Menjelajah Wisata Pantai di Bengkulu Paling Cantik dan Indah

Dibandingkan destinasi wisata modern, Bengkulu terkenal memiliki lebih banyak wisata alam berupa air terjun, pantai, dan danau. Khusus untuk wisata pantainya, Bengkulu memiliki banyak areal pantai potensial yang kemudian dieksplorasi untuk menggantikan peran hiburan wisata modern sekaligus menjadikannya daya tarik utama pariwisata Bengkulu sebagaimana dijabarkan dalam artikel berikut ini.

Pantai Panjang
Pantai Panjang 1 300x183 » Menjelajah Wisata Pantai di Bengkulu Paling Cantik dan Indah
Pantai yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama sepuluh menit dari jantung kota Bengkulu ini merupakan pengganti fungsi taman kota. Di sini merupakan pusat aktivitas publik yang dapat diakses gratis oleh pengunjung dan dilengkapi oleh berbagai fasilitas seperti jogging track, taman bermain anak, kafe, wahana air dan masih banyak lagi.

Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi 1 300x200 » Menjelajah Wisata Pantai di Bengkulu Paling Cantik dan Indah
Tidak terlalu jauh dari Pantai Panjang, terdapat Pantai Tapak Paderi yang menawarkan suasana lebih tenang dengan panorama tidak kalah indah, terutama saat matahari tenggelam. Tidak dibebankan retribusi apa pun bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai ini, kecuali jika mereka ingin menaiki perahu milik nelayan yang disewakan untuk menyusuri pantai.

Pantai Teluk Sepang
Pantai Teluk Sepang 300x300 » Menjelajah Wisata Pantai di Bengkulu Paling Cantik dan Indah
Di perbatasan Kabupaten Seluma, terdapat spot surfing baru yang wajib dikunjungi untuk wisatawan pecinta salah satu olahraga air yang memacu adrenalin tersebut. Karena belum dieksplorasi secara maksimal, wisatawan pun masih dapat mengunjunginya tanpa dikenakan tarif tiket masuk, tetapi karena fasilitas pun masih minim, mereka juga harus membawa sendiri peralatan surfing.

Pantai Lais
Pantai Lais 300x158 » Menjelajah Wisata Pantai di Bengkulu Paling Cantik dan Indah
Destinasi wisata pantai gratis lainnya dari Bengkulu adalah Pantai Lais yang dinamai berdasarkan nama desa tempatnya berada. Jalanan menuju Pantai Lais sangat mudah, karena berlokasi di tepi jalan lintas Sumatera-Bengkulu sehingga wisatawan yang melintas di jalanan tersebut dapat langsung singgah di Pantai Lais yang baru populer beberapa waktu terakhir itu.

Pantai Jakat
Pantai Jakat 300x227 » Menjelajah Wisata Pantai di Bengkulu Paling Cantik dan Indah
Pantai yang tidak kalah ramai dari Pantai Panjang di pusat kota Bengkulu adalah Pantai Jakat. Pantai tersebut populer berkat kedalaman air yang relatif rendah, maksimal 1,5 meter dan dilengkapi berbagai wahana air seperti banana boat. Untuk masuk ke areal Pantai Jakat, wisatawan dibebankan tiket masuk sebesar Rp. 3.000,- per orang.

Pantai Air Rami Mukomuko
Pantai Air Rami Mukomuko 300x225 » Menjelajah Wisata Pantai di Bengkulu Paling Cantik dan Indah
Berlokasi di Kabupaten Mukomuko, pantai yang satu ini merupakan kawasan cagar alam Bengkulu dengan panorama sekitar yang dipenuhi oleh pepohonan cemara. Destinasi wisata air ini dapat dikunjungi secara cuma-cuma oleh wisatawan, tetapi dengan syarat harus menjaga kebersihan dan akan dikenakan denda oleh pengawas jika diketahui melanggar peraturan tersebut.

Pantai Way Hawang
Pantai Way Hawang 300x166 » Menjelajah Wisata Pantai di Bengkulu Paling Cantik dan Indah
Di Kabupaten Kaur, terdapat wisata pantai lain yang dapat didatangi pengunjung secara gratis, yakni Pantai Way Hawang. Ombak di sana sangat bagus sehingga cocok dijadikan sebagai lokasi untuk surfing. Pilihan hiburan lain untuk wisatawan di Pantai Way Hawang adalah berperahu sampan dayung yang disewakan oleh para nelayan lokal.

Pantai Aluran Pandan
Pantai Aluran Pandan 300x200 » Menjelajah Wisata Pantai di Bengkulu Paling Cantik dan Indah
Pantai yang satu ini masih berlokasi di Kabupaten Kaur, tepatnya di Desa Pajar Bulan. Tidak perlu membayar retribusi apa pun jika ingin mengeksplorasi pantai eksotis yang satu ini. Di sana, wisatawan dapat menyaksikan hamparan laut tenang di tepian karang di mana di sekitar banyak terdapat pepohonan kelapa yang masih hijau.

Pantai Pasir Bawah
Pantai Pasar Bawah 300x237 » Menjelajah Wisata Pantai di Bengkulu Paling Cantik dan Indah
Di daerah selatan Bengkulu, terdapat pantai pasir bawah yang dikelilingi oleh hutan mangroves, menjadikan udara di sana lebih sejuk dan air laut lebih jernih. Ditambah lagi dengan pasir pantai berwarna putih dan lembut. Hebatnya lagi, semua keindahan tersebut dapat dinikmati bahkan diabadikan secara gratis oleh wisatawan yang berkunjung.