Sering Diabaikan, Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Permasalahan berat badan merupakan permasalahan klasik yang sering dialami oleh para wanita. Tak heran jika banyak cara dilakukan demi memperoleh berat badan ideal bahkan hingga menghabiskan uang jutaan. Padahal ada cara-cara alami yang lebih murah untuk menurunkan berat badan seperti menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita ini misalnya.

• Jahe
Jahe 300x246 » Sering Diabaikan, Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan
Tahukah Anda bahwa jahe ternyata tak hanya dipakai sebagai bahan masakan, tapi juga efektif untuk menurunkan berat badan. Di beberapa negara, rempah yang memiliki rasa hangat ini sering diolah sebagai minuman diet.

Ramuan jahe yang dikonsumsi sebelum tidur malam secara rutin dipercaya mampu meluruhkan tumpukan lemak dan sisa makanan di sistem pencernaan. Jahe juga dipercaya mampu mempercepat pembakaran kalori serta melebarkan pembuluh darah. Dengan meminum ramuan jahe, penumpukkan lemak yang menjadi penyebab perut buncit pun bisa dihindari.

• Kayu Manis
Kayu Manis 300x236 » Sering Diabaikan, Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan
Bahan alami lainnya yang bisa dipakai untuk menurunkan berat badan adalah kayu manis. Mengkonsumsi kayu manis bisa mempercepat proses metabolisme lemak, menunda rasa lapar dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Kayu manis juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mampu membantu menstabilkan gula darah, mengendalikan kadar gula, mengurangi produksi insulin, menurunkan kadar kolesterol buruk hingga 27% dan dalam jangka panjang membantu menurunkan berat badan.

Manfaat kayu manis tersebut diperkuat dengan hasil penelitian yang dirilis dalam Diabetes Care Jurnal 2013 lalu. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi kapsul kayu manis sebanyak 6 gram per hari ternyata kadar glukosanya mengalami penurunan sebanyak 18% – 29% setelah 40 hari.

• Kunyit
Kunyit 296x300 » Sering Diabaikan, Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan
Kunyit atau Curcuma Domestic dikenal memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Tanaman habitat asli Asia Tenggara ini sering dipakai sebagai bahan kosmetik, bumbu masakan hingga menurunkan berat badan.

Kunyit memiliki kandungan senyawa kurkuminoid, karbohidrat, lemak, mineral, kalium, zat pati, fosfor dan minyak atsiri. Kandungan dalam kunyit inilah yang mampu membantu meluruhkan lemak, mencegah kenaikan berat badan bahkan mengurangi potensi munculnya penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer.

• Bawang Putih
Bawang Putih 300x186 » Sering Diabaikan, Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan
Bumbu dapur ini dipercaya sebagai salah satu makanan antiobesitas alami yang mampu membantu menghilangkan lemak perut dengan cepat. Senyawa aktif allicin yang terkandung di dalam bawang putih diyakini mampu mengurangi tekanan darah, meningkatkan pembakaran lemak, menghambat akumulasi lemak dalam tubuh dan membersihkan racun dari dalam tubuh.

Anda bisa mengkonsumsi bawang putih dengan mengunyah langsung 2 sampai 3 siung di pagi hari saat perut masih kosong. Kombinasikan konsumsi bawang putih ini dengan meminum air jeruk hangat. Konsumsi bawang putih dan air jeruk hangat secara rutin agar memperoleh hasil yang lebih optimal.

• Lada Hitam
Lada Hitam 293x300 » Sering Diabaikan, Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan
Kandungan piperin yang terdapat pada lada hitam dipercaya mampu membantu proses pembakaran lemak, meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus mencegah pembentukan jaringan lemak baru. Manfaat ini diperkuat oleh hasil penelitian yang dituangkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Kandungan piperin tersebut mampu mempengaruhi rantai reaksi yang mengendalikan kadar lemak dalam tubuh sehingga dalam jangka panjang konsumsi lada hitam sangat baik untuk diet. Selain menurunkan berat badan, lada hitam juga baik untuk mengatasi radang, gangguan pencernaan dan keluhan kesehatan lainnya.

Konsumsi bahan-bahan alami di atas sebaiknya diimbangi dengan olahraga secara rutin, istirahat yang cukup dan menjaga pola makan. Jangan takut akan efek samping, karena bahan-bahan tersebut merupakan bahan alami, maka potensi adanya efek negatif dari konsumsi jangka panjang sangatlah kecil. Bagaimana tertarik mencoba?