Miliki Pola Hidup Sehat di Tengah Jadwal yang Padat

Manusia terlahir untuk melakukan banyak kegiatan yang sekiranya bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Kegiatan yang harus dilakukan bisa berupa pekerjaan sehingga mendapat gaji atau upah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagi anak-anak atau manusia yang belum memasuki usia kerja, kegiatan bermanfaat yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan aktif mengikuti aktivitas di sekolah dan pekerjaan sejenis lainnya.

Sudah merupakan ha yang wajar bila manusia selalu ingin hidup sehat agar semua kegiatan yang sudah dijadwalkan bisa terlaksana dengan baik. Ada banyak sekali cara untuk mendapat kehidupan yang sehat. Memiliki hidup yang sehat terlebih dahulu berasal dari tubuh. Pepatah “Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat” merupakan hal yang harus selalu dijadikan panutan agar hidup semakin menyenangkan. Di bawah ini ada beberapa hal yang baik dilakukan untuk mendapat kesehatan jiwa dan raga.

1. Rajin minum air putih
1. Rajin minum air putih 300x196 » Miliki Pola Hidup Sehat di Tengah Jadwal yang Padat
2/3 bagian planet bumi terdiri dari air. Begitu pula dengan manusia, sebagian besar zat yang menjaga keseimbangan tubuh adalah air. Memenuhi kebutuhan air dengan rajin mengonsumsi air putih merupakan hal tepat yang harus dilakukan. Beberapa dari kita mungkin ada yang merasa belum terbiasa untuk selalu mengonsumsi air putih, tapi hal tersebut harus segera diatasi

Hal yang bisa dilakukan untuk memiliki kebiasaan mengonsumsi air putih adalah dengan melakukan permainan yang dilakukan bersama dengan diri sendiri. Buatlah komitmen dengan diri sendiri berupa selalu meminum satu gelas air satu jam. Akan lebih baik bila frekuensi meminum segelas air ditambah dari waktu ke waktu. Hal yang terpenting adalah tubuh tetap mendapat cairan sehingga tidak mengalami dehidrasi.

2. Memiliki waktu cukup untuk istirahat
2. Memiliki waktu cukup untuk istirahat 300x176 » Miliki Pola Hidup Sehat di Tengah Jadwal yang Padat
Waktu beristirahat adalah waktu yang paling penting untuk tubuh. Saat beristirahat, tubuh akan kembali mengisi daya sehingga kembali siap untuk digunakan beraktivitas keeseokan harinya. Istirahat yang cukup tidak hanya didapat dari tidur malam. Menurut banyak penelitian, tidur siang yang berkualitas juga bisa meningkatkan performa kerja seseorang.

3. Luangkan waktu untuk berolah raga
3. Luangkan waktu untuk berolah raga 300x200 » Miliki Pola Hidup Sehat di Tengah Jadwal yang Padat
Selain beristirahat, tubuh juga memerlukan waktu untuk berolah raga. Olah raga akan melatih tubuh untuk tetap bugar sehingga banyaknya kegiatan tidak akan memengaruhi kesehatannya. Ada banyak sekali pilihan olah raga yang bisa dilakukan. Bila jadwal yang dimiliki benar-benar sibuk, jogging adalah olah raga tepat yang bisa dilakukan.

4. Penuhi kebutuhan serat
4. Penuhi kebutuhan serat 300x199 » Miliki Pola Hidup Sehat di Tengah Jadwal yang Padat
Selain air putih yang digunakan untuk memenuhi cairan tubuh, buah dan sayur juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan serat. Serat berfungsi untuk memperlancar pencernaan. Pencernaan yang baik bisa terlihat dari feses yang dikeluarkan tubuh setiap harinya. Bila pencernaan baik, tentu saja bentuk dan warna feses juga akan menunjukkan kondisi yang demikian. Bila feses yang dikeluarkan berbentuk dan berwarna tidak wajar, sekiranya ada hal tidak wajar yang terjadi sehingga harus segera diberi penanganan, salah satunya adalah dengan memperbanyak serat.

5. Selalu cari kebahagiaan
5. Selalu cari kebahagiaan 300x140 » Miliki Pola Hidup Sehat di Tengah Jadwal yang Padat
Kebahagiaan merupakan salah satu hal penting yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Bila bahagia, dimungkinkan kesehatan tubuh yang dimiliki juga demikian. Selalu isi lingkungan dimana anda tinggal dengan orang-orang positif yang dapat menularkan kebahagiaan dan kebaikan. Beri makanan untuk jiwa dengan kebaikan sehingga tubuh akan selalu sehat.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan untuk mendapat tubuh yang sehat. Bila tubuh sebagai transportasi utama melakukan banyak kegiatan dalam kondisi yang sehat dan bugar, aktivitas yang akan dikerjakan semakin lancar untuk diselesaikan.