Wisata Religi di Aceh yang Tak Boleh Anda Lewatkan Begitu Saja

Aceh terkenal dengan sebutan Serambi Mekkah karena bangunan arsitektur wisata religi di Aceh sangatlah indah dan juga mempesona. Maka dari itu, Aceh menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang bisa disandingkan dengan wisata religi di daerah Timur Tengah maupun Eropa. Lalu, tempat wisata religi di Aceh apa saja sih yang menjadi daya tarik wisatawan?

1. Masjid Raya Baiturrahman
Tampak depan Masjid Raya Baiturrahman 300x158 » Wisata Religi di Aceh yang Tak Boleh Anda Lewatkan Begitu Saja
Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid yang tergolong megah di daerah Asia Tenggara, karena memiliki ukiran-ukiran yang indah yang menghiasi dinding masjid tersebut. Tidak hanya dindingnya saja yang indah, karena halamannya yang luas pun juga memberikan hawa yang sejuk kepada siapapun yang melewatinya dan masuk ke dalam masjidnya.

Di sisi lain dari bangunan masjid ini terdapat sebuah menara yang cukup tinggi dan menjadi daya tarik wisatawan yang sedang berkunjung ke Aceh. Selain menjadi tempat wisata religi di Aceh, Masjid Raya Baiturrahman juga memiliki wisata budaya karena terdapat prasasti yang menggambarkan riwayat hidup salah satu Jenderal yang berasal dari Belanda, yakni J. H. R. Kohler bersama dengan 400 pasukannya.

Untuk memasuki kawasan ini, Anda tidak perlu membayar biaya apapun alias gratis.

2. Kuil Palani Andawer
Meskipun dari luar tampak sederhana namun Kuil Palani Andawer menjadi tempat yang kramat untuk umat Hindu 300x200 » Wisata Religi di Aceh yang Tak Boleh Anda Lewatkan Begitu Saja
Selain terkenal dengan masjidnya yang indah dan megah, Aceh juga memiliki bangunan ibadah yang berasal dari agama lain, seperti Kuil Palani Andawer. Kuil yang menjadi salah satu destinasi wisata religi di Aceh ini dibangun pada tahun 1934 dan menjadi kuil pertama serta satu-satunya tempat ibadah umat Hindu di Serambi Mekah.

Pada saat terjadi Tsunami Aceh di tahun 2004, sebenarnya Kuil Palani Andawer sudah hancur tanpa sisa. Namun, pada tahun 2012, penduduk setempat, para umat Hindu di Aceh Besar maupun Banda Aceh, pemerintah Aceh, serta BRR bersama-sama mengumpulkan dana untuk membangunnya kembali secara utuh.

Kalau Anda penasaran dan ingin berkunjung ke kuil ini, Anda akan dengan mudah menemukannya karena tepat berada di tepi jalan sebuah desa, yakni Desa Keudah yang jalurnya menuju Desa Peulanggahan. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk masuk ke kuil ini.

3. Gereja Katolik Paroki Hati Kudus
Gereja Katolik Paroki Hati Kudus yang pada saat tsunami 2004 tetap berdiri kokoh » Wisata Religi di Aceh yang Tak Boleh Anda Lewatkan Begitu Saja
Gereja katolik ini merupakan destinasi wisata religi di Aceh bagi umat katolik di Aceh dan wisatawannya. Bangunan arsitektur yang dimilikinya terbilang sangat neo klasik yang luasnya mencapai 168 meter persegi. Di bagian sisi gerejanya terdapat sebuah menara yang tingginya 12 m. Lalu juga ada lantai yang berbahan keramik dengan coraknya warna-warni.

Anda juga bisa melihat sebuah lonceng yang cukup besar yang didatangkan asli dari Belanda pada masa pembangunannya. Dari gereja ini terdapat fakta yang cukup mengejutkan, karena pada saat Tsunami Aceh di tahun 2004 yang terjangannya sangat besar, gereja ini tetap berdiri kokoh tanpa ada yang dinding yang hancur. Maka dari itu, gereja ini terkenal dengan mukjizat-Nya yang luar biasa.

4. Kuburan Kerkhoff
Kuburan Kerkhoff yang menjadi kuburan tentara pada zaman Sultan Iskandar Muda 300x178 » Wisata Religi di Aceh yang Tak Boleh Anda Lewatkan Begitu Saja
Wisata religi di Aceh selanjutnya adalah Kuburan Kerkhoff yang menjadi kuburan para tentara dan merupakan kuburan terluas di dunia. Karena kuburan ini merupakan kuburan para tentara yang berjasa untuk Indonesia, maka para warga Aceh dan pemerintahnya pun menjaga dan melestarikannya hingga sampai sekarang ini.

Di kuburan ini terdapat sekitar 2.500 tentara yang dikuburkan dan juga 4 jenderal yang berperan penting dalam perang di Indonesia dan Aceh. Anda yang ingin berkunjung ke kuburan bersejarah ini tidak perlu repot membayar biaya masuknya dan hanya dikenakan biaya parkir kendaraannya saja.

Itulah keempat wisata religi di Aceh yang bisa Anda kunjungi. Selain bersenang-senang di wisata alamnya yang indah, tidak ada salahnya, bukan menikmati ketenangan spiritual di wisata religinya?