Sering Mual Setelah Berolahraga? Kenali Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Seperti yang telah kita ketahui, dengan melakukan olahraga secara rutin dan benar, tentu kita akan mendapatkan berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh maupun pikiran. Tapi, sebagian orang masih saja tidak mengikuti aturan dalam berolahraga yang baik dan benar, sehingga menyebabkan mereka mengalami mual selepas berolahraga dan pastinya hasilnya yang didapat kurang optimal.

Apa sih yang menyebabkan tubuh dapat mengalami mual setelah berolahraga? Bagaimana cara mengatasinya?

1. Makanan kurang dicerna dengan baik
Kurang Asupan Cairan Dapat Mengakibatkan Mual 300x300 » Sering Mual Setelah Berolahraga? Kenali Penyebabnya dan Cara Mengatasinya
Bagi Anda yang memiliki kebiasaan makan banyak sebelum berolahraga, sebaiknya kurangilah atau bahkan hindarilah kebiasaan tersebut. Kenapa? Karena jika lambung terlalu banyak menerima makanan dan cairan sesaat sebelum berolahraga, lambung tidak akan mampu melakukan proses pencernanaan secara optimal. Kurangnya kinerja lambung dalam mencerna makanan disebabkan aliran darah dalam sistem pencernaan tidak berjalan secara baik.

Untuk menghindari hal tersebut, makanlah 30 menit hingga 3 jam sebelum memulai berolahraga. Selain itu, makanan yang dikonsumsi janganlah yang mengandung lemak yang terlalu tinggi, seperti kentang, burger, dan sebagainya.

2. Rendahnya kadar gula darah
Perut Mual Setelah Berolahraga Terkadang Terjadi 300x168 » Sering Mual Setelah Berolahraga? Kenali Penyebabnya dan Cara Mengatasinya
Rendahnya gula darah terjadi akibat jumlah gula darah berada di posisi bawah batas normalnya yang sebesar 70 mg/dl. Senyawa gula pada tubuh sangat bermanfaat bagi seluruh organ tubuh yang berfungsi untuk menjadikan otot semakin kuat.

Jika terlalu lama berolahraga, kadar gula darah dapat memungkinkan terjadi penurunan secara drastis, sehingga Anda akan mengalami kelelahan berkepanjangan, tubuh gemetar terus menerus, dan penglihatan semakin buram. Jika sudah terjadi hal tersebut, segerahlah mengkonsumsi makanan atau minuman berprotein serta mengandung karbohidrat sebagai pengembali kadar gula dalam darah.

3. Olahraga terlalu intens
Perut Terasa Mual Setelah Olahraga Menjadi Tanda Sesuatu yang tidak Sehat Dalam Tubuh 300x200 » Sering Mual Setelah Berolahraga? Kenali Penyebabnya dan Cara Mengatasinya
Setiap orang tidak semuanya memiliki kemampuan yang kuat dalam berolahraga. Kalau Anda belum bisa membiasakan diri dengan berolahraga secara intens, sebaiknya jangan dilakukan, karena otot tubuh yang dipaksakan untuk bekerja terus akan membutuhkan jumlah oksigen yang tidak sedikit, sehingga Anda akan mudah mengalami kelelahan, perut mual, serta sulit bernafas.

Maka tidak jarang orang yang terlalu memaksakan diri saat berolahraga akan mengalami rasa mual sekaligus sulit bernafas. Jika sudah demikian, perbaiki intensitas olahraganya dan lakukanlah secara bertahap.

Dari informasi di atas, Anda sudah mengetahui penyebab perut terasa mual setelah berolahraga. Tapi Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa caranya agar rasa mualnya tidak berlangsung lama. Berikut ini adalah beberapa cara penanganannya.
Olahraga Berlebihan Bisa Mengakibatkan Mual 300x157 » Sering Mual Setelah Berolahraga? Kenali Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

1. Kurangi porsi olahraga Anda secara bertahap.

2. Jika sudah mulai merasa mual, jangan berhenti secara tiba-tiba, karena justru mengundang perasaan mual yang semakin meningkat. Alangkah baiknya Anda melakukan jalan santai atau jalan perlahan-lahan hingga Anda nyaman. Setelah nyaman, berhentilah sejenak dan istirahatkan tubuh Anda sampai Anda benar-benar tidak merasakan mual lagi.

3. Usahakan kaki Anda berada di posisi yang lebih tinggi melebihi perut agar mengembalikan sirkulasi darah pada kaki ke arah jantung dan organ pencernaan.

4. Minumlah air putih yang cukup agar tubuh mendapatkan cadangan cairan saat sedang berolahraga. Adanya cadangan cairan dalam tubuh mampu mempercepat sistem pencernaan senyawa karbohidrat yang bisa memberikan pengosongan pada organ lambung, sehingga gejala mual yang mulai terjadi dapat berkurang.
Makan Secukupnya 30 menit 3 jam Sebelum Berolahraga 300x249 » Sering Mual Setelah Berolahraga? Kenali Penyebabnya dan Cara Mengatasinya
Itulah beberapa cara mengatasi perut mual setelah berolahraga. Jika cara tersebut tidak bisa membantu meredakan rasa mual dan mulai merasakan hal yang tidak normal, lebih baik berkonsultasi dengan dokter yang lebih memahami masalah tersebut. Dengan adanya pengecekan serta pengobatan dari orang yang lebih profesional, tentu kondisi tubuh Anda bisa lebih terjamin.