Nikmati Surganya Wisata Pantai di Yogyakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan

Yogyakarta terkenal dengan tawaran wisatanya dari berbagai aspek, seperti wisata edukasi, wisata kuliner, wisata belanja, wisata budaya, serta wisata alamnya yang indah. Berbicara mengenai wisata alamnya, Yogya memiliki pantai-pantai yang begitu indah dan sayang kalau Anda lewatkan. Selain indah, tentu pantai-pantai tersebut memiliki ciri khasnya sendiri untuk menarik perhatian para wisatawan. Lalu, apa saja sih wisata pantai di Yogyakarta yang bisa Anda nikmati?

1. Pantai Sadranan
Pesona Pantai Sadranan Gunung Kidul yang sangat indah 300x300 » Nikmati Surganya Wisata Pantai di Yogyakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan
Salah satu wisata pantai di Yogyakarta yang tergolong tersembunyi dan masih jarang dikunjungi orang adalah Pantai Sadranan. Pantai ini menyimpan pemandangannya yang begitu indah dan setiap orang yang berkunjung ke pantai ini pasti tidak akan pernah bosan untuk mengunjunginya lagi.

Pasirnya yang begitu putih dan bersih disertai air lautnya yang begitu biru dan jernih tentu membuat siapapun melihatnya akan terpesona. Ombaknya yang begitu tenang pun akan sangat cocok untuk menjadi tempat bermain bagi anak-anak yang masih sangat kecil.

Anda juga bisa melakukan snorkeling untuk melihat lebih jelas kehidupan bawah lautnya yang cantik di temani ikan-ikan yang berenang-renang bebas. Anda yang tidak membawa perlengkapan snorkeling bisa saja menyewanya dengan membayar sewa Rp 35.000. Sedangkan untuk harga tiket masuknya sebesar Rp 10.000 untuk 1 orang.

2. Pantai Indrayanti
Menikmati pesona Pantai Indrayanti di jogja 300x201 » Nikmati Surganya Wisata Pantai di Yogyakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan
Pantai yang menjadi daya tarik wisatawan lainnya adalah Pantai Indrayanti. Pantai yang juga dikenal sebagai Panjang Syawal ini memiliki pemandangan yang tidak kalah keren dengan pantai di Jogja lainnya. Pasirnya yang putih membentang luas di sepanjang pantai disertai air lautnya yang berwarna biru cantik.

Sebagai tempat wisata pantai di Yogyakarta yang populer, Pantai Indrayanti juga menyediakan beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk istirahat santai sambil ditemani anginnya yang semilir serta suara deburan ombak yang tidak begitu kuat.

Destinasi wisata ini akan sangat cocok untuk para pasangan muda yang ingin menikmati indahnya pantai hanya berdua saja. Di sisi lain, harga tiket untuk masuk ke pantai ini juga sangat terjangkau, yakni hanya Rp 10.000 untuk 1 orang.

3. Pantai Timang
Pantai Timang yang menawarkan wahana uji nyali menyeberang deburan ombak 300x169 » Nikmati Surganya Wisata Pantai di Yogyakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan
Kebanyakan pantai menawarkan pesona pantainya untuk duduk bersantai atau bermain-main air di bibir pantai. Namun siapa sangka kalau wisata pantai di Yogyakarta bisa menjadi tempat untuk uji adrenalin para pengunjung, seperti di Pantai Timang.

Di pantai ini, para pengunjung bisa mencoba sensasi menyeberangi air laut yang berombak besar untuk menuju ke sebuah pulau, yakni Pulau Watu Panjang. Para pengunjung yang menyeberanginya hanya menggunakan sebuah kereta gantung terbuka dan hanya bisa membawa 1 orang saja.

Apalagi jarak kereta gantung dengan permukaan lautnya berjarak 100 m dan pengunjung yang menaikinya akan diterpa angin yang sangat kencang yang akan membuat kereta gantung bergoyang-goyang tak menentu. Karena keunikan wahana ini, salah satu program acara terkenal asal Korea Selatan, Running Man pun sampai mencobanya.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Timang, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja. Sangat murah, bukan?

4. Pantai Wediombo
Adanya laguna alami di Pantai Wediombo 300x217 » Nikmati Surganya Wisata Pantai di Yogyakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan
Salah satu wisata pantai di Yogyakarta yang terbilang sangat unik lainnya adalah Pantai Wediombo. Kenapa sangat unik? Tentu saja karena di pantai memiliki sebuah laguan alami yang sangat landai dan luas. Apalagi tidak ada pantai lain yang memiliki laguna alami seluas Pantai Wediombo. Tentu hal tersebut menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Di laguna tersebut, Anda bisa berenang bebas tanpa adanya takut diseret oleh ombak-ombak. Namun, Anda juga harus tetap berhati-hati, karena laguna tersebut bisa berbahaya kalau air lautnya pasang. Untuk memasuki kawasan pantai ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja per orangnya.

Itu dia 4 wisata pantai di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi di kesempatan yang datang. Tidak ada salahnya Anda sejenak melepas lelah di pantai daripada berada dikeramaian tengah kota terus-menerus, bukan?