Tidur dengan Bantal tidak baik untuk Kesehatan. Apa Benar?

Tidur merupakan moment paling ditunggu bagi setiap orang. Dari sanalah kita bisa beristirahat dan melupakan dulu segala kepenatan yang ada pada pikiran. Selain itu tidur pun memang wajib dilakukan karena kualitas tidur seseorang akan berpengaruh pada aktivitasnya sehari-hari.

Tentu ketika hendak tidur ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan moment beristirahat yang berkualitas, entah itu dari segi pencahayaan, kebersihan, pikiran, temperatur ruangan, dan bantal.

Tidur dengan Bantal tidak baik untuk Kesehatan. Apa Benar 300x218 » Tidur dengan Bantal tidak baik untuk Kesehatan. Apa Benar?
Pasti kamu selalu memastikan bantal anda nyaman agar bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman, misalnya seprai bantalnya pastikan harus baru dan empuk. Bahkan tak jarang orang yang menambah ganjal dibawah bantalnya supaya kepala bisa lebih bersender lagi.

Tak jarang pula ada beberapa orang yang benar-benar tak bisa tidur tanpa bantal. Padahal, tahukah kamu? Rupanya tidur dengan bantal sangat tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu belajarlah membiasakan diri untuk tidur tanpa menggunakan bantal. Mengapa tidak baik?

1. Tidur tanpa bantal lebih baik untuk aliran darah dan kesehatan leher
Jika menggunakan bantal hal ini membuat posisi tubuhmu saat berbaring tidak sempurna karena bagian kepala hingga leher tidak sejajar dengan seluruh badan. Hal inilah yang menyebabkan aliran darah tidak lancar terutama pada kepala, selain itu posisi dari bantalnya sendiri sangat tidak baik untuk leher dan tulang punggung.

Hal inilah yang membuat ketika bangun tidur kepala akan terasa pusing dan Lelah. Apalagi bila menggunakan bantal yang tebal atau menambah ganjalan, akan menyebabkan kerusakan pada tulang belakang. Oleh karena itu jika kamu sudah merasa sakit pada bagian punggung atau otot segeralah berhenti menggunakan bantal.

2. Mengalami penuaan dini
Rupanya tidur menggunakan bantal, tanpa kamu sadari membuat bagian kulit wajah anda tertekan diatas bantal sehingga pori-pori kulit mengalami hambatan untuk bernafas sehingga bisa menimbulkan kerut di wajah. Oleh karena itu tanpa bantal, kepala bisa bersandar tanpa harus khawatir dengan kerut wajah.

3. Kulit wajah kurang terjaga
Pasti diantara anda ada yang lupa mengganti sarung bantal dalam jangka waktu lama, hal ini bisa menyebabkan jerawat dan kulit kusam. Tapi dengan anda tidak menggunakan bantal, kualitas kebersihan wajah lebih terjaga karena anda hanya perlu rutin mengganti seprai Kasur saja.

4. Kualitas tidur berkurang
Bila anda membiasakan diri tidur dengan bantal, hal ini akan memberi beban lebih pada leher dan tulang belakang. Justru badan semakin tidak beristirahat dengan optimal karena tendon beserta ototnya harus bekerja sepanjang malam sehingga jika dibiarkan dalam waktu lama bisa menimbulkan penyakit kronik. Kondisi terburuknya anda jadi harus mengandalkan tenaga dokter profesional untuk menyembuhkannya.

5. Mudah mengantuk
Padahal anda merasa sudah cukup tidur tapi tetap saja terbangun dalam kondisi kelelahan, hal ini bisa saja karena penggunaan bantal. Bantal membuat kualitas tidur berkurang sehingga bangun dalam kondisi masih mengantuk bahkan pusing.

Lalu Bagaimana Cara Membiasakan Diri agar dapat Tidur tanpa Bantal?

Lalu Bagaimana Cara Membiasakan Diri agar dapat Tidur tanpa Bantal 300x200 » Tidur dengan Bantal tidak baik untuk Kesehatan. Apa Benar?
Nah caranya anda bisa menggunakan lipatan kain yang bersih, pastikan lipatan tidak terlalu tebal lalu cobalah kain itu sebagai pengganti bantal anda. Namun tidak masalah bila kepala anda agak miring keatas selama tidak berlebihan tapi usahakan cobalah leher dan kepala sejajar dengan punggung.

Lakukan hal ini selama beberapa minggu, pada tahap ini kurangi tinggi kain dengan melepaskan lipatannya hingga anda merasa nyaman tidur tanpa sandaran, ketika kepala dan leher benar-benar sejajar dengan seluruh tubuh.