Puasa Sosial Media Ternyata Ada Manfaatnya, Loh. Apa Saja, ya?

Media sosial kini menjadi salah satu dampak perkembangan teknologi internet yang tidak akan mudah terlepaskan dari kehidupan orang-orang zaman millenials seperti sekarang ini. Mulai dari setiap minggunya, baik dari pagi sampai malam hari atau bahkan dari pagi sampai pagi harinya lagi, para pengguna gadget pasti akan membuka media sosialnya untuk menyebarluaskan kegiatan pribadinya maupun yang sekedar hanya mencari hiburan saja.

Memang menyenangkan melihat aktivitas orang lain di media sosial, tapi alangkah baiknya kalau Anda mengurangi kecanduan membuka media sosial Anda. Tidak ada salahnya kalau Anda mencobanya hanya 1 hari saja, karena meskipun Anda tidak membuka media sosial hanya 1 saja, dampaknya akan Anda langsung rasakan. Tidak percaya? Ini manfaatnya berhenti sejenak dari media sosial.

Bisa Lebih Menganggap Diri Sendiri Sangatlah Berharga
Lebih baik bermain dan berkumpullah bersama 300x169 » Puasa Sosial Media Ternyata Ada Manfaatnya, Loh. Apa Saja, ya?
Kebanyakan orang lebih sering membuka media sosialnya untuk memamerkan kegiatannya ke followers-nya agar mereka lebih tahu tentang kegiatan Anda. Meskipun hal tersebut untuk kesenangan pribadi, tapi jika terlalu lama memposting kegiatan pribadi di media sosial, Anda tidak bisa fokus terhadap diri Anda sendiri.

Semakin lama Anda menghabiskan waktu dengan media sosial, maka semakin lama Anda juga akan lupa diri Anda juga sangatlah berharga. Tidak hanya itu saja. Anda juga bisa lebih menikmati diri Anda di lingkungan yang sedang Anda kunjungi. Pastinya Anda melihat lingkungan sekitar tidak hanya dari 1 sudut pandang saja, melainkan dari berbagai sisi.

Hal-hal Negatif pun Bisa Anda Hindari
Anda bisa terhindar dari konten negatif 300x158 » Puasa Sosial Media Ternyata Ada Manfaatnya, Loh. Apa Saja, ya?
Seperti yang sudah kita ketahui media sosial tidak hanya menyimpan konten yang positif saja, tapi juga konten yang negatif, seperti SARA, porno, dan sebagainya. Kenapa bisa ada konten negatif? Tentu saja ada karena media sosial merupakan salah satu media di internet yang menjadi wadah untuk menyalurkan ekspresi para pengguna gadget di seluruh dunia.

Jadi, tidak heran kalau konten-konten negatif juga bermunculan di media sosial sebagai bentuk penyaluran ekspresi mereka. Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan hal tersebut, tentu akan berdampak pada mood dan pikiran Anda. Anda bisa saja tiba-tiba kesal terhadap salah satu postingan dan terus dibawa hingga ke aktivitas Anda lainnya.

Tentu tidak menyenangkan, bukan? Karena itulah, kalau Anda berhenti sejenak dari media sosial, pikiran dan mood Anda bisa lebih tenang.

Melepas Kebiasaan Ketergantungan dari Teman-teman Media Sosial Anda
Dengan puasa media sosial 300x200 » Puasa Sosial Media Ternyata Ada Manfaatnya, Loh. Apa Saja, ya?
Ketergantungan yang dimaksud adalah ketergantungan terhadap pendapat orang lain mengenai Anda. Hal ini biasanya terjadi kalau Anda suka memposting sesuatu, seperti foto atau sebuah kata-kata. Tidak jarang pengguna media sosial menginginkan jumlah like atau jumlah share yang banyak. Mereka yang ketergantungan pendapat orang lain bisa saja tersinggung karena tidak memiliki jumlah like atau share yang diharapkan.

Dengan melepas sejenak media sosial, Anda bisa menghilangkan kebiasaan tersebut walaupun sulit. Lebih baik percaya diri terhadap hal yang Anda lakukan tanpa harus melihat pendapat orang lain hanya dalam bentuk jumlah like atau share.

Lebih Menikmati Kebersamaan dengan Orang-orang Sekitar
Jangan tergantung dari jumlah like atau share dari postingan 300x200 » Puasa Sosial Media Ternyata Ada Manfaatnya, Loh. Apa Saja, ya?
Manfaat yang satu ini sangatlah berharga dan menjadi poin penting dalam melepas sejenak media sosial. Anda yang biasanya sibuk dengan media sosial, secara otomatis Anda tidak menikmati kebersamaan dengan orang-orang sekitar Anda, seperti keluarga, teman, maupun pacar. Anda hanya sibuk dengan urusan media sosial saja tanpa ada komunikasi dengan mereka, padahal komunikasi secara langsung lebih bermanfaat.

Lebih baik gunakan waktu luang kalian untuk berkumpul dengan keluarga, teman-teman, atau pacar agar kedekatan dengan mereka tidak semakin menjauh. Tentunya lebih nyata bertemu langsung dibandingkan hanya melalui media sosial saja, bukan?

Manfaat-manfaat itulah yang akan langsung Anda rasakan. Lebih baik jangan menjadi pengguna media sosial yang terlalu berlebihan, karena media sosial hanya sebagai media saja bukan menjadi kehidupan Anda yang seutuhnya. Apakah Anda siap untuk meliburkan diri dari media sosial?