Tips Modifikasi Dan Mix and Match Stok Pakaian Lama Menjadi Kekinian

Pakaian termasuk dalam kebutuhan primer yang di mana perkembangannya pun terus menyesuaikan dengan tren fashion dunia. Tetapi untuk menjadi up to date akan fashion sejatinya tidak berarti harus terus menerus membeli pakaian baru. Dengan mengaplikasikan beberapa trik modifikasi atau re-modification, maka stok pakaian lawas pun dapat disulap sesuai tren terkini.

Aneka Trik Modifikasi Pakaian
Dalam merombak pakaian lawas, terdapat beberapa trik berbeda, tetapi masing-masingnya membutuhkan skill atau keterampilan serta selera fashion yang bagus agar mendapatkan hasil memuaskan. Berikut adalah beberapa cara ampuh untuk menyulap stok pakaian lama yang dimiliki hingga menyerupai item baru yang sesuai dengan tren fashion terkini :

1. Recoloring atau mewarnai ulang.
1. Recoloring Atau Mewarnai Ulang 300x140 » Tips Modifikasi Dan Mix and Match Stok Pakaian Lama Menjadi Kekinian
Mewarnai ulang pakaian lama yang mungkin warnanya sudah memudar merupakan trik modifikasi yang relatif mudah untuk dilakukan sendiri dengan membeli pewarna pakaian yang dijual bebas atau memercayakannya pada tenaga profesional. Setelah proses recoloring tersebut, pakaian akan tampak seperti baru dan siap dikombinasikan sebagai item fashion terkini.

2. Cutting atau memotong.
2. Cutting Atau Memotong 300x300 » Tips Modifikasi Dan Mix and Match Stok Pakaian Lama Menjadi Kekinian
Trik modifikasi ini membutuhkan cukup keterampilan dalam memotong objek kain dan menjahit potongan agar tampak rapi. Namun jika tidak yakin, dapat memercayakannya pada penjahit. Cocok diterapkan pada pakaian jenis kemeja untuk disulap menjadi tank top, kemudian difungsikan sebagai inner dengan mempertimbangkan tren outer yang kini tengah populer.

3. Remake.
3. Remake 300x300 » Tips Modifikasi Dan Mix and Match Stok Pakaian Lama Menjadi Kekinian
Bagi yang memiliki stok celana jeans lama, maka dapat mengaplikasikan trik remake untuk mengubahnya menjadi fashion item yang kekinian. Model-model celana jeans yang flat zaman dahulu dapat disulap menjadi ripped jeans, yang terus menjadi primadona di kalangan pecinta fashion kasual, dengan menambahkan sobekan terpola di beberapa titik.

4. Add in atau menambahkan.
4. Add In Atau Menambahkan 300x262 » Tips Modifikasi Dan Mix and Match Stok Pakaian Lama Menjadi Kekinian
Teknik modifikasi pakaian selanjutnya adalah dengan menambahkan item pada pakaian lama sehingga menghasilkan look yang berbeda serta fresh pada objek tersebut. contohnya dengan menempelkan beberapa hiasan berbentuk kancing pada kemeja lama atau membentuk pola hias dengan metode bordir. Bisa juga diaplikasikan pada celana dengan menjahitkan perca unik.

5. Recycling atau mendaur ulang.
5. Recycling Atau Mendaur Ulang 300x253 » Tips Modifikasi Dan Mix and Match Stok Pakaian Lama Menjadi Kekinian
Bukan hanya sampah yang dapat didaur ulang, hal tersebut juga berlaku pada pakaian. Untuk stok pakaian lama yang mungkin sudah tidak muat atau modelnya terlalu ketinggalan zaman, dapat didaur ulang dengan mengubah modelnya atau mengombinasikan beberapa item menjadi satu sehingga menghasilkan satu objek utuh yang tampak seperti baru.

Mix and Match Sesuai Keinginan
Selain melakukan kelima trik modifikasi di atas, ada satu cara lain untuk memanfaatkan stok pakaian lama yang mungkin menumpuk di dalam lemari, yaitu dengan menerapkan teknik mix and match atau padu padan. Dalam hal ini, diperlukan keberanian dalam mengombinasikan item pakaian. Penggunanya harus nyaman dan menghilangkan kekhawatiran sebagai fashion terrorist.

Dalam mix and match pakaian, tidak terdapat klasifikasi khusus dalam pembagian warna atau jenis pakaian. Semua jenis dan warna pakaian dapat ditubrukkan sehingga menghasilkan look akhir sebagai fashion yang unik, di mana tentunya dibutuhkan pula kepercayaan diri penggunanya untuk memancarkan keunikan tersebut.

Stok Lama Tidak Berarti Harus Dibuang
Melalui metode-metode modifikasi pakaian di atas dan juga teknik mix and match yang tepat, maka pakaian lama yang mungkin masih ingin digunakan tetapi sudah ketinggalan zaman dapat tetap digunakan sehingga tidak perlu dibuang. Terlebih jika pakaian tersebut merupakan pakaian branded yang pasti menimbulkan rasa sayang dalam hati pemiliknya.