Tips Menjalankan Gaya Hidup Sehat Bagi Remaja

Remaja saat ini cenderung cuek terhadap kesehatan tubuh mereka sendiri, para remaja kerap kali berfikir masa bodoh mengenai apa saja yang mereka lakukan dan mereka konsumsi setiap harinya. Merokok, minum-minuman keras menjadi sebuah kegiatan yang tak bisa dilepaskan dari kaum remaja.

Sebagai akibatnya kesehatan mereka pun terabaikan sehingga banyak remaja saat ini yang menderita penyakit berbahaya seperti kangker, diabetes, jantung dan lain sebagainya.
Gaya hidup remaja masa kini 300x200 » Tips Menjalankan Gaya Hidup Sehat Bagi Remaja
Sanitasi lingkungan juga berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat terutama remaja, lingkungan yang kotor dan kurang memadai dapat dengan mudah mendatangkan banyak penyakit. Oleh sebab itu menerapkan gaya hidup sehat harus di mulai dari diri sendiri kemudian di tularkan kepada seluruh anggota keluarga.

Mengubah kebiasaan buruk remaja yang terlalu cuek dengan kesehatan memang cukup sulit untuk dilakukan, sehingga memerlukan pendekatan serta pemahaman secara khusus untuk memberikan kesadaran kepada mereka akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

Menjalankan Pola Hidup Sehat Remaja

gaya hidup sehat remaja 300x200 » Tips Menjalankan Gaya Hidup Sehat Bagi Remaja
Pada usia remaja terjadi sebuah perubahan baik secara fisik maupun psikis yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam hal pertumbuhan serta perkembangannya. Para remaja memiliki banyak masalah yang cukup kompleks yang berkaitan dengan kecukupan gizi, tingkat emosi dan kecerdasan yang dapat berpengaruh terhadap kesehatannya.

Kaum remaja sering di hinggapi masalah kesehatan yang cukup pelik, dan yang paling banyak terjadi adalah kecanduan terhadap rokok dan minuman beralkohol. Pertumbuhan yang begitu pesat sering memaksa para remaja untuk bereksperimen dengan berbagai macam cara tanpa mengetahui resiko yang akan terjadi.

Oleh sebab itu penting bagi orang tua dan guru untuk selalu memberikan pengawasan terhadap anak untuk lebih memperhatikan kesehatan diri mereka. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat bagi remaja masa kini sebagai berikut:

1. Lakukan banyak hal positif
Agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang tidak sehat, sebaiknya para remaja banyak melakukan hal-hal yang positif seperti mengikuti banyak ekstra kurikuler seperti olahraga basket, sepakbola, pencak silat dan lain sebagainya. Dengan mengikuti banyak kegiatan positif tentu remaja akan terhindar dari pergaulan bebas yang dapat menjerumuskan kesehatan diri mereka sendiri.

2. Cukup beristirahat
Saat lelah dalam menjalankan kegiatan belajar di sekolah, sebaiknya para remaja untuk bisa beristirahat dengan tidur siang meskipun hanya sebentar. Beristirahat akan membuat badan terasa lebih segar dan fit untuk melakukan banyak kegiatan.

3. Selektif dalam memilih teman
Agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang dapat mendatangkan banyak penyakit, sebaiknya remaja mulai selektif dalam memilah dan memilih teman. Pergaulan bebas secara tidak langsung dapat berpengaruh terhadap kesehatan remaja.

Nongkrong yang kerap dilakukan oleh para remaja selalu identik dengan merokok, sex bebas, minum alkohol akan semakin memperburuk kesehatan para remaja.

4. Melepas stres dengan cara yang tepat
Remaja cenderung lebih mudah mengalami stres entah karena masalah di sekolah, masalah keluarga ataupun dengan pacar. Biasanya para remaja menghilangkan stres dengan cara yang tidak tepat yakni dengan merokok, nongkrong di tepi jalan sampai malam bahkan tak sedikit pula yang menenggak minuman beralkohol untuk menghilangkan stres.

Tentu hal itu sangat tidak dianjurkan karena akan berdampak bagi kesehatan mereka sendiri. Saat stres melanda, para remaja dapat berekreasi mengunjungi tempat-tempat wisata yang akan membuat suasana hati dan pikiran menjadi lebih nyaman.

Remaja memang cukup rentan mengalami berbagai masalah kesehatan akibat pola hidup yang tidak teratur. Pengawasan orang tua dan guru sangat diperlukan untuk mencetak generasi penerus bangsa yang sehat dan bermental kuat.