Wisata Air Sumatera Selatan Yang Unik Dan Cantik

Jika di daerah lain, wisata air lebih identik dengan pantai-pantai yang eksotik, maka berbeda dengan wisata air di Sumatera Selatan. Kondisi demografisnya menyebabkan tidak memiliki wisata pantai, melainkan menjadi kawasan rawa berupa sungai dan danau. Meski demikian, danau dan rawa di sana sangat menawan seperti dijabarkan di bawah ini.

Sungai Musi, Palembang.
Sungai Musi 300x200 » Wisata Air Sumatera Selatan Yang Unik Dan Cantik
Salah satu sungai sekaligus destinasi wisata air terpopuler di Sumatera Selatan tidak lain adalah Sungai Musi yang dipercantik dengan keberadaan Jembatan Ampera yang membentang di salah satu sisinya. Wisatawan dapat menikmati pemandangan Sungai Musi secara gratis atau mencoba berlayar dengan menumpangi perahu layar yang dibanderol Rp. 30.000,- per penumpang.

Sungai Manna, Lahat.
Sungai Manna 300x197 » Wisata Air Sumatera Selatan Yang Unik Dan Cantik
Bila ingin menjajal arung jeram di Sumatera Selatan, maka Sungai Manna di Kabupaten Lahat merupakan pilihan yang terbaik. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- dan biaya arung jeram sebesar Rp. 100.000,- per kelompok, wisatawan sudah dapat menikmati serunya olahraga air di sungai dengan arus sangat deras tersebut.

Danau Air Batu, Talang Kepala.
Danau Air Batu 300x203 » Wisata Air Sumatera Selatan Yang Unik Dan Cantik
Air di danau ini memiliki warna yang unik, yakni tosca, sehingga menjadi incaran para wisatawan sebagai latar berswafoto atau menjadi objek utama jepretan kamera mereka. Di sekelilingnya dibentengi oleh bebatuan kapur berwarna kuning gading yang memperindah panorama danau. Wisatawan dapat mengunjungi danau ini secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Ulu Musi, Empat Lawang.
Ulu Musi 300x201 » Wisata Air Sumatera Selatan Yang Unik Dan Cantik
Sesuai namanya, destinasi wisata yang satu ini merupakan kawasan hulu Sungai Musi yang merupakan sungai terbesar di Sumatera Selatan. Di tepian terdapat pepohonan rindang yang menambah asri panoramanya. Arusnya cukup deras sehingga cocok dijadikan lokasi arung jeram. Untuk tiket masuknya sendiri gratis, sedangkan arung jeram dibebankan Rp. 150.000,- per kelompok.

Lubuk Payung, Desa Tanjung Ning Lama.
Lubuk Payung 300x198 » Wisata Air Sumatera Selatan Yang Unik Dan Cantik
Destinasi wisata air yang satu ini belum terlalu populer di kalangan wisatawan, tetapi sudah lama menjadi kebanggaan warga lokal. Airnya jernih dengan arus tidak terlalu kuat, sehingga wisatawan dapat bermain air dengan berenang tanpa perlu merasa takut terseret arus. Karena belum dikelola secara profesional, wisatawan tidak ditarik retribusi apa pun.

Danau Deduhuk, Lahat.
Danau Deduhuk 1 300x210 » Wisata Air Sumatera Selatan Yang Unik Dan Cantik
Di kawasan perbukitan Bukit Barisan, terdapat sebuah danau yang menjadi salah satu destinasi wisata air paling diminati di Kabupaten Lahat, yakni Danau Deduhuk. Udaranya sangat sejuk berkat hamparan pepohonan hijau yang lebat di sekitarnya. Tiket masuknya sendiri gratis. Sedangkan jika ingin menyusuri danau dapat menyewa rakit seharga Rp. 10.000,- saja.

Danau Merapi, Merapi Timur.
Danau Merapi 300x219 » Wisata Air Sumatera Selatan Yang Unik Dan Cantik
Danau yang satu ini lebih sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding daripada dikunjungi wisatawan umum karena panoramanya yang indah. Wisatawan yang datang, baik umum maupun bertujuan untuk melakukan pre-wedding tidak dipungut retribusi apa pun untuk mengeksplorasi areal perairan tak jauh dari SMA Negeri 1 Merapi Timur ini.

Mini Green Canyon, Gumay Ulu.
Mini Green Canyon 300x206 » Wisata Air Sumatera Selatan Yang Unik Dan Cantik
Kabupaten Lahat memiliki destinasi wisata air lain yang tidak kalah memukau, yakni mini green canyon. Sungai kecil yang tenang di sini dikelilingi oleh bebatuan tebing cukup tinggi, menjadikannya versi mini dari green canyon yang terkenal di Amerika sana. Destinasi wisata gratis ini dapat dijadikan objek berfoto maupun bermain air.

Sungai Lematang, Pulau Pinang.
Sungai Lematang 300x196 » Wisata Air Sumatera Selatan Yang Unik Dan Cantik
Sungai dengan arus cukup deras di tepi desa yang asri merupakan deskripsi yang tepat dari Sungai Lematang. Sungai ini merupakan salah satu lokasi rafting populer di Sumatera Selatan yang mematok tarif Rp. 75.000,- per kelompok. Sedangkan untuk tiket masuknya sendiri gratis.