Surga Wisata Air di Provinsi Lampung

Lampung merupakan provinsi yang berada di gugusan Pulau Sumatera. Berdasarkan letak geografisnya, provinsi tersebut menjadi kaya akan destinasi wisata alam, terutama pariwisata air berupa pantai yang tidak hanya eksotis, namun juga unik dan fungsional. Pantai-pantai di bawah ini merupakan daftar pantai terpopuler di Lampung yang tidak boleh sampai dilewatkan.

Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih 300x168 » Surga Wisata Air di Provinsi Lampung
Dengan tiket masuk yang dibanderol sebesar Rp. 20.000,- per orang, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai pasir putih yang memiliki air laut sangat jernih berwarna biru kehijauan. Sesuai namanya, pasir di sini juga memiliki butiran berwarna putih yang sangat lembut. Selain menikmati sunset, wisatawan bisa melakukan aktivitas lain seperti snorkeling.

Pantai Guci Kapal Batu
Pantai Guci Kapal Batu 300x200 » Surga Wisata Air di Provinsi Lampung
Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang, wisatawan sudah dapat mengeksplorasi pantai dengan keunikan yang tidak akan ditemukan di tempat lain ini. Keunikan yang sekaligus menjadi daya tarik utamanya tersebut adalah bebatuan di sekeliling pantai berbentuk menyerupai kapal dan guci yang kemudian menginspirasi penamaan pantai tersebut.

Pantai Pulau Balak
Pantai Pulau Balak 300x225 » Surga Wisata Air di Provinsi Lampung
Di pantai yang dapat dikunjungi wisatawan secara gratis ini, terdapat terumbu karang dan bebatuan padas yang tampak jelas dengan mata telanjang. Lokasi tepatnya berada di Kabupaten Pesawaran. Selain panorama karang dan bebatuan yang cantik, wisatawan dapat pula menikmati sunset serta menjajal wahana speed boat yang cukup memacu adrenalin.

Pantai Gigi Hiu
Pantai Gigi Hiu 300x200 » Surga Wisata Air di Provinsi Lampung
Meskipun memiliki nama yang cukup membuat merinding, faktanya pantai yang berlokasi di Kecamatan Pelumbayan ini tidak seganas namanya. Penamaan Gigi Hiu berasal dari bebatuan karang yang memiliki bentuk menyerupai gigi predator laut tersebut. Pantai ini dapat dikunjungi wisatawan secara gratis, tetapi tidak disarankan bermain air akibat ombak relatif besar.

Pantai Pahawang
Pantai Pahawang 300x167 » Surga Wisata Air di Provinsi Lampung
Destinasi pantai yang satu ini merupakan wisata pantai paling populer dan menjadi favorit di provinsi Lampung. Pengunjung yang datang tidak perlu membayar tiket masuk, hanya tarif parkir mulai Rp. 5.000,- per jam. Pantai Pahawang menawarkan alam bawah laut yang cantik sehingga cocok sekali menjadi spot diving dan snorkeling.

Pantai Teluk Kilauan
Pantai Teluk Kilauan 300x200 » Surga Wisata Air di Provinsi Lampung
Daerah perairan yang berkilau setiap kali ditempa cahaya matahari ini menawarkan hiburan wisata air berbeda. Bukan spot sunset, tidak juga dijadikan lokasi diving atau snorkeling, tapi wisatawan yang datang dapat menikmati atraksi lumba-lumba di perairan bebas dari jarak sangat dekat dengan menyewa perahu nelayan seharga Rp. 50.000,- per penumpang.

Pantai Tanjung Setia
Pantai Tanjung Setia 300x225 » Surga Wisata Air di Provinsi Lampung
Pantai ini dijuluki sebagai “Surfing Heaven of Lampung” karena memang ombak di pantai ini sangat menantang untuk ditaklukkan para peselancar. Selain itu, pemandangan matahari tenggelam di tepi pantai ini juga tidak kalah cantik. Untuk menyewa peralatan surfing, wisatawan harus membayar Rp. 50.000,- dan gratis jika hanya menikmati panoramanya.

Pantai Tanjung Tuha
Pantai Tanjung Tuha 300x300 » Surga Wisata Air di Provinsi Lampung
Jika mencari view pantai yang dapat dinikmati dari atas tebing sebagaimana Tanah Lot di Bali, maka Pantai Tanjung Tuha jawabannya. Tebing hijau membujur di tepi pantai dan dapat didaki oleh wisatawan untuk menyaksikan panorama pantai. Keunggulan lainnya adalah destinasi wisata air ini gratis, tetapi usia pengunjung dibatasi minimal 10 tahun.

Pantai Legundi
Pantai Legundi 300x144 » Surga Wisata Air di Provinsi Lampung
Jika ingin menikmati suasana pantai yang lebih tenang dan dapat mengakomodasi sebagai spot snorkeling dan diving, maka Pantai Legundi merupakan jawaban yang tepat karena pengunjungnya masih belum seramai pantai lain di Lampung namun memiliki panorama bawah laut mengagumkan. Tidak dibebankan tiket masuk pada pengunjung tapi harus membawa peralatan menyelam sendiri.