Tipe-tipe Netizen Zaman Sekarang! Anda Tipe yang Mana, nih?

Seiring berkembangnya zaman teknologi, istilah netizen menjadi kata yang tidak asing lagi bagi pengguna teknologi, terutama orang-orang yang gemar berselancar di dunia maya. Maka tidak heran kalau Anda membuka media sosial ataupun situs online-nya istilah netizen selalu muncul.

Karena sudah banyak orang yang menggunakan internet untuk kebutuhan pribadi, maka tanggapan dari netizen pun juga bermacam-macam. Hal tersebut dikarenakan netizen memiliki tipe-tipe yang berbeda, baik faktor buruknya maupun baiknya. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa tipe netizen yang biasanya aktif di internet.

Netizen Tukang Debat yang Menganggap Dirinya Paling Benar
Netizen tukang debat selalu muncul di kolom komentar sosial media 300x230 » Tipe-tipe Netizen Zaman Sekarang! Anda Tipe yang Mana, nih?
Tipe netizen ini pasti selalu ada di kolom komentar manapun, baik itu situs berita maupun media sosial. Tipe inilah yang sebenarnya paling rempong, karena apapun yang dikatakan netizen lain pasti akan selalu dibalas dengan argumen mereka dan masalah yang mereka komentari tidak akan pernah ada habisnya.

Jadi tidak heran kalau banyak orang yang tidak menyukai kehadiran tipe netizen ini, karena selain mengganggu, terkadang mereka memberi komentar yang tidak pantas untuk ucapkan, sehingga menyinggung perasaan orang lain. Biasanya, netizen semacam ini hanya untuk mencari perhatian atau mereka yang tidak punya kerjaan yang lain.

Intinya, kalau Anda menemukan netizen seperti ini, lebih baik diamkan saja dan jangan memberi komentar apapun mengenai netizen seperti ini. Semakin Anda menanggapinya, mereka akan menanggapinya dengan lebih panas lagi. Jadi berhati-hatilah.

Spammer, Netizen yang Memanfaatkan Postingan Viral
Netizen spammer hanya memberi komentar mengenai produknya 300x300 » Tipe-tipe Netizen Zaman Sekarang! Anda Tipe yang Mana, nih?
Kalau Anda memperhatikan di suatu postingan yang sedang viral, pasti Anda akan menemukan akun yang menawarkan suatu produk jualannya atau jasanya, bukan? Nah, netizen seperti itu disebut sebagai tipe spammer. Mereka hanya memanfaatkan momen di mana postingan memiliki banyak like atau komentar dan mereka pun akan langsung menawarkan produk mereka.

Pada umumnya, mereka hanya mengincar akun-akun yang memiliki banyak followers. Walaupun terkadang membuat pemilik akun sebal dengan tipe netizen ini, tapi tetap saja mereka tidak berbahaya. Mereka hanya berkometar mengenai produk mereka, bukan hal lainnya.

Netizen yang Mencela tapi Juga Bisa Menghibur, Tipe Netizen Troll
Netizen troll selalu memberi hiburan tersendiri untuk netizen lainnya 300x200 » Tipe-tipe Netizen Zaman Sekarang! Anda Tipe yang Mana, nih?
Kalau tipe netizen yang ini, biasanya akan membuat pemilik postingan merasa jengkel atau tertawa. Kenapa bisa? Netizen tipe troll tidak hanya memberikan kalimat celaan kepada orang lain, tapi juga dipadukan dengan gayanya yang unik dan lucu. Karena itulah, terkadang komentar mereka selalu menjadi bahan hiburan netizen-netizen lainnya.

Berkomentar tapi Tidak Mengikuti Pembahasan yang Ada? Itu Netizen Salah Fokus
Terkadang ada juga netizen yang salah fokus 280x300 » Tipe-tipe Netizen Zaman Sekarang! Anda Tipe yang Mana, nih?
Ada hal yang lebih lucu lagi dibandingan netizen tipe troll, yaitu netizen yang berkomentar tapi tidak sesuai dengan isi postingan. Netizen semacam itu dikenal sebagai netizen yang salah fokus atau gagal fokus. Mereka memberikan sebuah komentar yang sama sekali tidak menyinggung isi postingan, sehingga menjadi salah satu komentar yang tidak penting.

Tipe ini sebenarnya tipe yang sangat jarang sekali muncul di kolom komentar. Para netizen lainnya menganggap tipe ini hanya mencari perhatian saja, jadi kebanyakan mereka membiarkannya saja.

Netizen yang Hanya Membaca dan Tidak Menuliskan Apapun di Kolom Komentar? Tentu Saja Ada
Apakah Anda termasuk netizen yang hanya sekedar membaca 300x225 » Tipe-tipe Netizen Zaman Sekarang! Anda Tipe yang Mana, nih?
Untuk tipe netizen yang satu ini, termasuk tipe yang paling netral, karena mereka hanya membaca dan tidak memberikan komentar apapun ke dalam postingan. Mereka lebih sering menikmati komentar-komentar netizen lainnya dibandingkan ikut dalam komentar di postingan tersebut. Mereka menganggap menulis komentar bukanlah hiburan mereka, tapi hanya dengan membaca komentar lainnya bisa menjadi hiburan tersendiri bagi mereka.

Memang sangat unik cara berkomentar masing-masing orang, tapi alangkah baiknya kalau berkomentar yang tidak menyinggung perasaan orang lain, apalagi menyinggung SARA. Tentu Anda tidak ingin menjadi pusat caci maki netizen-netizen lainnya, bukan? Kalau Anda termasuk tipe yang mana, nih?