Pahami Jenis Kerah Baju yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Baju bukan hanya sarana untuk bergaya, karena baju juga bisa digunakan untuk menyamarkan bentuk tubuh. Ketika hendak membeli baju, biasanya orang-orang suka memperhatikan bentuk dan modelnya, tetapi sering lupa dengan bagian kerahnya. Apa ini adalah suatu hal yang penting?

Tentu saja, karena bagian kerah ini juga bisa berpengaruh terhadap keseimbangan bentuk tubuh. Makanya, sebelum Anda memutuskan untuk membeli baju tertentu, sebaiknya ketahui dulu jenis-jenis kerah baju yang sesuai dengan berbagai bentuk tubuh, antara lain:

1. Turtle Neck
1. Turtle Neck 188x300 » Pahami Jenis Kerah Baju yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh
Turtle Neck adalah kerah yang bentuknya menutupi semua bagian leher. Jenis kerah ini cocok bila dikenakan oleh orang-orang yang tubuhnya tinggi kurus dan lehernya jenjang, karena kerah ini bisa membuat leher pemakainya tampak tenggelam.

Kalau Anda memiliki bentuk tubuh dan leher yang demikian, dan Anda ingin mengenakan kerah jenis yang pertama ini, sebaiknya berikan ruang diantara leher serta dagu supaya tidak terkesan mengambang ya.

2. Boat Neck
2. Boat Neck 210x300 » Pahami Jenis Kerah Baju yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh
Berbanding terbalik dengan jenis yang pertama, kerah jenis yang kedua ini bisa membantu menyeimbangkan proporsi tubuh dengan cara menambah ukuran bahu. Bentuk kerah ini berupa garis horizontal yang seolah menghubungkan kedua bahu.

Boat Neck bisa membantu bagian dada pemakainya supaya tampak lebih terisi. Model baju yang seperti ini juga sekalian bisa menyamarkan bentuk lengan yang besar.

3. Sweetheart Neck
3. Sweetheart Neck 235x300 » Pahami Jenis Kerah Baju yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh
Bentuk kerah jenis ketiga ini melengkung layaknya bentuk hati. Lengkungan ini bisa mengikuti bentuk payudara sehingga tampak membagi dada menjadi 2 yakni kiri dan kanan. Jenis kerah ini bisa membuat pemakainya tampak cantik, seksi dan feminim, sehingga tidak heran bila banyak ditemukan dalam busana pesta.

4. V Neck
4. V Neck » Pahami Jenis Kerah Baju yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh
V Neck biasanya banyak disarankan untuk orang-orang yang ingin tampak kurus atau tinggi. Jenis kerah ini memang bisa membuat perhatian jadi lebih terfokus ke tubuh bagian bawah sehingga orang-orang jadi tidak melihat bagian wajah serta leher yang lebih berisi.

5. Jewel Neck
5. Jewel Neck 200x300 » Pahami Jenis Kerah Baju yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh
Jenis kerah yang kelima adalah Jewel Neck yang memiliki bentuk bulat di sepanjang bahu. Bulatnya ini adalah bulat biasa dan terkadang disertai oleh kancing di bagian belakangnya. Kerah ini lebih cocok dikenakan oleh orang-orang yang lehernya kecil.

6. Crew Neck
6. Crew Neck 300x300 » Pahami Jenis Kerah Baju yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh
Kalau jenis kerah yang ini, bentuknya juga lingkaran tetapi agak erat di area leher. Bagusnya, baju dengan kerah ini dipakai oleh orang-orang yang bagian lehernya panjang, karena kerah ini bisa menciptakan ilusi yang seolah leher menjadi lebih pendek.

Sebaiknya pilih baju dengan kerah demikian yang bagian klavikula-nya atau perpotongan antara lengan dan tulang bahu-nya pas. Jangan terlalu kedodoran ataupun naik. Meski kerah ini cenderung lebih menutupi bagian tubuh dibandingkan dengan garis leher, tetapi kerah ini bisa membantu payudara tampak lebih besar.

7. Scoop Neck
7. Scoop Neck » Pahami Jenis Kerah Baju yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh
Jenis kerah yang selanjutnya adalah scoop neck. Kerah ini patut diperhatikan oleh orang-orang yang bentuk tubuhnya seperti buah pir. Bentuknya melengkung layaknya huruf U dan bisa membuat leher tampak lebih bulat sehingga tubuh juga tampak lebih padat dan berisi.

8. Square Neck
8. Square Neck 300x300 » Pahami Jenis Kerah Baju yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh
Sesuai dengan namanya, kerah ini memiliki bentuk seperti kotak, dimana di bagian kiri dan kanannya membentuk sudut siku-siku. Biasanya, kerah ini sering terdapat pada busana yang bertali, dan mampu membantu area bahu dan dada tampak lebih lebar. Alhasil kerah ini cocok dikenakan oleh orang-orang yang bentuk tubuhnya seperti segitiga.

Setelah mengetahui berbagai jenis kerah di atas, sekarang Anda jadi semakin yakin bukan, bahwa bagian yang tampak sepele ini juga perlu diperhatikan?