Wisata Alam di Jawa Barat yang Sejuk dan Menyegarkan

Mengunjungi tempat wisata adalah suatu hal yang menyenangkan. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari mengunjungi tempat hiburan tersebut. Anda bisa datang ke berbagai macam jenis tempat hiburan, seperti tempat wisata buatan, tempat wisata edukasi, tempat wisata alam dan lain sebagainya. Wisata alam banyak ditemukan di Indonesia, termasuk di Provinsi Jawa Barat. Di bawah ini ada beberapa tempat wisata alam yang bisa dikunjungi ketika singgah di provinsi tersebut.

1. Gunung Papandayan
1. Gunung Papandayan 300x200 » Wisata Alam di Jawa Barat yang Sejuk dan Menyegarkan
Gunung Papandayan berada di Garut, Jawa Barat. Gunung ini sangat cocok didatangi oleh para pemula. Hal tersebut disebabkan jalur pendakiannya yang cukup landai dan tidak terlalu terjal. Selama jalur pendakian, pemandangan indah disuguhkan. Namun, bagi yang tidak ingin mendaki, bisa masuk untuk menikmati pemandangan sekitar.

Harga tiket bagi yang ingin melakukan camping sebesar 10 ribu rupiah saat weekdays dan 12.500 rupiah ketika weekend. Bagi pengunjung yang tidak ingin camping, cukup membayar 5 ribu rupiah saat weekdays dan 7.500 rupiah saat weekend.

2. Taman Bunga Nusantara
2. Taman Bunga Nusantara 300x188 » Wisata Alam di Jawa Barat yang Sejuk dan Menyegarkan
Bagi yang ingin menambah koleksi foto, Taman Bunga Nusantara di Cianjur merupakan pilihan yang tepat. Berbagai macam jenis taman bunga ditata sedemikian rupa untuk dinikmati oleh pengunjung. Selain itu, ada pula labyrinth yang bisa dimasuki siapa saja. Harga tiket masuknya sebesar 40 ribu rupiah. Di sana ada pula kendaraan yang bisa digunakan untuk mengelilingi taman, yaitu Dotto Trains (50 ribu rupiah, kapasitas 50 orang), Garden Tram (50 ribu rupiah, kapasitas 16-20 orang), Wira-Wiri (5 ribu rupiah, kapasitas 15 orang).

3. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
3. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango 300x225 » Wisata Alam di Jawa Barat yang Sejuk dan Menyegarkan
Gunung Gede Pangrango di Bogor juga sangat cocok bagi pendaki pemula. Hal tersebut disebabkan mudahnya jalur pendakian dengan berbagai petunjuk yang ada. di sana terdapat beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi dengan harga tiket masuk yang berbeda-beda, yaitu Pendakian Cibodas (34 ribu rupiah), Wisata Cibereum (18.500 rupiah), Canopy Walk (40 ribu rupiah), wisata air panas (18.500 rupiah) dan wisata komodo (13.500 rupiah).

4. Kebun Raya Cibodas
4. Kebun Raya Cibodas 300x200 » Wisata Alam di Jawa Barat yang Sejuk dan Menyegarkan
Kebun Raya Cibodas cocok untuk dijadikan arena outbound. Tempat wisata alam ini merupakan hasil pengelolaan dari pemerintah. Di sana pengunjung bisa menikmati taman lumut, taman bunga sakura, hutan, rumah kaca dan Air Terjun Ciismun. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu 9.500 rupiah per orang. Kebun raya ini buka sejak pukul 08.00 sampai 7.00 waktu setempat.

5. Kebun Raya Bogor
5. Kebun Raya Bogor 300x155 » Wisata Alam di Jawa Barat yang Sejuk dan Menyegarkan
Sapa yang tidak mengenal Kebun Raya Bogor? Di tempat ini pengunjung bisa menikmati sejuknya pepohonan dengan keluarga sembari melakukan piknik. Bagi pengunjung domestik, harga tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah. Sedangkan wisatawan mancanegara dikenai tarif 25 ribu rupiah. Di kebun raya ini pengunjung bisa belajar berbagai macam jenis pohon yang menjadi koleksi Kebun Raya Bogor.

6. Curug Cimahi
6. Curug Cimahi 240x300 » Wisata Alam di Jawa Barat yang Sejuk dan Menyegarkan
Pengunjung disarankan untuk menuruni ribuan anak tangga agar dapat menikmati pemandangan sekitar Curug Cimahi secara lebih indah. Tebing, suara monyet dan rindangnya pepohonan menjadi pelengkap wisata alam disana. Bagi pengunjung lokal, harga tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah. Sementara wisatawan manca negara sebesar 25 ribu rupiah.

7. Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda
7. Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda 300x196 » Wisata Alam di Jawa Barat yang Sejuk dan Menyegarkan
Taman ini sangat cocok digunakan sebagai tempat melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Hal itu disebabkan udara yang masih sejuk dan asri. Harga tiket masuk sebesar 12 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 76 ribu rupiah untuk wisatawan manca negara.

8. Taman Nasional Halimun Salak
8. Taman Nasional Halimun Salak 300x169 » Wisata Alam di Jawa Barat yang Sejuk dan Menyegarkan
Ada banyak objek wisata yang bisa didatangi ketika mengunjungi Taman Nasional Halimun Salak, seperti air terjun, hutan pinus dan lain-lain. Udaranya yang sejuk dan segar menjadi hal yang langsung didapat ketika datang ke tempat tersebut. Pengunjung diwajibkan membayar harga tiket masuk sebesar 25 ribu rupiah di pintu retribusi.