Menilik 4 Wisata Religi di Jawa Timur Bisa Anda Kunjungi

Jawa Timur merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki banyak potensi wisatanya, baik wisata kulinernya maupun wisata alamnya. Namun siapa sangka kalau Jawa Timur juga populer dengan wisata religinya. Sebagian wisatawan pasti ingin liburan mereka juga dilengkapi dengan kegiatan spiritual, maka tidak heran kalau mereka juga mencari tempat wisata religi di Jawa Timur.

Anda penasaran dengan wisata spiritual apa saja sih yang ada di Jawa Timur? Simak beberapa ulasan tempat wisata religi di bawah ini.

1. Makam Sunan Ampel, Surabaya
Berwisata religi ke Makam Sunan Ampel di Surabaya 300x200 » Menilik 4 Wisata Religi di Jawa Timur Bisa Anda Kunjungi
Makam Sunan Ampel berada di Jl. Nyampulangan dan menjadi salah satu tempat wisata religi di Jawa Timur yang ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Kalau dilihat baik-baik pada lingkungan sekitar makam ini, ada berbagai macam suku serta budaya yang terdapat di Jawa Timur.

Maka tidak heran kalau Makam Sunan Ampel merupakan tempat wisata religi yang selalu menjaga keharmonisan semua suku dan budaya yang ada. Kalau Anda ingin berkunjung ke sini, Anda bisa menggunaka kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Untuk angkutan umum, siapkan uang transportasi sebesar Rp 7.000. Begitu pula dengan naik becak ataupun taksi yang memakan biaya sebesar Rp 8.000 hingga Rp 14.000. Memasuki kawasan ini Anda tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.

2. Masjid Sunan Ampel
Selain makamnya Masjid Sunan Ampel juga banyak dikunjungi peziarah 300x201 » Menilik 4 Wisata Religi di Jawa Timur Bisa Anda Kunjungi
Selain ke Makam Sunan Ampel, ada baiknya Anda juga berkunjung ke Masjid Sunan Ampel untuk melengkapi perjalanan religi Anda. Bangunan yang memiliki arsitektur unik ini merupakan salah satu contoh peninggalan dari zaman kerajaan Majapahit.

Anda bisa melihatnya dari ukiran kuno yang diukir di setiap tiang penyangganya. Selain ukiran-ukiran di tiang, Anda bisa melihat lambang kejayaan kerajaan Majapahit, yakni ukiran yang menyerupai bentuk matahari yang terdapat di salah satu sisi menara masjid. Anda yang ingin berkunjung ke sini sebenarnya tidak dikenakan biaya apapun. Namun, untuk menjaga kesempurnaan masjid bersejarah yang satu ini, Anda bisa membayar sukarela di kotak yang telah disediakan.

3. Makam Sunan Giri, Gresik
Salah satu sudut Makam Sunan Giri di Gresik 300x201 » Menilik 4 Wisata Religi di Jawa Timur Bisa Anda Kunjungi
Wisata religi di Jawa Timur yang menjadi destinasi populer para wisatawan selanjutnya adalah Makam Sunan Giri yang berlokasi di Gresik. Untuk mencapai ke tempat wisata ini, para wisatawan harus melewati jalur yang cukup sulit dan menempuh perjalanan yang cukup jauh, karena letaknya yang jauh dari pusat kota dan berada di puncak Bukit Giri Kedaton.

Selain itu, sesampainya di wilayah makam, para wisatawan juga harus menaiki beberapa ratus anak tangga terlebih dahulu. Tapi jangan khawatir kalau Anda kehausan dan kelelahan menaiki anak tangga tersebut, karena setelah sampai di puncaknya, di sana banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan maupun minuman.

Karena jaraknya jauh dari pusat kota dan berada di puncak bukit, maka tidak heran kalau tempat wisata ini menjadi destinasi wisata religi yang cocok untuk para wisatawan yang ingin mencari ketenangan spritual karena suasanya yang benar-benar sunyi di dalamnya. Untuk masuk ke dalam sini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis, ya. Kecuali Anda ingin ke toilet yang harus membayar Rp 3.000.

4. Kuil Kwan Sing Bio, Tuban
Gerbang Kuil Kwan Sing Bio pada saat malam hari 300x200 » Menilik 4 Wisata Religi di Jawa Timur Bisa Anda Kunjungi
Untuk Anda yang ingin mencari wisata religi di Jawa Timur yang berbeda, bisa saja berkunjung ke Kuil Kwan Sing Bio yang berada di Tuban. Di sana terdapat candi yang memiliki ukuran yang besar dan termasuk ke dalam daftar candi terbesar di Asia. Ada pula keunikan dari candi tersebut, yakni pada candi Kwan Sing Bio terdapat gerbang yang berbentuk tanduk kepiting.
Kenapa sih dibentuk menyerupai kepiting? Itu karena lambang kepiting dipercayai bisa melindungi Kaabah serta para umat-Nya dari berbagai macam kejahatan.

Itulah keempat wisata religi di Jawa Timur yang bisa menjadi referensi perjalanan spiritual Anda. Tidak ada salahnya Anda melengkapi keseruan liburan Anda sambil menambah nilai positif pada batin dan keagamaan Anda, bukan?