Serunya Liburan ke Geopark Ciletuh, Salah Satu Taman Batu Tertua di Pulau Jawa

Selain kawasan Dieng, Indonesia ternyata memiliki wisata taman batu tertua lainnya yakni di kawasan Geopark Ciletuh. Taman nasional yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat ini terkenal akan keindahan alamnya dan layak dijadikan salah satu tujuan liburan baik untuk edukasi, konservasi maupun untuk wisata keluarga.

Taman Nasional Geopark Ciletuh Menawarkan Keindahan 9 Air Terjun
Wisata Air Geopark Ciletuh 300x220 » Serunya Liburan ke Geopark Ciletuh, Salah Satu Taman Batu Tertua di Pulau Jawa
Taman Nasional Geopark Ciletuh sudah diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Taman nasional ini tak hanya menawarkan pemandangan batuan saja, tapi juga berbagai aktivitas di alam bebas yang bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga.

Salah satu air terjun di Geopark Ciletuh 300x196 » Serunya Liburan ke Geopark Ciletuh, Salah Satu Taman Batu Tertua di Pulau Jawa
Anda bisa melakukan trekking atau bersantai di pinggir pantai sambil melepas lelah di tengah sejuknya suasana Sukabumi. Ingin menikmati keindahan air terjun yang cantik?

Anda bisa menikmati tak hanya satu air terjun tapi sembilan air terjun eksotis di kawasan Geopark Ciletuh ini. Kesembilan air terjun itu adalah Curug Cimarinjung, Curug Nyelempet, Curug Awang, Curug Tengah, Curug Puncak Manik, Curuk Dogdog, Curug Sodong, Curug Ngelai dan Curug Cikanteh.

Spot Menikmati Matahari Terbenam
Sunset di Puncak Darma Geopark Ciletuh 300x216 » Serunya Liburan ke Geopark Ciletuh, Salah Satu Taman Batu Tertua di Pulau Jawa
Tak hanya air terjun saja yang bisa Anda nikmati di Taman Nasional Geopark Ciletuh. Di kawasan ini, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam maupun pemandangan bentang alam Ciletuh yang instagramable tepatnya di Puncak Darma, Tebing Panenjoan maupun di Pantai Palangpang.

Pemandangan kawasan Geopark dari ketinggian yang tampak seperti amfiteater raksasa bisa Anda nikmati dari Puncak Darma yang berketinggian 230 meter maupun dari Tebing Panenjoan. Bentang alam Ciletuh menghadap ke arah Samudera Hindia tampak eksotis dengan garis pantai yang melengkung layaknya tapal kuda.

Bentang alam Geopark Ciletuh Sukabumi 300x221 » Serunya Liburan ke Geopark Ciletuh, Salah Satu Taman Batu Tertua di Pulau Jawa
Di sore hari, Anda bisa menikmati keindahan guratan senja matahari terbenam di Teluk Ciletuh lengkap dengan gemerlap lampu-lampu di geopark yang membuat suasana jadi makin syahdu.

Snorkeling di Pulau Kunti
Meski disebut sebagai taman batuan tertua, namun Geopark Ciletuh tak hanya menawarkan wisata daratan saja. Kawasan ini juga menawarkan keindahan bawah laut yang sayang jika dilewatkan. Anda bisa menikmati keindahan bawah laut ini dengan snorkeling di spot pasir putih Pulau Kunti yang terletak 10 menit dari bibir pantai utama geopark.

Pemandangan dari Tebing Peninjoan 300x224 » Serunya Liburan ke Geopark Ciletuh, Salah Satu Taman Batu Tertua di Pulau Jawa
Spot snorkeling ini dikelola oleh Balawisata setempat. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling sekaligus menyewa jasa pemandu wisata di Balawisata Pos 16 Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Untuk bisa melakukan snorkeling selama 45 menit, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp. 100.000 saja.

Setidaknya ada dua spot snorkeling terbaik yang memiliki banyak ikan di kawasan geopark ini. Ke depannya kawasan ini akan dilengkapi dengan wisata diving yang lengkap dengan pendamping selam guna mengakomodir wisatawan di dalam air.

Anda juga bisa memancing ikan di Pantai Cisaar. Pantai ini termasuk salah satu pantai yang masih sepi pengunjung dan masih memiliki banyak ikan karang. Olahraga air seperti banana boat juga disediakan di pantai utama Geopark Ciletuh atau di Pantai Palangpang. Cukup membayar Rp. 30.000/orang, Anda sudah bisa bermain banana boat.

Harga Tiket Masuk Geopark Ciletuh
Harga tiket masuk geopark Ciletuh 300x256 » Serunya Liburan ke Geopark Ciletuh, Salah Satu Taman Batu Tertua di Pulau Jawa
Harga tiket masuk kawasan Geopark Ciletuh cukup murah dan tergantung dengan obyek wisata yang hendak Anda masuki. Jika ingin memasuki kawasan Puncak Darma, Anda cukup membayar tiket sekitar Rp. 3.000 saja. Jika ingin berkemah di kawasan yang dikelola oleh petugas, Anda cukup membayar Rp. 20.000 semalam.

Di sekitar Geopark Ciletuh juga banyak bertebaran homestay yang menawarkan tarif mulai dari Rp. 400.000 sampai Rp. 650.000 per malam. Bentuk penginapannya pun unik dan beragam, dijamin Anda tak akan bosan berlama-lama liburan di tempat ini.