Sering Mengkonsumsi Gula Berlebih? Ini Akibatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Semua orang pasti sangat menyukai gula. Ya, salah satu bahan makanan yang rasanya manis dan sering dipakai di berbagai macam masakan untuk meningkatkan cita rasa ini, selalu menjadi kegemaran orang terutama anak-anak karena rasanya yang membuat Anda ketagihan.

Namun, dibalik rasanya yang manis, tentu ada dampak negatif yang akan Anda dapatkan jika Anda mengkonsumsinya terlalu banyak. Hal yang paling sering terjadi pada orang dewasa jika terlalu banyak mengkonsumsi gula adalah bisa terserang obesitas bahkan terserang stroke. Karena itulah, sebelum Anda mengkonsumsinya lebih banyak, lebih baik kenali dahulu bahayanya.

1. Merusak gigi

Masalah utama terlalu banyak mengkonsumsi gula adalah kerusakan gigi 300x223 » Sering Mengkonsumsi Gula Berlebih? Ini Akibatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Pada umumnya, anak-anak sangat menggemari permen karena rasanya yang manis. Namun, ketika mereka mengkonsumsinya terlalu berlebihan, gigi mereka sedikit demi sedikit akan mengalami kerusakan, seperti gigi yang mudah terkikis. Begitu pula dengan Anda yang menggemari makanan maupun minuman yang mengandung banyak gula.

Semakin lama Anda mengkonsumsinya, maka semakin mudah juga gigi Anda akan mengalami kerusakan. Bakteri-bakteri yang terdapat di gigi nantinya akan memakan gula-gula yang masuk ke dalam mulut Anda, setelah itu gigi Anda pun akan mengalami pembusukan dan asam yang tercipta dari pembusukan itulah yang nantinya akan merusak gigi Anda.

2. Obesitas
terlalu banyak gula bisa mengakibatkan obesitas 298x300 » Sering Mengkonsumsi Gula Berlebih? Ini Akibatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalau gula bisa membuat tubuh mengalami obesitas baik itu akan dialami orang dewasa maupun anak-anak. Obesitas atau dikenal sebagai berat badan yang terlalu berlebih ini merupakan masalah kesehatan yang bisa diakibatkan oleh kadar gula dalam tubuh terlalu berlebih.

Gula-gula yang semakin banyak nantinya akan semakin menumpuk dan akan berubah menjadi lemak. Tentunya adanya lemak yang semakin menumpuk itu dan tidak dikeluarkan dengan cepat, maka obesitas pun bisa saja terjadi.

3. Kinerja jantung bisa menjadi terganggu

Kinerja jantung pun bisa terganggu kalau gula terlalu banyak dalam tubuh 300x200 » Sering Mengkonsumsi Gula Berlebih? Ini Akibatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu bahaya mengkonsumsi gula terlalu banyak adalah kinerja jantung bisa menjadi lebih terganggu dan tidak bisa bekerja secara optimal. Padahal fungsi jantung dalam tubuh sangatlah penting sebagai pemompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Tapi, ketika fungsi kerjanya terganggu, tentu aliran darah pun bisa menjadi tidak lancar.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Itu karena dalam gula terdapat zat molekul glukosa 6 fosfat yang mengakibatkan otot-otot pada jantung bisa menyimpang. Jika hal itu terjadi, ada kemungkinan terjadinya serangan jantung mendadak bahkan gagal jantung secara tiba-tiba.

4. Meningkatnya resiko hipertensi

Jangan terlalu banyak gula jika tidak ingin hipertensi semakin naik 300x140 » Sering Mengkonsumsi Gula Berlebih? Ini Akibatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Mungkin Anda lebih memahami kalau garam lebih mudah meningkatkan resiko hipertensi. Tapi ternyata gula pun juga bisa meningkatkan resiko hipertensi jika dikonsumsi terlalu banyak. Kalau kadar hipertensi Anda sudah mulai meningkat, maka bisa memicu penyakit berbahaya yang lainnya dan tentu kesehatan tubuh Anda akan lebih tertanggu.

Jadi, jika Anda tidak ingin kadar hipertensi Anda meningkat, lebih baik kurangi konsumsi gula.

5. Pemicu terjadinya diabetes
Gula juga bisa mengakibatkan diabetes tanpa kita sadari 300x169 » Sering Mengkonsumsi Gula Berlebih? Ini Akibatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Anda pasti sudah sering mendengar penyakit diabetes, penyakit yang paling umum terjadi dan menjadi salah satu penyakit mematikan di Indonesia. Nah, jika Anda terlalu sering mengkonsumsi gula dalam jumlah yang banyak, maka tidak menutup kemungkinan Anda bisa terkena penyakit diabetes. Apalagi kadar diabetes sangatlah mudah meningkat. Jika sudah semakin meningkat, maka bisa mengundang penyakit mematikan yang lain bahkan kematian.

Itulah 5 bahayanya gula apabila dikonsumsinya terlalu banyak. Tidak ada salahnya Anda memasukan gula ke dalam masakan Anda, tapi lebih baik perhatikan presentase gula yang dimasukan. Yang perlu Anda ingat juga adalah jangan menggunakan banyak gula jika Anda sedang mengkonsumi nasi, karena dalam nasi terdapat kandungan glukosa alami. Jadi, jika Anda mengkonsumsi nasi dan memasukan banyak gula dalam masakan, maka bahaya-bahaya kesehatan yang di atas bisa mendatangi Anda.