Wisata Religi di Bali yang Wajib Anda Kunjungi Untuk Menspiritual Diri

Bali merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang sangat populer di dunia, bahkan Bali dimasukan ke dalam daftar destinasi wisata terbaik dan tercantik dari salah satu media wisata dunia. Selain wisata alamnya yang sangat indah dan cantik, Bali juga terkenal dengan wisata religinya yang terbilang cukup unik dan memiliki ciri khas yang benar-benar beradat Bali.

Kalau Anda penasaran mengenai tempat wisata religi di Bali, berikut ulasannya yang bisa menjadi referensi kunjungan Anda nantinya.

1. Klenteng Ling Li Miao
Tampak depan Klenteng Ling Li Miao 300x200 » Wisata Religi di Bali yang Wajib Anda Kunjungi Untuk Menspiritual Diri
Klenteng yang satu ini merupakan wisata religi di Bali bagi umat yang memegang kepercayaan Konghucu. Selain dipergunakan sebagai tempat berdoa bagi para umat Konghucu, Klenteng Ling Li Miao juga digunakan untuk tempat berkumpulnya para penduduk Tionghoa yang berada di Bali untuk membahas sesuatu hal maupun acara keagamaan.

Di dalam kawasan klenteng ini juga terdapat sebuah pura yang dijadikan tempat berdoa bagi umat Konghucu. Anda yang ingin berkunjung ke Klenteng Ling Li Miao, bisa datang ke Tanah Kilap di daerah Denpasar Selatan. Untuk masuk ke dalam Klenteng Ling Li Miao, Anda tidak perlu membayar biaya masuk alias gratis.

2. Pura Paluang
Uniknya Pura Paluang 300x225 » Wisata Religi di Bali yang Wajib Anda Kunjungi Untuk Menspiritual Diri
Pura Paluang merupakan tempat wisata religi di Bali yang sayang untuk dilewatkan. Di dalamnya terdapat pelinggih dengan bentuknya yang unik, yakni mirip dengan bentuk mobil VW Beetle dan Jimmy. Karena bentuk pelinggihnya yang unik, tidak heran kalau banyak wisatawan lokal maupun luar negeri yang datang untuk melihat keunikannya.

Namun, karena letaknya berada di Nusa Penida, Anda harus berangkat dari pelabuhan Pantai Sanur dengan menggunakan kendaraan air berupa jukung seharga Rp 40.000 setiap orang atau bisa menggunakan speed boat seharga Rp 90.000 setiap orangnya.

3. Pura Rambut Siwi
Pura Rambut Siwi yang merupakan pura terbesar di Bali 300x225 » Wisata Religi di Bali yang Wajib Anda Kunjungi Untuk Menspiritual Diri
Selain sebagai tempat wisata religi di Bali, Anda juga bisa melihat pura paling terbesar yang berada di Bali. Selain dikenal sebagai Pura Rambut Siwi, pura tersebut juga dikenal dengan sebutan Pura Puncak, karena posisi puranya berada di atas Pura Segara dan Pura Penataran.

Saat Anda mulai memasuki kawasan Pura Rambut Siwi, Anda akan disambut terlebih dahulu oleh patung penjaga yang bentuknya menyerupai hewan singa, kemudian Anda akan menanjaki puluhan anak tangga untuk masuk ke dalam kawasan puranya. Kalau Anda penasaran dengan pura ini, kunjungi saja pura ini di Jl. Denpasar, Desa Yehembang, daerah Jembrana.

Masuk ke dalam pura ini Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk apapun. Hanya saja Anda perlu membayar biaya parkirnya sebesar Rp 4.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor.

4. Pura Ulun Mumbul
Pura Ulun Mumbul yang berada di tengah danau 300x300 » Wisata Religi di Bali yang Wajib Anda Kunjungi Untuk Menspiritual Diri
Pura yang satu ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi di Bali yang terpopuler karena kawasannya yang indah dan terdapat taman yang cantik pula. Taman yang diberi nama Taman Mumbul ini sangatlah sejuk dan juga asri, jadi siapapun yang berkunjung pasti akan bisa lebih menikmati ketenangannya dan kesejukannya.

Pura Ulun Mumbul inilah terletak di tengah-tengah danau dan disekelilingi oleh Taman Mumbul. Sebenarnya danau tersebut dipergunakan oleh masyarakat setempat untuk mengairi sawah dan berbagai macam kebutuhan sehari-hari lainnya.

Untuk memasuki kawasan ini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun termasuk biaya parkir kendaraan. Jadi Anda bisa menukmati keindahan kawasan Taman Mumbul dan puranya secara gratis.

Itulah keempat tempat wisata religi di Bali yang berhasil menarik perhatian para wisatawan lokal maupun luar negeri. Anda yang berkunjung ke Bali bisa sekaligus merasakan spiritual yang ada pada tempat wisata religi tersebut. Tidak ada salahnya, bukan sebagai pelengkap liburan spiritual Anda.