Penjelasan Ilmiah Kita Gampang Lupa Nama Orang, Tidak Bisa Ingat Sekali Jumpa Cuma Ingat Wajahnya

Semakin beranjak dewasa pada umumnya kualitas ingatan manusia semakin berkurang, walaupun tetap berbeda-beda kapan terjadinya. Padahal disaat sudah memasuki masa dewasa justru semakin banyak berbagai hal penting yang harus diingat, contohnya saja seperti nama-nama orang.

Setiap hari kita selalu berjumpa dengan kenalan baru, apalagi ketika masa memulai hidup yang baru seperti hari pertama bekerja, sekolah, kuliah, pindah daerah, dll. Tentu saja kita dibuat kewalahan ketika harus mengingat nama-nama orang yang sangat banyak dalam waktu 1 hari.
Penjelasan Ilmiah Kita Gampang Lupa Nama Orang Tidak Bisa Ingat 300x176 » Penjelasan Ilmiah Kita Gampang Lupa Nama Orang, Tidak Bisa Ingat Sekali Jumpa Cuma Ingat Wajahnya
Tak jarang juga kita selalu lupa dengan nama kenalan baru, malu rasanya ketika kita mencoba menanyakan lagi nama mereka karena terkesan tidak perhatian. Apalagi ketika kenalan tersebut sudah ingat nama kita dan sering tegur sapa dengan ramah, rasanya kayak bersalah banget.

Namun, menurut Dr. Jared Brosch, Neurologis dari IU Health Tells Bustle menyatakan jika kemampuan orang itu berbeda-beda, ada yang merasa mudah melakukannya ada yang tidak. Ini sama seperti ada orang yang sangat baik dalam kemampuan mengingat rute jalan, tapi ada juga yang sudah nyasar di sekitar daerah komplek rumahnya sendiri.

Dengan kata lain, kesulitan dalam mengingat nama bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Rupanya ada beberapa faktor mengapa hal tersebut bisa terjadi yang rupanya bukan karena ingatan saja tapi psikologis.

6 Hal yang Menjadi Faktor Sulit Sekali Mengingat Nama Orang

6 hal yang menjadi faktor 300x199 » Penjelasan Ilmiah Kita Gampang Lupa Nama Orang, Tidak Bisa Ingat Sekali Jumpa Cuma Ingat Wajahnya

1. Kurang fokus
Padahal ketika berkenalan, kamu sudah merasa memberikan perhatian pada orang tersebut, dimulai dari tegur sapa, bersalaman, tatap mata, hingga berbincang ringan, tapi kadang otak cenderung lebih dominan mengandalkan insting visual dibandingkan pendengaran. Hal inilah yang membuat biasanya kita sering mengalami “ingat wajah tapi lupa nama”.

2. Kamu tidak tertarik dengan orang tersebut
Pernah gak sih ketika kamu bertemu seseorang yang menarik perhatian dan elok rupa, pastilah kamu akan penasaran ingin tahu siapa Namanya. Lalu anda langsung ingat nama orang tersebut dalam sekejab. Berbeda dengan orang-orang random yang kamu temui hanya sekali pada rapat, tentu mendengar namanya pun bahkan tidak masuk telinga kiri kanan sama sekali. Intinya ukuran ketertarikan kamu pada seseorang menjadi penentu apakah kamu dapat langsung mengingat namanya atau tidak.

3. Nama orang itu terlalu umum atau bahkan terlalu rumit
Sebetulnya faktor ini ya gimana orangnya sih. Kadang ada tipe orang yang kalau dengar nama yang mainstream justru langsung cepat lupa karena sudah banyak yang pakai nama tersebut. Tapi di sisi lain nama yang pelafalannya sulit, aneh, rumit, juga bisa bikin kita sulit ingat namanya.

4. Kurang tidur
Kualitas tidur sangat memengaruhi kualitas daya ingat dan kemampuan kamu untuk fokus. Jadi ya kalau kamu kurang tidur justru bukan hanya nama orang saja yang mudah lupa tapi memberi pengaruh buruk pada berbagai aktivitas dan pekerjaan kamu sehari-hari. Jadi kontrolah waktu tidurmu.

5. Otakmu Sibuk
Menurut Klapow, “ kita memiliki berbagai hal dalam pikiran sehingga akibatnya nama seseorang tidak memiliki cukup ruang untuk disimpan pada ingatan.” Apalagi bila didukung oleh faktor nama 2, anda sama sekali tidak tertarik pada orang tersebut.

6. Kamu orangnya kurang detail
Kadang sering sekali ada seseorang yang sering lupa akan hal-hal kecil. Biasanya kebiasaan lupa ada nama orang adalah indikasi kalau kamu memang selalu lupa akan intruksi kecil pada otak, misalnya saja jangankan mengingat nama, kamu bahkan sering lupa kapan terakhir kali menyimpan barang.