Rekomendasi Smartphone yang Dapat Menjadi Powerbank

Powerbank atau pengisi daya portabel non-listrik merupakan item wajib bagi para pengguna smartphone untuk menghindari kehabisan daya ponsel di tengah aktivitas padat. Tetapi, kemajuan teknologi saat ini telah menggeser tren tersebut dengan dirilisnya smartphone berkapasitas baterai besar yang awet, bahkan dapat pula difungsikan sebagai powerbank untuk perangkat lain.

ponsel daya baterai besar cocok sebagai powerbank » Rekomendasi Smartphone yang Dapat Menjadi Powerbank

Referensi Ponsel Merangkap Powerbank Dengan Kapasitas Baterai Besar

Jika menyangka “baterai badak” yang dapat menjadi powerbank merupakan fitur smartphone flagship atau high-end, maka tebakan tersebut salah besar karena justru ponsel-ponsel mid-end, bahkan entry level dalam range harga 1-3 jutaan yang memiliki spesifikasi tersebut. Tipe-tipe smartphone yang multifungsi dan serba guna tersebut antara lain :

– ZTE Blade A6

Merek pertama adalah ZTE, sebuah pabrikan ponsel asal Tiongkok, yang merilis varian Blade A6 yang memiliki kapasitas baterai sebesar 5000 mAH berjenis non-removable Li-Po yang cukup untuk mengakomodasi mobilitas tunggal ponsel, sekaligus pula merangkap sebagai powerbank. Ponsel yang sudah dilengkapi fingerprint sensor ini dibanderol dengan harga 2.5 juta saja.

Sayangnya, buit quality ZTE masih sangat kurang jika dibandingkan dengan para kompetitornya, di mana performanya, termasuk soal baterai, menurun drastis setelah beberapa bulan digunakan. Overheat menjadi salah satu problem utama yang kemudian mempengaruhi hardware ponsel dan biasanya kerusakan pertama ditemukan pada baterai yang cepat habis dan layar sentuh macet.

– Asus Zenfone 4 Max Plus

Smartphone selanjutnya adalah Asus Zenfone 4 Max Plus yang merupakan produksi pabrikan Taiwan. Walaupun pada ponsel-ponsel sebelumnya Asus memiliki masalah overheating yang serius sehingga menyebabkan kerusakan parah pada komponen, tetapi smartphone besutannya kini sudah jauh lebih baik karena masalah suhu panas berlebih sudah dapat diatasi dengan baik.

Asus Zenfone 4 Max Plus dibanderol seharga 3.3 juta rupiah dan menyasar kalangan mid-level. Baterai yang disematkan pada smartphone ini adalah tipe Li-Po non-removable berkapasitas 5000 mAH. Selain itu, Zenfone 4 Max Plus juga dilengkapi fitur fast charging dan wireless charging yang semakin memudahkan pengguna dalam hal pengisian daya.

– Motorola Moto E4 Plus

Motorola yang telah diakusisi oleh Lenovo pun turut merilis varian smartphone dengan kapasitas baterai besar yang dapat diamanfaatkan pula sebagai powerbank. Moto E4 Plus dibekali baterai berjenis non-removable Li-Ion 5000 mAH. Sayangnya, smartphone ini belum dilengkapi dengan fitur fast charging sehingga pengguna harus sabar menunggu daya baterai terisi penuh.

– LG X Venture

LG mungkin satu-satunya merek besar yang turut bermain dalam tren ini dengan merilis LG X Venture yang dibanderol dengan harga 3.9 juta yang rasanya relatif mahal mengingat kapasitas baterai yang disematkan hanya 4100 mAH dengan tipe non-removable Li-Ion. Tetapi jika kredibilitas LG yang menjadi pertimbangan, harga tersebut masuk akal.

Fitur fast charging 3.0 juga sudah disertakan dalam ponsel mid-level ini yang sayangnya belum dilengkapi dengan fitur wireless charging yang kini sudah mulai dikembangkan untuk ponsel menengah. Tetapi untuk layanan purna jual, LG termasuk dalam kategori yang terbaik dalam daftar ini, berikut pula dengan Asus.

Smartphone Merangkap Powerbank, Praktis Dan Serbaguna

Mengingat baterai smartphone yang dapat dijadikan sebagai powerbank juga selalu memiliki kapasitas besar, hal tersebut cukup menguntungkan, terutama bagi pecandu gadget karena selain tidak harus sering mengisi daya ponsel, juga dapat memanfaatkannya untuk mengisi ulang daya perangkat lain seperti laptop atau smartphone lain milik teman.