Mitos dan Fakta Kesehatan yang Sering Kita Dengar

Kita terkadang mendengar berbagai macam pembicaraan mengenai kesehatan yang belum tentu itu benar atau salah, apalagi pembicaraan tersebut bukan berasal dari dokter. Dengan mendengar hal itu, tentu Anda mulai bertanya-tanya apakah hal tersebut benar atau hanya mitos belaka. Untuk mengetahuinya, simak ulasannya berikut ini agar Anda tidak salah lagi, ya.

1. Orang banyak makan tapi tetap kurus pasti memiliki usus yang sangat pendek

Kenapa orang sudah makan banyak tapi masih tetap kurus 300x225 » Mitos dan Fakta Kesehatan yang Sering Kita Dengar
Mungkin hal ini sering Anda dengar atau pengalaman dari teman Anda sendiri yang sudah banyak makan tapi masih saja tetap kurus yang mengatakan memiliki usus yang pendek. Sebernarnya hal ini bukanlah mitos tapi merupakan salah satu fakta kesehatan yang cukup mengejutkan.

Memang apa hubungannya usus pendek ataupun panjang dengan orang banyak makan tapi kurus? Meskipun terdengar aneh, tapi hal tersebut benar-benar sangat berhubungan. Semakin panjang usus yang Anda miliki, maka semakin luas pula bagian tubuh yang melakukan proses penyerapan nutrisi. Bisa dikatakan, jika Anda memiliki usus yang pendek, maka proses penyerapan nutrisinya juga akan semakin pendek dan langsung menuju proses defekasi (BAB).

Maka tidak heran, kalau orang-orang yang menjalani diet ketat ingin sekali memiliki usus pendek dan rela melakukan operasi pemotongan usus. Tapi, jangan sekali-sekali mencoba melakukan pemotongan usus, ya, karena Anda bisa melakukan diet dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berserat cukup.

2. Sudah makan banyak tapi tetap kurus apakah akibat cacingan?
Apakah orang yang makan banyak tapi tetap kurus karena cacingan 300x176 » Mitos dan Fakta Kesehatan yang Sering Kita Dengar

Hal satu ini sudah pasti tidak asing Anda dengar, bukan? Mungkin keluarga, teman, atau bahkan Anda sendiri pasti ada yang mengalami hal ini. Untuk sebagian orang, makan banyak tapi tetap kurus adalah idaman. Tapi untuk orang-orang yang mengalami hal ini mungkin saja ingin sekali gemuk dan takut apakah ada terjadi sesuatu dengan kesehatannya.

Bisa dikatakan mungkin karena masalah cacingan. Kalau memang benar masalah cacingan, Anda bisa mengkonsumsi obat cacing untuk beberapa hari. Jika hal ini masih terjadi pada Anda dalma kurun waktu yang lama dan Anda takut terjadi apa-apa dengan kesehatan Anda, lebih baik periksa ke dokter.

Kenapa harus ke dokter? Itu karena ada beberapa penyakit tertentu yang memiliki gejala makan banyak tapi masih saja tetap kurus. Karena itulah, Anda harus memeriksa kesehatan Anda jika Anda takut terjadi pada tubuh Anda.

3. Mencuci beras harus benar-benar bersih

Jangan mencuci beras terlalu banyak agar kandungan vitaminnya tidak hilang 300x199 » Mitos dan Fakta Kesehatan yang Sering Kita Dengar

Hal ini pasti juga tidak asing bagi Anda yang sering memasak nasi, bukan? Banyak yang mengatakan kalau mencuci beras harus benar-benar bersih, karena beras sangatlah kotor, apalagi yang berasal langsung dari pengolahannya. Namun, pernyataan tersebut sangatlah salah. Jika Anda mencuci berasnya hingga air pencuciannya berwarna putih bersih, maka vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam beras juga akan ikut larut.

Anda tidak akan mendapatkan Vitamin B jika Anda mencucinya benar-benar bersih. Lebih baik cucilah beras hanya sampai 2 kali saja, ya.

4. Makanan gosong lebih enak

Meskipun enak tapi hindari saja makanan gosong karena mudah memicu kanker 300x180 » Mitos dan Fakta Kesehatan yang Sering Kita Dengar

Apakah Anda orang menyukai makanan yang gosong, seperti roti bakar yang dibakar hingga berwarna cukup hitam atau bahkan sampai benar-benar hitam? Kalau Anda menyukainya, sebaiknya kurangi makanan gosong tersebut atau kalau bisa jangan lagi mengkonsumsinya. Memang untuk sebagian orang makanan gosong pada roti bakar lebih enak, karena terasa crispy dan kering.

Tapi, hal tersebut sangatlah tidak baik untuk kesehatan Anda karena bisa memicu terjadinya kanker dalam tubuh. Dalam lapisan gosongnya, terdapat zat benzema yang memicu kanker dalam tubuh, terutama kanker lambung dan kanker usus. Kalau Anda membakarnya, lebih baik cukup sampai matang saja dan jangan sampai berwarna hitam, ya.

Itulah 4 mitos dan fakta mengenai kesehatan yang terkadang kita salah artikan. Dengan mengetahui fakta-faktanya, Anda sudah tidak salah lagi beranggapan.