Pesona Wisata Malam di Jambi yang Tidak Tertandingi

Jambi merupakan daerah dengan berbagai macam destinasi wisata yang cukup terkenal ke seantero penjuru Indonesia. Pendapatan melalui sektor pariwisata yang tinggi membuat tempat-tempat wisata baru bermunculan ke permukaan, termasuk di dalamnya wisata malam untuk mengusir kepenatan setelah seharian beraktifitas. Artikel berikut akan mengupas tuntas pilihan wisata malam terbaik di Jambi.

Jembatan Gentala Arsy
Jembatan Gentala Arsy 300x191 » Pesona Wisata Malam di Jambi yang Tidak Tertandingi
Wisata malam pertama sekaligus paling populer di Jambi adalah jembatan gentala arsy, sebuah jembatan khusus pejalan kaki atau pedestrian yang menjadi penghubung Kota Jambi dengan Kota Seberang. Jembatan yang diterangi lampu warna warni ini membentang di atas sungai Batanghari. Bagi wisatawan yang ingin menelusuri jembatan tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

Tanggo Rajo Jambi
Tanggo Rajo Jambi 300x225 » Pesona Wisata Malam di Jambi yang Tidak Tertandingi
Jika Gentala Arsy menjadi lokasi pedestrian, maka tanggo rajo jambi yang berada tepat di bawah jembatan tersebut merupakan tempat hangout malam hari paling hits di mana para pedagang kaki lima menjajakan makanan dan minuman di dalam warung tenda. Kuliner di sana dibanderol sangat terjangkau, mulai Rp. 3.000,- saja.

Danau Sipin
Danau Sipin 300x199 » Pesona Wisata Malam di Jambi yang Tidak Tertandingi
Menikmati senja berlatar matahari tenggelam di atas sampan adalah hiburan yang ditawarkan oleh wisata malam Jambi yang berlokasi di Telanai Pura ini. Wisatawan dapat sekedar duduk-duduk di pinggiran danau secara gratis karena tidak dipungut tarif masuk, sedangkan bagi yang ingin menyewa sampan akan dikenakan tarif mulai Rp. 20.000,- per jam.

Monas Jambi
Monas Jambi 300x182 » Pesona Wisata Malam di Jambi yang Tidak Tertandingi
Bukan hanya Jakarta yang memiliki Monas atau Monumen Nasional, karena Jambi juga memilikinya di daerah Kotabaru. Monas Jambi memiliki ciri khas menara tinggi berhiaskan empat buah jam dinding di masing-masing sisinya. Kecuali ingin menikmati kuliner dari para pedagang angkringan di sekitar monas, wisatawan dapat menikmati eksotisme monumen tersebut secara gratis.

Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh 300x169 » Pesona Wisata Malam di Jambi yang Tidak Tertandingi
Berbeda dengan wisata malam lain di Jambi yang dapat diakses dengan mudah, Danau Gunung Tujuh memerlukan usaha cukup berat untuk dapat dicapai, yakni harus melakukan pendakian selama kurang lebih dua jam dari desa terdekat. Wisatawan dapat menikmati senja di atas sampan mengelilingi danau dengan membayar sebesar Rp. 10.000,- saja.

Jembatan Aur Duri
Dikenal juga sebagai Jembatan Batanghari, jembatan yang satu ini merupakan alternatif tempat untuk menikmati malam di atas Sungai Batanghari selain Jembatan Gentala Arsy. Terdapat jalur khusus pedestrian di masing-masing tepi jembatan yang disinari oleh kerlap kerlip lampu pada malam hari tersebut. Selain itu, gedung-gedung di kota pun tampak jelas.

Tugu Pers
Tugu Pers 300x200 » Pesona Wisata Malam di Jambi yang Tidak Tertandingi
Monumen yang satu ini dibangun untuk menunjukkan dukungan Jambi akan kebebasan pers. Tugu yang berlokasi di Jalan Sultan Agung tersebut kini menjadi salah satu objek wisata malam yang cantik berkat cahaya lampu warna warni yang menonjolkan kemegahan tugu tersebut. Wisatawan dapat berswafoto maupun mengabadikan tugu sebagai objek fotografi secara gratis.

Jembatan Beatrix Sarolangun
Jembatan Beatrix Sarolangun 300x200 » Pesona Wisata Malam di Jambi yang Tidak Tertandingi
Jembatan yang dibangun untuk mengenang kepedihan masa penjajahan Belanda ini berupa lengkungan dengan gradasi aneka warna, yakni : merah, hijau, kuning, dan biru. Saat malam ketika lampu dinyalakan, jembatan akan tampak sangat eksotis dan berubah menjadi salah satu destinasi wisata malam favorit di Jambi yang bisa didatangi dengan cuma-cuma.

Tugu Juang Sipin
Tugu Juang Sipin 300x139 » Pesona Wisata Malam di Jambi yang Tidak Tertandingi
Berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto, tugu yang satu ini dibangun untuk mengingat perjuangan warga Jambi melawan penjajah. Kini, tugu yang menyala diterangi lampu gemerlam disertai air mancur cantik tersebut menjadi salah satu wisata malam sekaligus areal hangout pilihan warga Jambi karena dapat dinikmati secara gratis tanpa membayar retribusi sama sekali.