Selain Memberi Pengetahuan yang Luas, Teknologi Bisa Memberi Dampak Negatif, loh

Di tahun 2018 ini, perkembangan teknologi di seluruh dunia, termasuk Indonesia sudah mengalami kemajuan yang pesat. Berbagai macam gadget ataupun sosial media pun terkena dampak dari kemajuan pesat teknologi. Tidak bisa dipungkiri kalau dampak tersebut bisa memberikan hal positif maupun negatif.

Dampak positif yang pasti Anda dapatkan adalah Anda akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, segala kebutuhan Anda sekarang ini sudah banyak terbantu karena munculnya e-commerce, ojek online, dan sebagainya. Dari sekian banyaknya dampak positif tersebut, dampak negatifnya juga pasti banyak. Apa saja ya dampak negatifnya?

Berita Fitnah atau Hoax Semakin Menyebar
Dampak negatif yang saat ini sudah semakin menyebar 300x200 » Selain Memberi Pengetahuan yang Luas, Teknologi Bisa Memberi Dampak Negatif, loh
Beberapa tahun lalu seluruh dunia masih mengalami kehidupan yang cukup tenteram karena belum ada berita-berita palsu atau hoax seperti zaman sekarang ini. Sejak kehadiran berita-berita palsu, banyak orang yang sudah merasa tidak aman karena takut akan kebenaran berita-berita tersebut padahal beritanya hanya berita buatan belaka.

Tidak hanya berita-berita palsu saja yang semakin banyak, berita fitnah pun kini menjadi salah satu senjata untuk menjatuhkan seseorang. Tidak jarang netizen-netizen masih ada yang mempercayainya, bahkan ikut menyebar fitnah tersebut. Lebih baik cari tahu terlebih dahulu kebenaran berita tersebut agar tidak terjadi keributan.

Semakin Berkembangnya Gadget, Semakin Sering Kita Menghabiskan Waktu dengan Gadget
Anak anak sudah mulai kecanduan dan banyak menghabiskan waktunya 300x176 » Selain Memberi Pengetahuan yang Luas, Teknologi Bisa Memberi Dampak Negatif, loh
Semakin berkembangnya gadget, tentu kecanggihan gadget tersebut akan semakin meningkat. Tidak heran kalau para pengguna gadget lebih sering menghabiskan waktunya hanya untuk membuka gadget miliknya, mulai dari bermain game di gadgetnya, membuka sosial media, dan sebagainya. Hal-hal semacam itulah yang membuat kita terkadang merasakan kesepian karena hanya berkutik dengan gadget saja dan bukan berkumpul bersama teman-teman atau keluarga.

Padahal berkumpul bersama dengan keluarga, teman-teman, dan pacar lebih menyenangkan dibandingkan hanya bermain-main gadget saja. Waktu yang biasanya kita habiskan untuk membuka-buka gadget harusnya bisa menjadi waktu kita untuk melakukan hal yang lebih menyenangkan lainnya, seperti bercanda dengan kerabat kita, berolahraga, dan lain-lainnya.

Sudah Tidak Terlihat Lagi Permainan Tradisional Seperti Zaman Dulu
Permainan tradisional kini semakin menghilang karena anak anak zaman sekarang 300x187 » Selain Memberi Pengetahuan yang Luas, Teknologi Bisa Memberi Dampak Negatif, loh
Orang-orang kelahiran tahun 90-an pasti mengenal permainan tradisional pada masa itu, seperti bermain kelereng, gasing, bekel, dan masih banyak lagi. Tapi anak-anak kelahiran tahun 2000-an tentunya lebih banyak menghabiskan waktunya di depan gadget saja, sehingga permainan tradisional yang dulu sering dimainkan kini sudah tidak pernah dimainkan lagi.

Padahal permainan tradisional sangat menyenangkan apalagi dimainkan dengan teman-teman. Jika generasi sekarang terus menerus hanya berkutik di depan gadget saja, semakin lama permainan tradisional akan dilupakan.

Mengumbar Aib Sudah Menjadi Bentuk Kebiasaan Generasi Muda Masa Kini
Mengumbar aib orang lain atau diri sendiri bisa membuat orang lain 300x158 » Selain Memberi Pengetahuan yang Luas, Teknologi Bisa Memberi Dampak Negatif, loh
Salah satu dampak negatif yang paling sering terlihat beberapa tahun belakangan ini adalah aib mudah sekali diumbar. Media yang paling sering menjadi tempat untuk mengumbar aib yaitu media sosial. Hampir semua orang generasi sekarang, termasuk anak-anak memiliki akun media sosial sendiri dan kebanyakan tanpa pengawasan orang tuanya.

Tanpa adanya pengawasan orang tua atau orang-orang yang menggunakan media sosial secara tidak bertanggung jawab, aib sendiri atau orang lain dengan mudah akan terumbar. Tentu hal tersebut hanya untuk menarik perhatian para netizen lainnya. Selain itu, curhat melalui media sosial juga merupakan suatu hal yang tidak perlu orang lain tahu, karena masalah pribadi tidak layak untuk diperjual belikan di media sosial.

Dampak-dampak negatif seperti itulah yang biasanya terjadi di masa sekarang ini, baik secara sadar maupun tidak sadar. Sebaiknya pergunakanlah teknologi untuk melakukan kegiatan positif, seperti mencari dana untuk orang yang lebih membutuhkan atau menyebarluaskan suatu kebaikan melalui media sosial maupun situs lainnya. Jadi, pergunakanlah dengan hati-hati, ya.