Tiga Ponsel Flagship dengan Teknologi Wireless Charging

Fitur fast charging untuk smartphone memang semula diperkenalkan untuk ponsel-ponsel flagship dengan target pengguna kalangan menengah ke atas. Namun, teknologi yang memungkinkan gadget terisi penuh dalam waktu singkat tersebut kini sudah dapat ditemukan dalam ponsel entry level. Dan sebagai inovasi terbaru untuk kelas flagship, muncul teknologi wireless charging.

Mengenal Teknologi Wireless Charging

Wireless charging merupakan fitur terbaru yang tengah menjadi tren pada ponsel flagship di mana pengguna dapat melakukan pengisian daya melalui charger portabel tanpa kabel atau nirkabel yang memanfaatkan gelombang magnetik. Alat pengisi dayanya sendiri umumnya berbentuk bulat pipih, di mana ponsel cukup diletakkan di atasnya, maka baterai akan mulai terisi.

ponsel dengan fitur teknologi wireless charging » Tiga Ponsel Flagship dengan Teknologi Wireless Charging

Teknologi ini sebenarnya ditemukan sejak 2009, tetapi industri saat itu kurang mendukung. Pada 2015, teknologi ini kembali dirilis untuk publik di Korea Selatan yang mana telah menjadi raksasa sistem operasi Android dan kemudian tren di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, media charging portabel bisa didapatkan melalui e-commerce maupun toko offline.

Daftar Ponsel Flagship Dengan Fitur Wireless Charging

Karena penerapan fitur wireless charging untuk smartphone membutuhkan komponen yang cukup rumit dengan biaya tinggi, sebab itu baru ponsel kelas menengah ke atas atau flagship saja yang dibekali fitur tersebut, produksi brand kenamaan seperti Apple, LG, Samsung. Berikut tiga ponsel dengan fitur wireless charging dari ketiga merek di atas :

– IPhone X

Sebagai merek yang memang identik dengan produk high-end, Apple tidak ingin ketinggalan tren dengan menyematkan teknologi wireless charging pada ponsel terbaru besutannya, yakni IPhone X. Tidak hanya wireless charging, IPhone X juga memiliki kemampuan fast charging yang diklaim hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk daya terisi sampai 50%.

IPhone X memiliki baterai jenis non-removable Li-Ion 2716 mAH yang relatif kecil untuk ponsel flagship, terutama jika dibandingkan dengan ponsel berbasis Android, sehingga tidak mengherankan jika pengisian daya dapat berlangsung cepat. Tetapi, mengingat IOS memang jauh lebih hemat dalam konsumsi daya, kapasitas baterai tersebut cukup mumpuni untuk aktivitas mobile tinggi.

– Samsung Galaxy 9

Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung, merupakan perusahaan yang memunculkan kembali teknologi wireless charging. Tidak mengherankan jika ponsel-ponsel flagship besutan mereka selama beberapa tahun terakhir telah dilengkapi fitur tersebut. Smartphone flagship terbaru Samsung yang memiliki fitur wireless charging adalah Samsung Galaxy 9 yang baru diluncurkan tiga bulan lalu.

Samsung Galaxy 9 dibekali baterai non-removable Li-Ion 3000 mAH lengkap dengan fitur fast charging. Sayangnya, kapasitas tergolong kecil untuk mengakomodasi keperluan aktivitas Android, terlebih dengan spesifikasi setinggi Galaxy 9, sehingga pengguna harus sering mengisi daya. Meskipun, untuk kategori smartphone Android, Samsung masih tergolong yang paling irit dari segi konsumsi daya.

– LG V30+

Pesaing berat Samsung di Korea Selatan, LG, tidak ingin kalah atas tren wireless charging. Pada smartphone LG V30+ besutannya, LG menyematkan fitur tersebut di samping kemampuan fast charging untuk mengakomodasi baterai non-removable Li-Ion berkapasitas 3000 mAH yang dibenamkan pada ponsel penerus LG V30 yang meluncur tahun lalu tersebut.

Teknologi Wireless Charging Yang Semakin Membantu Mobilitas Pengguna

Fitur wireless charging tentunya semakin memudahkan pengguna smartphone, terutama kalangan yang sibuk dan para traveler untuk mengisi daya ponsel tanpa perlu membawa charger konvensional yang kurang praktis. Terlebih, di beberapa area publik saat ini juga sudah tersedia charger portabel sehingga pemilik smartphone tidak perlu membawa sendiri dari rumah.