 300x212 » Wisata Religi di Sumatera Selatan Terpopuler
Kampung Al Munawar atau lebih akrab disebut dengan kampung Arab ini berlokasi di daerah 13 Ulu. Kampung ini berbeda dengan kampung lainnya karena memiliki bangunan unik, yaitu rumah dengan arsitektur limas dengan sentuhan Timur Tengah dan Eropa. Harga tiket masuk untuk mengunjungi Kampung Al Munawar tidak dipungut biaya.

5. Pulau Kemaro
Pulau Kemaro sebagai Tempat Wisata Religi di Palembang 200x300 » Wisata Religi di Sumatera Selatan Terpopuler
Satu lagi tempat wisata religi yang ada di Sumatera Selatan adalah di Pulau Kemaro. Pulau ini berada di delta kecil Sungai Musi atau sekitar 6km dari Jembatan Ampera. Di area pulau tersebut terdapat klenteng Hok Tjing Rio yang selalu ramai dikunjungi wisatawan tiap perayaan Cap Go Meh. Di sana juga terdapat kuil Budha, makam putri Palembang Siti Fatimah dan Pagoda berlantai 9 di tengah-tengah pulau. Harga tiket masuk di sana gratis namun anda harus menyewa speed boat untuk menyebrang ke pulau tersebut.

Berwisata religi itu sangat menyenangkan, selain menambah rasa spiritual, anda juga bisa mendapatkan pengalaman baru. Bagi anda yang tertarik mengunjungi beberapa tempat wisata religi di Sumatera Selatan tersebut sangat direkomendasikan. Tempat-tempat di atas sangat menarik untuk dikunjungi dan memiliki keunikan tersendiri. Mungkin wisata religi di Palembang tersebut bisa dijadikan referensi berlibur nanti.