Serunya Berwisata Sejarah di Daerah Istimewa Yogyakarta

Merupakan kota yang pernah menjadi pusat pemerintahan Indonesia, Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang unik dan menarik untuk anda kunjungi. Tak hanya kaya akan wisata alamnya saja yang terbentang di seluruh kawasannya, Yogyakarta pun memiliki tempat wisata yang kaya akan sejarah dan budaya yang tak kalah menarik.

Bagi yang telah penasaran dengan apa saja wisata sejarah yang ada di Yogyakarta, berikut ini merupakan ulasan lengkapnya.

1. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
1. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat 300x137 » Serunya Berwisata Sejarah di Daerah Istimewa Yogyakarta
Keraton ini adalah salah satu bangunan istana dari peninggalan keraton-keraton yang ada di Yogyakarta. Bangunan berkonsep tradisional Jawa ini pun memiliki kekhasan yang cukup unik dimana bangunanya akan didominasi dengan atap jawa Joglo yang dikelilingi dengan benteng dan terdapatnya banyak tiang penyangga.

Di area keraton ini, masing-masing bangunan pun memiliki fungsi yang berbeda-beda dan ada beberapa bagian yang digunakan untuk permukiman para keluarga keraton. Tak hanya itu, anda pun akan melihat banyak ukiran yang memiliki kekhasan Jawa.

2. Taman Sari
Tempat yang kaya akan sejarah selanjutnya adalah Taman Sari yang terletak sekitar 15 menit dari pusat alun-alun keraton bagian utara. Taman sari merupakan istana air yang berlokasi dekat dengan keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan awal pembangunannya digunakan untuk benteng pertahanan keluarga kerajaan.

Berdiri diatas lahan selyar 10 hektar, didalam taman sari terdapat 4 kompleks seperti umbul binangun, danau buatan, kolam garjitawati dan pasarean ledok sari. Seiring

3. Museum Monumen Jogja Kembali
Bagi anda yang ingin melihat perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah, anda bisa datang ke museum monumen Jogja kembali yang digunakan sebagai perlambangan kembalinya pemerintahan dari Republik Indonesia Jogja dari tangan Belanda di tahun 1949. Museum ini berlokasi disebelah utara kota Yogyakarta.

Bangunannya sendiri dibangun pada tahun 1985 dari ide Kolonel Soegiarto sebagai Walikotamadya kota ini.

4. Museum Affandi
Museum yang menyimpan sejarah di Yogyakarta yang lainnya adalah museum Affandi yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto No 167. Di dalam museum ini terdapat koleksi lukisan karya dari seorang seniman bernama Affandi dan yang lainnya.

Tak hanya lukisan saja, anda pun bisa melihat patung karya Amrus Natalsya dan cukil kayu poles yang merupakan karya keluarga Tjokot. Museum ini sendiri berdiri diatas lahan seluas 3500 meter persegi yang memiliki 2 lantai dan 4 galeri.

5. Benteng Vredeburg
5. Benteng Vredeburg 300x144 » Serunya Berwisata Sejarah di Daerah Istimewa Yogyakarta
Tempat wisata sejarah yang satu ini pun seakan tidak boleh dilewatkan ketika anda sedang berkunjung ke Yogyakarta yaitu Benteng Vredeburg yang merupakan peninggaan dari kolonial Belanda. Di dalam benteng ini pun terdapat sebuah museum yang menyimpan berbagai macam koleksi benda dan diorama pada masa penjajahan Belanda.

Dengan mengunjungi benteng vredeburg, anda tidak hanya sekadar berwisata tetapi juga bisa mendapatkan pengetahuan sejarah. Letak museum ini berada di Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta.

6. Istana Negara Yogyakarta
6. Istana Negara Yogyakarta 300x200 » Serunya Berwisata Sejarah di Daerah Istimewa Yogyakarta
Tak hanya berkunjung ke Keraton saja, anda pun bisa berkunjung ke Istana Negara Yogyakarta yang terletak di Jalan Malioboro, Gedong Tengen. Di tahun 1946, gedung ini pun digunakan untuk pusat pemerintahan negara Indonesia dan saat ini lebih dikenal dengan gedung agung.

Di tahun 1949, kemudian pusat pemerintahan Indonesia tidak lagi berada di Yogyakarta tetapi sudah berpindah di Batavia atau sekarang adalah Jakarta. Kendati demikian, Istana Negara Yogyakarta ini masih terjaga dengan rapi. Anda bisa mengabadikan momen terbaik saat sedang berkunjung ke tempat ini.

Itulah beberapa tempat wisatabersejarah yang bisa anda kunjungi saat berada di Yogyakarta. Selain berwisata, anda bisa belajar pula mengenai sejarah.