Penyebab dan Cara Menjaga Jantung Agar Lebih Sehat

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang harus dijaga kesehatannya karena jika tidak maka jantung anda akan mengalami gangguan. Penyakit jantung sendiri juga menjadi salah satu penyakit yang ditakutkan oleh banyak. Serangan jantung tersebut bisa muncul apabila pasukan darah untuk menuju jantung terhambat.

Penyebab Penyakit Jantung

Penyebab Penyakit Jantung 300x266 » Penyebab dan Cara Menjaga Jantung Agar Lebih Sehat
Adapun beberapa penyebab penyakit jantung bisa muncul sehingga menyebabkan rasa sesak nafas nyeri pada bagian tubuh seseorang bahkan seseorang yang terkena serangan jantung akan mengalami pusing yang berlebihan. Berikut ini beberapa penyebab jantung bisa muncul :
1. Seseorang yang memiliki kebiasaan merokok lebih rentan terkena penyakit jantung.
2. Seseorang yang telah memiliki riwayat penyakit diabetes di mana Penyakit ini menjadi salah satu penyebab gangguan pada jantung.
3. Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi.
4. Tekanan darah tinggi pada tubuh seseorang di mana ini menjadi salah satu penyebab jantung paling banyak.
5. Memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas.
6. Seseorang dengan gaya hidup yang kurang sehat seperti kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.

Ada beberapa cara yang dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung Seperti mencegah penyakit ini agar tidak terjadi. Agar anda terhindar dari penyakit jantung maka terapkanlah langkah-langkah berikut ini untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Kiat Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Memiliki jantung yang sehat tentu merupakan keinginan oleh banyak orang. Tetapi tidak sedikit pula orang yang meremehkan dengan tidak menjaga kesehatan jantung mereka dengan baik. Oleh sebab itu untuk mencegah penyakit ini muncul maka lebih baik segera mengubah pola hidup anda lebih sehat mulai dari sekarang.

1. Menjauhi Kebiasaan Merokok
1. Menjauhi kebiasaan merokok 300x200 » Penyebab dan Cara Menjaga Jantung Agar Lebih Sehat
Seharusnya anda sudah tahu apabila rokok menjadi salah satu penyebab banyaknya penyakit bisa menyerang tubuh anda termasuk dengan penyakit jantung. Oleh sebab itu mulai dari sekarang juga Anda harus menghindari kebiasaan merokok anda.

Hal ini bukan tanpa sebab karena bahan kimia yang terdapat pada tembakau ternyata mampu merusak kinerja jantung dan pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan terjadinya penyempitan arteri yang menyebabkan adanya penumpukan plak.

2. Rajin Berolahraga
2. Rajin Berolahraga 300x200 » Penyebab dan Cara Menjaga Jantung Agar Lebih Sehat
Jika selama ini anda memiliki atau jarang sekali berolahraga dan melakukan kegiatan fisik lainnya maka mulai dari sekarang Anda harus segera rajin berolahraga. Dengan rajin berolahraga maka berat badan Anda akan terkontrol sehingga mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Anda bisa melakukan olahraga ringan setiap hari seperti berjalan kaki ataupun bersepeda. Anda bisa mengatur jadwal olahraga anda dengan baik dan rutin.

3. Konsumsi Makanan Sehat
3. konsumsi makanan sehat 300x179 » Penyebab dan Cara Menjaga Jantung Agar Lebih Sehat
Penyebab lainnya penyakit jantung bisa muncul karena kurang pengawasan pada makanan yang dikonsumsi. Junk food mungkin menjadi salah satu makanan yang paling digemari oleh banyak orang tetapi jenis makanan ini mengandung lemak yang cukup tinggi yang akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Agar terhindar dari penyakit jantung maka mulai sekarang anda bisa mengkonsumsi makanan makanan yang baik untuk tubuh seperti buah biji-bijian dan sayuran. Anda juga bisa menghindari makanan yang mengandung gula dan garam yang cukup tinggi.

4. Berat Badan Yang Tetap Terjaga
4. Berat badan tetap terjaga 300x225 » Penyebab dan Cara Menjaga Jantung Agar Lebih Sehat
Selain itu menjaga berat badan juga menjadi hal yang penting yang harus Anda terapkan agar terhindar dari penyakit jantung. Anda bisa menghindari jenis makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi karena kandungan ini akan meningkatkan berat badan Anda lebih cepat.

Selain itu Anda juga harus mendapatkan tidur yang berkualitas dan cukup karena dengan tidur cukup anda bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih bagus. Anda juga harus pandai dalam mengelola stress dan tetap menjaga tekanan darah agar tetap stabil.