Saatnya Liburan ke Objek Wisata Terbaik yang Ada di Solo

Solo merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki sejarah yang panjang pula. Tak hanya kaya akan sejarah, kota ini pun memiliki bentang alam yang tak kalah cantiknya. Hal ini lah yang menyebabkan kota Solo memiliki banyak kawasan wisata mulai dari wisata alam hingga modern yang dikemas sedemikian rupa.

Bagi anda yang sedang mencari apa saja kawasan wisata di Solo, berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai objek wisata Solo yang terbaik.

1. Keraton Surakarta
1. Keraton Surakarta 300x225 » Saatnya Liburan ke Objek Wisata Terbaik yang Ada di Solo
Objek wisata yang satu ini akan mengajak anda untuk belajar tentang sejarah terutama Kota Solo lebih lengkap. Bangunan yang didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhanan Pakubuwana II ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Keraton ini sendiri merupakan pengganti keraton Kartasura yang rusak akibat kejadian geger pecinan pada 1743 lalu.

Saat ini, keraton ini pun masih digunakan untuk tempat tinggal dari Sri Sunan dan dibuka juga untuk umum. Kompleks keraton ini pun dibagi menjadi beberapa seperti adanya alun-alun, kedaton, sri manganti lor kidul dan lain sebagainya.

2. Grojogan Sewu
2. Grojogan Sewu 2 300x225 » Saatnya Liburan ke Objek Wisata Terbaik yang Ada di Solo
Ini merupakan wisata alam yang cantik yang ada di Solo. Grojokan sewu Tawangmangu ini akan menyuguhkan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Terletak 37 km dari pusat kota Surakarta dan berada di bagian barat dari Gunung Lawu. Bagi anda yang ingin datang ke sini, anda harus menaiki anak tangga berjumlah kurang lebih 1000.

Tetapi anda dijamin tidak akan merasa lelah karena pemandangan yang ada ke dua sisi anak tangga sangat cantik dan menarik. Untuk bisa memasuki kawasan air terjun, anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 20 ribu setiap orang.

3. Taman Sriwedari
3. Taman Sriwedari 300x168 » Saatnya Liburan ke Objek Wisata Terbaik yang Ada di Solo
Anda ingin bersantai di kota Solo? Anda bisa datang ket aman Sriwedari yang merupakan tempat favorit warga solo ataupun para wisatawan untuk bersantai. Terletak di daerah Laweyan solo, taman ini sudah dibangun sejak masa kepemimpinan Pakubuwana ke X. Pada malam hari, kawasan ini biasanya digunakan untuk hiburan malam Selikuran.

Tak hanya itu, anda akan menjumpai gedung wayang orang sriwedari yang menjadi pusat untuk pertunjukan wayang orang di Solo. Terdapat pula lukisan berukuran besar. Untuk bisa masuk ke kawasan ini, anda harus membayar tiket masuk yang cukup murah yakni Rp 3000 setiap orang.

4. Taman Balekambang
Taman yang menyuguhkan nuansa pepohonan yang rindang ini pun bisa menjadi pilihan berlibur anda bersama keluarga. Taman Balekambang ini berada di Jalan Ahmad Yani Solo. Luas tamannya sekitar 10 hektar ini didirikan pada 1921 oleh KGPAA Mangkunegara VII.

Ada dua kompleks di taman ini yaitu Partinah Bosch dan Partini Tuin. Partinah Bosch menawarkan rumah yang dibangun dari berbagai macam tanaman langka yang sangat menarik. Sedangkan Partini Tuin akan menyuguhkan kolam yang dilengkapi dengan perahu hias yang bisa anda sewa untuk dinaiki.

5. Tugu Lilin
5. Tugu Lilin 300x198 » Saatnya Liburan ke Objek Wisata Terbaik yang Ada di Solo
Kawasan wisata di Solo lainnya adalah Tugu Lilin. Tugu ini dibangun untuk memperingati 25 tahun dari kelahiran Boedi Oetomo ini berada di Jalan kebangkitan Nasional. Tokoh Boedi Oetomo dipilih lantaran mewakili semangat perjuangan dari bangsa Indonesia dalam masa penjajahan.

Banyak orang yang menjadikan tugu Lilin sebagai objek fotografi yang sangat menarik. Tak hanya itu, kawasan disekitar tugu Lilin pun tidak membosankan dan sejuk karena dihiasi oleh pepohonan rindang.

Masih banyak lagi tempat wisata di Solo yang bisa anda kunjungi seperti Kampung Batik Kauman, Pasar Klewer, Pura Mangkunegaran dan lain sebagainya. Tak ada salahnya memilih kota solo sebagai destinasi Liburan.