Wisata Religi di Riau yang Direkomendasikan

Riau merupakan salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatera dan mayoritas penduduknya adalah orang Melayu. Tak heran jika di sana sering terjadi percampuran budaya Melayu dengan masyarakat setempat. Di sini anda bisa mengetahui beberapa tempat wisata religi di Riau yang bisa anda kunjungi nanti.

Daftar Wisata Religi di Riau yang Bisa Dikunjungi

Provinsi Riau, selain budaya Melayu di sana juga terdapat budaya Tionghoa yang bisa anda jumpai. Di sana juga terdapat tempat wisata religi yang bisa anda kunjungi. Mana sajakah itu?

1. Masjid Agung Madani
Wisata Religi di Riau Salah Satunya di Masjid Madani 300x169 » Wisata Religi di Riau yang Direkomendasikan
Salah satu tempat wisata religi di Riau yang bisa anda kunjungi adalah Masjid Agung Madani. Masjid megah tersebut berada di Kabupaten Rokan Hulu dan termasuk salah satu masjid termegah yang ada di Provinsi Riau. Bagaimana tidak? Masjid yang menghabiskan dana sebesar 400 milyar tersebut desainnya mirip dengan Masjid Nabawi yang ada di Madinah. Masjid tersebut memiliki 4 menara setinggi 66 meter dan dapat menampung jamaah sebanyak 20.000 orang. Untuk mengunjungi masjid ini anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk.

2. Masjid Raya An Nur
Masjid An Nur Merupakan Icon Wisata Religi di Riau 300x225 » Wisata Religi di Riau yang Direkomendasikan
Masjid yang juga menjadi icon nya Riau adalah masjid raya An-Nur. Tempat ibadah tersebut tepatnya berada di Pekanbaru dan masjid ini mirip dengan Taj Mahal yang ada di India. Banyak masyarakat yang mengunjungi masjid raya tersebut, selain beribadah mereka juga memanfaatkan keindahan masjid untuk berfoto-foto. Bagi anda yang ingin berfoto sekaligus beribadah, anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk karena mengunjungi masjid ini gratis.

3. Istana Siak
Istana Siak Merupakan Wisata Religi di Riau 300x225 » Wisata Religi di Riau yang Direkomendasikan
Riau itu terkenal akan budaya Melayu yang kental dengan nilai keislamannya. Hal itu terjadi karena dulunya di sana terdapat kerajaan atau kesultanan yang kental dengan nilai keislamannya. Salah satu peninggalan yang bisa anda kunjungi adalah Istana Siak. Istana peninggalan kesultanan Siak Sri Indrapura tersebut berada di tepian Sungai Siak, Riau.

Istana tersebut memiliki arsitektur bergaya Timur Tengah. Bangunan tersebut sudah berdiri sejak tahun 1889 dan memiliki ornament-ornamen mewah di dalamnya. Di dalam istana juga terdapat peninggalan bersejarah seperti stempel kerajaan, peralatan makan, lemari kaca dan lain-lain. Harga tiket masuk mengunjungi Istana Siak adalah Rp 10.000.

4. Masjid Jami Air Tiris
Masjid Jami Air Tris adalah Tempat Wisata Religi di Riau 300x199 » Wisata Religi di Riau yang Direkomendasikan
Tempat wisata religi di Riau selanjutnya yang direkomendasikan adalah Masjid Jami Air Tiris. Masjid ini berada di Pasar Usang, Desa Tanjung Berulak, Kabupaten Kampar, Riau. Usia dari masjid ini sudah satu abad dan merupakan masjid unik karena membangunnya tidak menggunakan besi dan paku. Gaya arsitektur masjid tersebut menggunakan unsur Melayu dan China. Mengunjunginya pun tak dipungut biaya karena pengunjung diminta memberi seikhlasnya saja.

5. Masjid An-Nizham
Masjid An Nizham adalah Tempat Wisata Religi di Riau 300x169 » Wisata Religi di Riau yang Direkomendasikan
Satu lagi masjid yang dijadikan sebagai tempat wisata religi di Provinsi Riau adalah Masjid An-Nizham. Masjid tersebut berada di Desa Pantai Raja, Kampar Kiri, Kampar dan merupakan masjid berukuran kecil namun bangunannya sangat unik. Banyak pengunjung yang memanfaatkan masjid untuk berfoto-foto sekaligus beribadah. Tidak dipungut biaya tiket masuk untuk mengunjunginya.

Beberapa daftar tempat wisata bernuansa religi yang ada di Riau tersebut merupakan tempat popular. Bagi anda yang sedang mengunjungi Riau, jangan sampai lupa untuk mengunjunginya karena memang tempatnya memiliki keunikan tersendiri. Daftar tempat wisata religi di Riau tersebut semoga bisa menjadi inspirasi anda dalam berwisata religi.