Tips Tidur Nyenyak Yang Harus Anda Coba

Tubuh yang sehat biasanya didapatkan dari tidur yang berkualitas. Tidur berkualitas memang salah satu penopang tubuh agar tetap sehat. Sayangnya tidak semua orang berhasil tidur dengan nyenyak karena berbagai hal. Bahkan ada sampai yang terkena insomnia karena kerap tidur secara gelisah. Penyebabnya sangat beragam. Mulai dari stress, gaya hidup tidak sehat, hingga gangguan penyakit tertentu. Namun jangan khawatir karena dengan cara sederhana anda pun bisa tidur nyenyak.

Salah satu kunci agar kita bisa tidur nyenyak adalah mau memiliki pikiran yang tenang. Maka dari itu yang paling pertama agar bisa tidur nyenyak adalah merileksasikan pikiran dan membuat suasana menjadi lebih tenang. Selain itu gangguan tidur lainnya macam cahaya, suara, hingga udara kamar juga mesti anda halau. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan agar bisa tidur secara nyenyak.

tips tidur bisa nyenyak » Tips Tidur Nyenyak Yang Harus Anda Coba

Berbagai Tips Tidur Nyenyak Yang Bisa Anda Coba

  1. Membaca buku dan mendengarkan musik

Jika anda ingin tidur yang rileks dan nyenyak, pastikan bahwa perasaan tenang terlebih dulu. Salah satu cara untuk menenangkan pikiran dan perasaan dengan membaca atau mendengarkan musik yang menenangkan. Semua tergantung kepada kesukaan anda. biasanya musik yang lembut akan mengalihkan perhatian otak sehingga pemiliknya merasa mengantuk. Dengan begitu anda bisa tidur dengan pulas.

  1. Menghalau cahaya masuk

Cahaya yang terlalu silau akan membuat kualitas tidur berkurang. maka dari itu anda bisa meminimalisirnya dengan mematikan lampu. Jika anda tidak terbiasa tidur dengan ruangan yang gelap total, cobalah gunakan lampu khusus tidur. ada pula lampu khusus dengan aroma terapi khusus. Benda tersebut pun bisa anda gunakan untuk membantu tidur agar lebih nyenyak.

  1. Konsumsi almond dan pisang

Salah satu jenis camilan yang cocok untuk meningkatkan rileksasi ketika tidur adalah almond dan pisang. Banyak pakar kesehatan yang merekomendasikan dua bahan tersebut untuk membantu tidur supaya lebih nyenyak. Almond memiliki kandungan anti stress yang bisa menenangkan pikiran. Begitu juga dengan buah pisang yang kaya magnesium yang bisa merangsang pikiran agar tetap rileks.

  1. Latihan pernafasan

Tidur lebih nyenyak bisa anda dapatkan jika sebelumnya melakukan latihan pernafasan. Teknik rilexing breath ini bisa membantu tidur anda lebih nyenyak. Carilah posisi yang nyaman di tempat tidur kemudian lakukan latihan pernafasan dengan mengambil nafas melalui hidung selama 4 hitungan dan tahan sebentar kemudian keluarkan udara keluar melalui mulut.

  1. Berpikiran positif

Pikiran yang positif akan membuat kita lebih tentram dan tidak merasa terbebani. Selain itu dampaknya bagi tubuh mampu membuatnya lebih tenang. Maka dari itu usahakan selalu berfikir positif. Kualitas tidur juga lebih baik jika kita memiliki pikiran yang positif. Usahakan urai stress anda dengan berkomunikasi atau rajin beribadah agar tidur makin berkualitas.

Demikian beberapa hal yang bisa anda coba agar tidur lebih nyenyak. Semoga membantu masalah anda dan selamat mencoba.