Selain Untuk Kecantikan, Buah Bengkuang juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Buang bengkuang merupakan buah yang berasal dari Amerika dan banyak tumbuh pula di daratan Meksiko. Mulai dari situlah, buah bengkuang semakin luas disebarkan dan sekarang sudah mulai banyak di daerah Asia Tenggara, tidak terkecuali Indonesia. Karena itulah, Anda akan sangat mudah sekali menemukan buah bengkuang di pasar tradisional maupun di supermarket.

Cara mengkonsumsinya pun juga sangat mudah baik secara di masak ataupun di makan mentah. Jika di luar negeri mengkonsumsinya lebih banyak dibuat salad buah atau sup, di Indonesia lebih banyak dijadikan rujak. Pada saat di makan, tentu dagingnya yang kita gunakan. Tapi, tahukah Anda kalau akarnya juga bisa digunakan? Anda bisa memanfaatkannya untuk dijadikan obat-obatan. Jadi tidak heran kalau orang amerika menggunakan akarnya untuk dijadikan obat tradisional.

Banyak nutrisi yang terkandung dalam buah bengkuang ini, seperti Vitamin B6, Vitamin B9, Vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan sebagainya. Dari kandungan nutrisi tersebut, banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat bengkuang bagi kesehatan yang bisa Anda coba di rumah.

1. Metabolisme tubuh bisa meningkat

Buah bengkuang sangat cocok untuk menaikan metabolisme 300x160 » Selain Untuk Kecantikan, Buah Bengkuang juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Dalam buah bengkuang terdapat nutrisi asam folat, thiamin, piridoksin, serta riboflavin yang bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme dalam tubuh, tentu Anda tidak akan mudah terserang penyakit. Selain meningkatkan metabolisme tubuh, bengkuang juga bisa meningkatkan kadar energi yang diperlukan oleh tubuh. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah lelah dalam melakukan ativitas sehari-hari.

2. Mencegah anemia

Bengkuang juga mampu mencegah anemia secara efektif 300x177 » Selain Untuk Kecantikan, Buah Bengkuang juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Sseperti yang sebelumnya disebutkan di atas, bengkuang memiliki kadungan zat besi yang bisa menstabilkan sel darah merah, sehingga Anda pun bisa terhindar dari serangan anemia. Jika Anda mengkonsumsinya secara rutin, maka sel darah merah tersebut akan semakin stabil dan berproduksi lebih optimal.

3. Kaya antioksidan

Memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas 300x200 » Selain Untuk Kecantikan, Buah Bengkuang juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Buah bengkuang ternyata juga kaya akan Vitamin C dan antioksidan yang sangat diperlukan untuk kebutuhan vitamin dalam tubuh. Antioksidan tersebut berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan sel kanker mudah berkembang. Kalau sudah berkembang, tentu berbagai macam penyakit akan datang selain dari penyakit kanker tersebut.

Sedangkan dalam kandungan Vitamin C-nya, kinerja jantung bisa semakin terjaga dan fungsinya pun bisa semakin optimal. Selain mengoptimalkan kinerja jantung, Vitamin C dalam bengkuang mampu mencegah terjadinya komplikasi flu maupun pilek, sehingga bisa mencegahnya menjadi flu atau pilek kronis.

4. Menguatkan tulang

Bengkuang juga bisa menguatkan tulang karena kandungan kalsiumnya 300x200 » Selain Untuk Kecantikan, Buah Bengkuang juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Seperti yang sudah kita ketahui, bengkuang memiliki zat mineral yang sangat penting bagi tubuh dan salah satunya adalah kandungan kalsium. Dengan adanya kandungan kalsium tersebut, tentu kesehatan tulang bisa tetap terjaga tanpa menghilangkan kekuatan tulangnya. Selain kalsium, masih banyak kandungan mineral lainnya yang bisa memperkaya kesehatan tulang Anda. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari masalah kesehatan tulang nantinya.

5. Mencegah cacat pada bayi
Asam folat sangat diperlukan untuk para ibu hamil agar terhindar kecacatan bayi 300x200 » Selain Untuk Kecantikan, Buah Bengkuang juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Bagi ibu-ibu hamil, mengkonsumsi buang bengkuang adalah satu cara yang sangat efektif untuk mencegah kecacatan pada janinnya. Adanya B9 atau biasa dikenal dengan folat mampu menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin selama dalam kandungan. Sehingga pada saat kelahirannya nanti, sang bayi tidak akan mengalami kecacatan dan lahir dengan sehat beserta ibunya.

6. Anti penuaan dan membuat kulit lebih cerah

Bengkuang dikenal sebagai anti penuaan dan pemutih kulit alami 300x300 » Selain Untuk Kecantikan, Buah Bengkuang juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Tidak jarang para wanita menggunakan sabun yang berbahan buah bengkuang untuk memutihkan kulit mereka. Tapi memang buah bengkuang sudah terbukti mampu memutihkan putih secara efektif. Selain itu, adanya antioksidan bisa menjaga kesehatan kulit sehingga kulit yang sudah terpapar sinar matahari yang terlalu lama dapat tetap terjaga kelembabannya dan kesehatannya.

Itulah 6 manfaat buang bengkuang bagi kesehatan Anda. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, maka Anda akan mendapatkan berbagai macam manfaatnya. Tapi ingat, jangan mengkonsumsinya terlalu berlebihan, karena tidak akan baik bagi kesehatan tubuh Anda.