Tips Mencegah Penyakit Anemia Agar Tidak Kambuh

Hampir sebagian orang tentu pernah mengalami anemia. Anemia sendiri merupakan kondisi di mana sel darah merah dan kadar hemoglobin yang terdapat pada tubuh akan mengalami penurunan. Sehingga akan menyebabkan beberapa gangguan seperti nyeri kepala layaknya hipertensi. Anemia sendiri biasanya menyerang para wanita.

Tips Mencegah Anemia

Penyakit anemia sendiri biasanya disebabkan oleh kurangnya vitamin B12 dan asam folat hingga zat besi pada tubuh seseorang. Biasanya terjadi pada wanita dewasa ataupun ibu hamil. Untuk menghindari anemia Anda agar tidak kambuh kembali ada beberapa cara yang bisa anda terapkan seperti ulasan berikut ini. Untuk menghindari anemia Anda agar tidak kambuh kembali ada beberapa cara yang bisa anda terapkan seperti ulasan berikut ini

1. Mengkonsumsi Makanan Mengandung Zat Besi
1. mengkonsumsi makanan mengandung zat besi 300x199 » Tips Mencegah Penyakit Anemia Agar Tidak Kambuh
Salah satu faktor penyebab anemia adalah kurangnya pasokan zat besi pada tubuh seseorang. Zat besi sendiri merupakan mineral yang dibutuhkan untuk tubuh agar mampu memproduksi sel darah merah. Oleh sebab itu untuk menghindari penyakit anemia maka anda harus lebih rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Kandungan zat besi bisa anda temukan Pada daging sapi, telur, bayam hingga buah-buahan seperti anggur dan kurma. Oleh sebab itu mulai dari sekarang Anda harus lebih rajin untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

2. Mengkonsumsi Vitamin B 12
2. mengkonsumsi vitamin b12 300x198 » Tips Mencegah Penyakit Anemia Agar Tidak Kambuh
Vitamin B12 ternyata dibutuhkan untuk mencegah penyakit anemia agar tidak kambuh kembali. Jika anemia Tengah kambuh maka ada baiknya anda segera mengkonsumsi vitamin B12 baik itu dalam suplemen ataupun makanan sehari-hari. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi protein hewani yang terdapat pada beberapa jenis ikan seperti tuna dan salmon.

3. Mengkonsumsi Vitamin C
3. Mengkonsumsi vitamin c 300x200 » Tips Mencegah Penyakit Anemia Agar Tidak Kambuh
Cara berikutnya yang harus anda lakukan untuk mencegah penyakit anemia adalah dengan rajin mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C sendiri menjadi zat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dan beberapa fungsi dari mengkonsumsi vitamin C di antaranya adalah menangkap radikal bebas.

Selain itu, vitamin C juga menjadi kandungan penting untuk mencegah penyakit anemia. Beberapa jenis buah yang bisa anda konsumsi sebagai pasokan vitamin C yang baik untuk tubuh adalah jeruk, strawberry hingga buah markisa.

4. Hindari Tidur Larut Malam
4. Hindari tidur larut malam 300x200 » Tips Mencegah Penyakit Anemia Agar Tidak Kambuh
Memiliki kebiasaan begadang atau tidur larut malam? Mungkin saat ini juga Anda harus menghindari kebiasaan yang satu ini pasalnya tidur larut malam ternyata mampu meningkatkan risiko terkena anemia Selain itu kurangnya waktu tidur juga mampu meningkatkan sel kanker untuk berkembang. Oleh sebab itu agar tubuh anda tetap sehat maka cobalah untuk tidur tidak melebihi jam 10.00 malam.

5. Hindari Minuman Penghambat Zat Besi
5. Hindari minuman penghambat zat besi 300x169 » Tips Mencegah Penyakit Anemia Agar Tidak Kambuh
Beberapa jenis minuman seperti teh ataupun kopi memang menjadi salah satu minuman favorit bagi masyarakat Indonesia telah menghabiskan waktu senggang. Tetapi ternyata kedua minuman ini menjadi minuman penghambat zat besi terlebih lagi apabila anda meminum kopi maupun teh sesudah makan maka akan mengakibatkan anemia.

Oleh sebab itu ada baiknya anda membatasi konsumsi teh maupun kopi agar tidak terkena penyakit anemia. Penyakit anemia sendiri yang kambuh akan mengganggu aktivitas anda sehingga Anda menjalani hari dengan tidak nyaman.

6. Konsumsi Makanan Mengandung Folat
6 konsumsi makanan mengandung float 300x196 » Tips Mencegah Penyakit Anemia Agar Tidak Kambuh
Cara lain yang untuk menghindari penyakit anemia ini adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung folat. Asam folat sendiri memiliki fungsi untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi pada tubuh. Apabila anda kekurangan asam folat maka anda memiliki resiko terkena anemia lebih sering.

Kandungan asam folat ini bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti brokoli, asparagus, tomat, pisang, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa cara untuk mencegah anemia agar tidak kambuh. Dengan anemia yang tidak Kampung inilah Anda bisa beraktivitas dengan lancar.