Ponsel Nokia Android Terbaru, Kembalinya Sang Legenda

Nokia bukanlah nama yang asing dalam dunia gadget di seluruh dunia, terutama di Indonesia yang merupakan pasar terbesar produsen tersebut pada masa jayanya. Berjaya sejak 90-an hingga kemudian gagal membangun tren Windows Phone karena kalah dengan Android hingga mengantarkan perusahaan rugi besar dan menghentikan lini produksi ponsel, kini Nokia kembali.

Tidak lagi berusaha melawan arus, kembalinya Nokia ke jagat industri ponsel kali ini menggandeng sistem operasi Android, yang masih menjadi sistem operasi gadget terlaris. Nokia merilis tiga ponsel sekaligus dengan target pasar berbeda-beda : Nokia 3 untuk kalangan entry level, Nokia 5 untuk mid-level, dan Nokia 6 sebagai ponsel flagship.

hp nokia android layak belikah » Ponsel Nokia Android Terbaru, Kembalinya Sang Legenda

Nokia 3, Smartphone Entry Level Berkualitas

Dibanderol dengan harga 1,5 juta rupiah, Nokia 3 yang ditujukan untuk pengguna entry level ini memang tidak memiliki fitur yang luar biasa dan dari harga cukup mahal jika dibandingkan dengan produk berspesifikasi serupa besutan kompetitor asal Tiongkok. Tetapi, jika mempertimbangkan built quality yang teruji, maka harga tersebut menjadi worth it.

Nokia 3 hadir dengan sistem operasi Android Nougat 7.0 yang dapat di-upgrade secara OTA ke Android Oreo 8.0 terbaru. Nokia 3 dibekali layar IPS Capacitive seluas 5.0 inci dengan perlindungan gorilla glass. Menggunakan chipset Mediatek MT6737 dengan GPU Mali Mali-T720MP1 Quad Core, Nokia 3 dibekali RAM 2GB dan internal 16GB.

Ponsel ini juga menyasar penggemar swafoto dengan menyematkan kamera beresolusi 8MP sebagai kamera depan. Sedangkan untuk kamera belakang dibekali dengan kamera beresolusi sama dilengkapi autofokus dan LED Flash dengan hasil bidikan cukup tajam bagi para penggemar fotografi. Untuk kartu SIM sendiri sudah dilengkapi slot dual stand-by nano SIM.

Nokia 5, Desain Tipis Dan Menawan

Lagi-lagi, ponsel besutan Nokia ini tidak menawarkan fitur wow, bahkan jika dibandingkan ponsel Tiongkok akan terasa seperti ponsel untuk kalangan entry level. Tetapi, selain kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan, Nokia 5 juga memiliki tampilan berkelas yang menawan dan tampak eksklusif. Bodinya menggunakan aluminium classy, bukan plastik. Dibanderol seharga 1,9 juta rupiah.

Sistem operasi bawaannya adalah Android Nougat dan disediakan update OTA untuk Android versi terbaru. RAM 3 GB yang disematkan berpadu dengan memori internal sebesar 32GB beroperasi dengan chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 Octa Core yang sangat responsif sehingga ponsel sangat mengakomodasi aktivitas mobilitas tinggi dan multitasking tanpa khawatir mengalami lag.

Untuk sektor kamera menggunakan resolusi 13MP + dual tone LED Flash dan autofokus di kamera utama, dan resolusi 8MP untuk kamera depan. Layarnya sendiri dibekali tipe gorilla glass IPS Capacitive seluas 5,2 inci.

Nokia 6, Flagship Yang Worth To Buy

Nokia 6 yang dibanderol seharga 2,5 juta rupiah ini mengandalkan RAM sebesar 4GB dengan memori internal sebesar 64GB dengan tampilan eksklusif berbodi aluminium. Kamera utama beresolusi 16MP dan kamera depan 8MP. Layarnya sendiri juga bertipe gorilla glass seluas 5.5 inci. Untuk segi pengamanan pun sudah dibekali fingerprint sensor.

Nokia Android, Tidak Outstanding Tapi Memuaskan

Ketiga ponsel Nokia tersebut memiliki spesifikasi yang tergolong biasa saja. Tetapi keunggulan Nokia sebagai legenda di bidang gadget sejak dahulu adalah built in quality yang sangat bagus sehingga ponsel pun memiliki tingkat keawetan di atas rata-rata. Maka, jika menginginkan ponsel yang dapat digunakan cukup lama, smartphone Nokia merupakan pilihan tepat.