Menjelajah Wisata Malam Andalan Sumatera Selatan

Sumatera Selatan berpusat di Kota Palembang yang dijuluki sebagai Venice of Indonesia atau Venezia dari Indonesia, mengukuhkan kekayaan destinasi wisata eksotis dari provinsi tersebut. Salah satu provinsi yang hampir tidak pernah tidur ini juga menawarkan berbagai lokasi wisata malam yang menakjubkan dan diulas secara lengkap dalam artikel berikut ini.

Jembatan Ampera & Sungai Musi
Jembatan Ampera Sungai Musi 300x200 » Menjelajah Wisata Malam Andalan Sumatera Selatan
Ampera merupakan salah satu jembatan layang tertua di Indonesia sekaligus menjadi ikon Sumatera Selatan, khususnya Palembang sebagai ibu kota. Jembatan tersebut membentang di atas Sungai Musi dan kini menjadi destinasi wisata malam terfavorit bagi warga lokal maupun para turis domestik dan asing. Jembatan Ampera tersohor hingga ke mancanegara.

Wisatawan dapat mengeksplorasi gratis pemandangan malam di jembatan yang didominasi warna merah tersebut. Jika ingin, mereka dapat mengelilingi Sungai Musi dengan menumpangi kapal wisata bertarif Rp. 20.000,- sekali jalan, atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati kuliner khas Palembang yang banyak dijajakan oleh para pedagang kaki lima di sekitar.

Kembang Iwak Family Park
Kembang Iwak Family Park 300x201 » Menjelajah Wisata Malam Andalan Sumatera Selatan
Wisata malam lain yang dapat dikunjungi secara gratis dengan fasilitas lengkap serta menyajikan panorama sangat indah adalah taman kota Kembang Iwak Family Park yang berlokasi tepat di samping rumah walikota. Di sana, wisatawan dapat menikmati air mancur di tengah danau yang dipercantik dengan lampu berpendar kehijauan serta fasilitas wifi gratis.

Bundaran Air Mancur
Bundaran Air Mancur 300x166 » Menjelajah Wisata Malam Andalan Sumatera Selatan
Tidak jauh dari Jembatan Ampera dan KIFP, terdapat destinasi wisata malam gratis lainnya di Palembang, yaitu bundaran air mancur yang tampak seperti versi mini dari Bundaran HI. Pendar hijau keunguan di bundaran tersebut dapat dinikmati maupun diabadikan oleh wisatawan. Jika lapar, banyak pula pedagang angkringan siap dengan menu murah meriahnya.

Gedung Walikota Palembang
Gedung Walikota Palembang 300x200 » Menjelajah Wisata Malam Andalan Sumatera Selatan
Terlepas dari statusnya sebagai kantor orang nomor satu di Palembang, gedung ini dimanfaatkan sebagai destinasi wisata malam di mana sedang tidak digunakan sebagai operasional kerja. Pemandangan jantung kota di malam hari tampak jelas dari puncak gedung ini. Hebatnya lagi, pemerintah kota tidak menetapkan retribusi sepeserpun bagi wisatawan yang datang.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin 300x190 » Menjelajah Wisata Malam Andalan Sumatera Selatan
Masjid agung Palembang ini juga menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat malam tiba karena tempaan cahaya lampu menyinari bangunan dan menghasilkan panorama memukau yang dapat dinikmati secara gratis. Masjid ini sendiri memang memiliki keunikan berkat desainnya yang dipengaruhi tiga budaya sekaligus, yakni Indonesia, Eropa, dan juga Cina.

Kampung Kapitan
Kampung Kapitan 300x124 » Menjelajah Wisata Malam Andalan Sumatera Selatan
Benar bahwa kawasan ini merupakan daerah tempat tinggal penduduk. Namun, keunikan yang dimilikinya sehingga menarik wisatawan, terutama pada malam hari adalah rumah-rumah tinggal itu merupakan kombinasi desain serta kebudayan Tionghoa dengan Cina, khususnya tanah Palembang. Wisatawan tidak dipungut retribusi apa pun jika ingin mengeksplorasi setiap sudut kampung tersebut.

Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera)
Monumen Perjuangan Rakyat 300x200 » Menjelajah Wisata Malam Andalan Sumatera Selatan
Tugu peringatan masa-masa perjuangan rakyat Palembang melawan hingga berhasil mengusir penjajah tercatat singkat namun padat pada ukiran-ukiran di badan monumen ini. Orang tua acap kali mengajak anak mereka bermain Monpera saat malam dengan maksud memupuk rasa nasionalisme sedari dini. Lagi pula, tempat ini terbuka untuk umum dan tidak mematok tarif.

Bukit Serelo
Bukit Serelo 300x225 » Menjelajah Wisata Malam Andalan Sumatera Selatan
Berada di Lahat, destinasi wisata Sumatera Selatan yang satu ini paling cantik dikunjungi saat senja hingga matahari terbit tiba. Untuk masuk ke sini, wisatawan harus membayar tarif sebesar Rp. 5.000,- per orang, di mana pengunjung kemudian bebas mengeksplorasi setiap sudut bukit dan berfoto bersama sekitar 40 ekor gajah di sana.