Meriahnya Mengunjungi Wisata Alam di Jawa Timur

Berjalan menuju bagian timur Pulau Jawa Indonesia sangatlah menyenangkan. Ada banyak tempat wisata yang tersedia dan cukup terkenal, sehingga fasilitas yang disediakan pun sangat memudahkan pengunjung. Entah tempat wisata buatan ataupun wisata alam, semuanya dikelola dengan baik. Di bawah ini ada beberapa tempat wisata alam yang bisa dikunjungi ketika datang ke Jawa Timur.

1. Gunung Bromo
1. gunung bromo 300x169 » Meriahnya Mengunjungi Wisata Alam di Jawa Timur
Pendakian sebuah gunung rasanya sudah bisa didengar dan dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu gunung yang sering didaki adalah Gunung Bromo. Gunung ini menawarkan banyak sekali keindahan yang bisa dilihat oleh pengunjung. Apalagi ketika sunrise datang, pemandangan akan terlihat sangat menakjubkan. Harga tiket masuk di Gunung Bromo yaitu 27.500 saat hari biasa dan 32.500 ketika hari libur.

2. Kawah Ijen
2. kawah ijen 300x151 » Meriahnya Mengunjungi Wisata Alam di Jawa Timur
Masih sama seperti Gunung Bromo, untuk menikmati keindahan Kawah Ijen pengunjung diharuskan mendaki Gunung Ijen terlebih dahulu. Kawah ini berada di Kabupaten Banyuwangi. Pengunjung bisa menikmati fenomena blue fire yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Untuk menikmati hal tersebut pengunjung diwajibkan membayar sebesar 5 ribu rupiah ketika hari biasa dan 7.500 ketika hari libur.

3. Air Terjun Madakaripiro
3. Air Terjun Madakaripura 300x300 » Meriahnya Mengunjungi Wisata Alam di Jawa Timur
Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun dan hijaunya alam yang mengelilinginya. Kesegaran dan kesejukan akan terasa di tempat wisata alam ini. Lelah akibat aktivitas di hari sebelum berwisata akan langsung hilang. Wisata alam yang berada di Purbolinggo ini hanya mematok harga tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah.

4. Taman Baluran
4. taman baluran 300x201 » Meriahnya Mengunjungi Wisata Alam di Jawa Timur
Bila pengunjung ingin merasakan sensasi berlibur di Afrika Selatan, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi Taman Nasional Baluran. Taman ini merupakan savana terluas di Jawa Tengah. Berbagai macam satwa bisa ditemui di savana tersebut. Saat hari biasa pengunjung domestik hanya dikenai tarif 15 ribu rupiah. Sementara ketika hari libur tiba harga tiket masuk naik menjadi 17.500 rupiah.

5. Ranu Kumbolo
5. ranu kumbolo 300x178 » Meriahnya Mengunjungi Wisata Alam di Jawa Timur
Masih berada di kawasan Gunung Bromo, pengunjung harus memiliki stamina yang cukup sehat untuk bisa sampai di danau cantik ini. Ranu Kumbolo terkenal karena keindahannya. Untuk mencapai Ranu Kumbolo pengunjung harus melewati jalanan pegunungan selama kurang lebih 4 jam. Harga tiket masuk saat hari biasa yaitu 27.500 rupiah, sedangkan untuk hari libur 32.500 rupiah.

6. Songa Rafting
6. songa rafting 300x149 » Meriahnya Mengunjungi Wisata Alam di Jawa Timur
Selain mendaki gunung, olah raga lain yang memacu adrenalin bisa ditemukan di aliran sungai. Arung jeram merupakan olah raga yang sudah biasa dilakukan oleh banyak orang. Salah satu lokasi arung jeram bisa ditemui di Songa Rafting yang berada di Kabupaten Probolinggo atau tepatnya di Jalan Krajan Condong, Wangkal, Gending. Sungai yang digunakan untuk melakukan olah raga ini adalah Sungai Pekalen. Durasi yang digunakan untuk melakukan rafting yaitu selama kurang lebih 2 jam dengan membayar uang sebesar 260 ribu rupiah per orang.

7. Telaga Sarangan
7. telaga sarangan 300x198 » Meriahnya Mengunjungi Wisata Alam di Jawa Timur
Sejuknya daerah kaki Gunung Lawu bisa dinikmati dengan mengunjungi Telaga Sarangan yang berada di Kabupaten Magetan. Berbagai macam fasilitas bisa dicoba seperti menaiki perahu di tempat wisata alam ini. Selain itu ada makanan terkenal yang patut dicoba yaitu Sate Kelinci. Untuk bisa menikmati itu semua pengunjung diwajibkan membayar harga tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 15 ribu rupiah untuk anak-anak.

8. Coban Rondo
8. coban rondo 300x200 » Meriahnya Mengunjungi Wisata Alam di Jawa Timur
Air terjun yang dikelilingi oleh tumbuhan hijau selalu menyegarkan untuk dinikmati. Hal tersebut bisa ditemukan di Coban Rondo yang berada di Kabupaten Malang. Selain air terjun, ada pula labirin yang menantang pengunjung agar bisa keluar dari sana. Harga tiket masuk yang harus dibayar yaitu 15 ribu rupiah ketika hari biasa dan 18 ribu rupiah ketika hari libur tiba.