Teknologi pada smartphone yang banyak diandalkan 2018

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, sebagian besar vendor smartphone gencar melakukan pembaruan terhadap teknologi yang dipakainya. Seperti misalnya pada pabrikan smartphone iPhone, Samsung, Oppo, Xiaomi dan sebagainya. Dengan menyematkan beberapa fitur canggih tentunya diharapkan mampu membantu manusia dalam melakukan pekerjaan agar lebih mudah.

Dan berikut adalah teknologi smartphone yang banyak diandalkan hingga saat ini :
Xiaomi Redmi Note 3 yang memiliki sensor fingerprint sebagai pengamannya 300x200 » Teknologi pada smartphone yang banyak diandalkan 2018
1. Pemindai sidik jari atau Fingerprint
Penggunaan fingerprint pada smartphone memang sudah ada sejak beberapa tahun terakhir. Namun hingga saat ini popularitas sensor keamanan ini masih terus meningkat. Fingerprint dinilai memiliki kemampuan yang akurat dalam menjaga keamanan karena berdasarkan sidik jari pemilik. Sehingga dengan begitu orang lain tidak mampu membukanya.

2. Pemindai sidik jari pada layar atau in screen fingerprint
Sensor ini mirip dengan sensor fingerprint sebelumnya. Hanya saja yang membedakan adalah letaknya yang berada di layar. Menggunakan sensor pemindai sidik jari pada layar diharapkan mampu mempermudah pengguna. Karena bisa langsung meletakkan jari pada layar dengan mudah, tanpa harus mencari – cari untuk menjangkau sensor di belakang.

Synaptics sebagai produsennya mengungkapkan jika telah bekerja sama dengan lima produsen smartphone kelas atas, dimana salah satunya adalah perusahaan besar Vivo untuk memproduksinya secara massal.

3. Teknologi pemindai wajah atau Face ID
Satu lagi teknologi keamanan pada smartphone yang sedang ngehits adalah pemindai wajah atau Face ID. Hingga saat ini smartphone yang gencar mengaplikasikan sensor ini adalah iPhone, Vivo dan satu lagi vendor asal china yaitu Oppo. Sensor satu ini memang tengah dinikmati banyak kalangan meskipun keakuratannya masih diragukan beberapa pihak.

4. Kamera Ganda
Belakangan ini memang persaingan smartphone dengan kamera ganda mulai meningkat. Dengan menggunakan kamera ganda, sebuah smartphone diharapkan mampu mengatasi keterbatasan kamera smartphone pada umumnya. Kamera ganda ini menyuguhkan sensor yang lebih besar sehingga mampu menghasilkan gambar dengan kualitas baik.

Selain itu, kamera ganda juga mendukung kemampuan zoom yang lebih baik. Hal ini karena kerja dari kombinasi lensa yang dipakai antara normal dan wide angle yang mampu memperbesar gambar dengan jarak jauh dari lensa sekalipun. Dan satu lagi keuntungan dari kamera ganda adalah Depth of Field yang sering dipakai kamera DSLR. Hal tersebut memungkinkan pengguna mampu memprediksikan kedalaman objek dengan baik.
Teknologi pemindai sidik jari pada layar yang terdapat pada smartphone Vivo terbaru 300x200 » Teknologi pada smartphone yang banyak diandalkan 2018
5. Teknologi Artificial Intellegence atau AI pada kamera
Teknologi AI banyak disematkan pada kamera depan sebuah smartphone. Teknologi ini memungkinkan smartphone memiliki fitur beauty untuk menangkap foto selfie cantik secara lebih real. AI bekerja dengan cara mengenali 254 pada titik wajah dengan akurat. Salah satu pabrikan smartphone asal China, Oppo menjadi yang pertama dalam menggunakan teknologi ini yaitu pada Oppo F5.

6. Layar dengan resolusi 4K
Teknologi layar 4K tidak hanya dipakai pada monitor televisi ataupun laptop saja. Teknologi ini sudah merambah ke dunia ponsel pintar atau smartphone. Dengan menggunakan resolusi 4K memungkinkan smartphone menampilkan gambar jernih serta warna yang tajam. Teknologi ini telah menyasar pada smartphone kelas atas seperti iPhone 7, Sony Xperia Z5 Premium, Samsung Galaxy S6 dan masih banyak lagi.

Nah itu dia 6 teknologi yang banyak diandalkan oleh smartphone untuk mendukung kinerja dan fitur didalamnya. Teknologi – teknologi tersebut banyak dipakai pada smartphone kelas atas, namun tak ketinggalan pula pada beberapa smartphone kelas menengah kebawah. Dan tentunya teknologi yang ada tersebut juga dilakukan pembaruan dan pengembangan menyesuaikan teknologi yang semakin canggih.