Wisata Religi di Sumatera Barat yang Terpopuler

Sumatera Barat dikenal sebagai provinsi yang religious, tak heran jika di sana ada beberapa tempat wisata religi popular. Sumatera Barat sendiri memang dikenal sebagai provinsi dengan mayoritas penduduk beragama muslim. Jadi tidak heran jika wisata religi di Sumatera Barat memang kebanyakan bernuansa Islami.

Daftar Tempat Wisata Religi di Sumatera Barat
Bagi anda yang ingin berwisata dengan nuansa Islami di Sumatera Barat, di bawah ini ada daftar rekomendasi tempat yang bisa anda kunjungi. Mana sajakah itu?

1. Makam Syeikh Burhanuddin Ulakan
Wisata Religi di Sumatera Barat yaitu Makam Syeikh Burhanuddin Ulakan 300x169 » Wisata Religi di Sumatera Barat yang Terpopuler
Salah satu tempat wisata religi yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat berada di Sumatera Barat adalah makam Syeikh Burhanuddin Ulakan. Beliau merupakan seorang ulama yang berasal dari Pariaman dan meninggal pada tahun 1704. Syeikh Burhanuddin Ulakan sendiri dikenal sebagai penyebar agama Islam di Sumatera Barat. Harga tiket masuk untuk berziarah di sini tidak dipungut biaya.

2. Masjid Raya Sumatera Barat
Masjid Raya Sumatera Barat adalah Tempat Wisata Religi yang Bisa Dikunjungi 300x300 » Wisata Religi di Sumatera Barat yang Terpopuler
Tempat wisata religi di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi adalah Masjid Raya Sumatera Barat. Masjid ini arsitekturnya berbeda dengan masjid lainnya karena memiliki gaya bangunan unik. Tempat ibadah yang berada di kota Padang tersebut didesain dengan gaya Minangkabau modern. Selain itu, bangunan masjid juga sangat megah dan tahan gempa hingga 10 SR. Untuk melihat keindahan dan keunikan Masjid Raya Sumatera Barat anda tak perlu membayar HTM. Anda hanya diminta untuk mengisi kotak infaq seikhlasnya saja.

3. Miniature Mekkah
Miniatur Mekkah Menjadi Tempat Wisata Religi di Sumatera Barat 300x200 » Wisata Religi di Sumatera Barat yang Terpopuler
Wisata religi yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi adalah miniature Mekkah. Tempat tersebut berada di Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tengah, Padang. Miniatur Mekkah sendiri biasanya digunakan untuk manasik haji dan untuk beribadah. Yang menjadikan tempat tersebut luar biasa karena memiliki pemandangan alam yang asri. Di sekitar tempat wisata religi tersebut terdapat pemandangan hijau perbukitan dan hawanya juga sangat sejuk. Pengunjung pun hanya akan dikenakan biaya tiket masuk seikhlasnya saja.

4. Masjid Muhammadan
Masjid Muhammadan Merupakan Masjid Tertua di Kota Padang 300x225 » Wisata Religi di Sumatera Barat yang Terpopuler
Pergi ke kota Padang anda jangan lewatkan untuk tidak mengunjungi Masjid Muhammadan. Tempat ibadah tersebut berada di Kecamatan Padang Selatan tepatnya di Kelurahan Pasa Gadang, Kota Padang. Yang menjadikan masjid tersebut unik adalah bangunan masjid dibuat dengan bahan putih telur dan gula sebagai perekatnya. Perlu anda ketahui, Masjid Muhammadan sendiri sudah dibangun sejak tahun 1843. Bagi anda yang akan mengunjungi tempat ini tak perlu memikirkan HTM karena tidak dipungut biaya.

5. Masjid Raya Masjid Ganting
Masjid Raya Masjid Ganting adalah Salah Satu Wisata Religi di Sumatera Barat 300x204 » Wisata Religi di Sumatera Barat yang Terpopuler
Masjid Raya Masjid Ganting merupakan salah satu tempat wisata religi di Sumatera Barat. Masjid ini pun memiliki arsitektur bergaya Spanyol, Cina dan Timur Tengah. Tempat ibadah tersebut juga merupakan masjid tertua yang ada di kota Padang karena sudah dibangun sejak tahun 1805. Masjid Raya Masjid Ganting pun dulunya menjadi pusat syiar agama Islam di Sumatera Barat. HTM di sana yaitu mengisi infaq seikhlasnya.

Mengunjungi Sumatera Barat sepertinya wajib untuk berwisata religi karena di sana banyak tempat bernuansa Islami. Beberapa tempat yang direkomendasikan di atas merupakan tempat wisata religi di Sumatera Barat yang paling popular.

Bagi anda yang ingin berdoa sekaligus melihat kemegahan masjid yang ada di Padang, masjid-masjid tersebut sangat direkomendasikan. Harga tiket masuknya pun tidak ditentukan biayanya karena anda hanya akan diminta untuk membayar seikhlasnya saja. Jadi, jangan lewatkan mengunjungi tempat tersebut ketika berada di Sumatera Barat.