Menikmati Pesona Wisata Malam Sumatera Barat

Sumatera Barat yang memiliki pusat pemerintahan di Kota Padang memiliki banyak destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi, terutama pada malam hari. Wisata malam di Sumatera Barat menawarkan lokasi dan hiburan wisata yang eksotik nan indah. Berikut ini adalah ulasan destinasi wisata malam di Sumatera Barat yang paling direkomendasikan.

Jam Gadang, Bukittinggi
Jam Gadang Bukittinggi 300x200 » Menikmati Pesona Wisata Malam Sumatera Barat
Jam Gadang yang terletak di jantung Kota Bukittinggi ini telah tersohor sebagai big ben of Padang, di mana sebuah jam raksasa setinggi 26 meter berdiri dengan megahnya dan semakin cantik dengan kerlip lampu kota serta lalu lalang kendaraan, menjadikannya wisata malam tercantik yang dapat dinikmati secara gratis di Sumatera Barat.

Jembatan Siti Nurbaya, Padang
Jembatan Siti Nurbaya 300x173 » Menikmati Pesona Wisata Malam Sumatera Barat
Beralih ke Padang, terdapat wisata malam lain yang dapat dikunjungi secara gratis oleh para wisatawan, yakni Jembatan Siti Nurbaya yang dinamai berdasarkan tokoh roman populer karya penulis asal Sumatera Barat, Marah Rusli. Pada malam hari, Jembatan Siti Nurbaya diterangi oleh lampu kota dan banyak makanan ringan dijajakan yang wajib dicoba.

Panorama Sitinjau Lauik, Gunung Talang
Panorama Sitinjau Lauik 300x191 » Menikmati Pesona Wisata Malam Sumatera Barat
Di lereng Gunung Talang yang berada di perbatasan Kota Padang dengan Kota Solok, terdapat sebuah spot bernama Panorama Sitinjau Lauik yang menyajikan pemandangan malam Kota Padang diterangi cahaya lampu dan hamparan Samudera Hindia. Untuk menikmatinya, wisatawan setidaknya membeli secangkir kopi dari satu-satunya warung di sana seharga Rp. 5.000,- per gelas.

Pantai Padang
Pantai Padang 300x225 » Menikmati Pesona Wisata Malam Sumatera Barat
Wisata pantai umumnya lebih ramai di siang hari, tetapi berbeda dengan Pantai Padang (Taplau) yang merupakan salah satu wisata malam paling ramai di Sumatera Barat. Wisatawan tidak perlu membayar retribusi apa pun untuk menikmati keindahan pantai ini. Panorama matahari tenggelam adalah momen yang paling dinantikan oleh para wisatawan.

Tugu Gempa Kota Padang
Masih dari Padang, terdapat sebuah side walk yang dipenuhi stan food court dan menjadi lokasi hangout favorit anak muda di ibukota Sumatera Barat tersebut. Pengunjung tidak dikenakan tiket masuk di area yang dibangun untuk mengenang tragedi Gempa Padang 2009 ini, sedangkan untuk makanan dan minuman dibanderol mulai Rp. 10.000,- saja.

Kelenteng See Hin Kiong, Padang
Kelenteng See Hin Kiong 300x200 » Menikmati Pesona Wisata Malam Sumatera Barat
Padang tampaknya tidak henti menawarkan destinasi wisata malam yang eksotis untuk para wisatawan. Kelenteng See Hin Kiong yang merupakan kelenteng tertua di Sumatera Barat merupakan wisata malam yang menawarkan panorama ala Tiongkok berupa lampion, bangunan, ornamen, serta kuliner khas Negeri Tirai Bambu. Wisatawan dapat mengeksplorasi tiap sudut kelenteng secara gratis.

Pantai Carocok Painan
Pantai Carocok Painan 300x214 » Menikmati Pesona Wisata Malam Sumatera Barat
Jika ingin menyaksikan panorama matahari tenggelam lebih menarik dari Pantai Padang, maka Pantai Carocok Painan yang berjarak 30 kilometer dari pusat Kota Padang merupakan pilihan yang tepat. Pantai yang menawarkan hamparan langsung Samudera Hindia ini mematok tiket masuk sebesar Rp. 3.000,- per orang bagi wisatawan yang ingin mengeksplorasi keindahan panoramanya.

Ngarai Sianok, Perbatasan Bukittinggi
Ngarai Sianok 300x225 » Menikmati Pesona Wisata Malam Sumatera Barat
Tidak hanya pantai-pantai di Sumatera Barat yang menyajikan panorama matahari tenggelam yang cantik, namun juga sebuah lembah di daerah perbatasan Bukittinggi bernama Ngarai Sianok. Jalan yang curam dan berkelok menjadi tantangan tersendiri untuk sampai di tempat ini. Sedangkan untuk tiket pengunjung dibanderol sebesar Rp. 4.000,- saja per orang.

Masjid Raya Padang
Masjid Raya Padang 300x166 » Menikmati Pesona Wisata Malam Sumatera Barat
Destinasi wisata malam terakhir yang dapat dikunjungi sekaligus menjadi wisata religi adalah Masjid Raya Padang yang memiliki tampilan berbeda dengan masjid pada umumnya karena selain berlapis dengan emas, kubahnya juga dibuat menyerupai atap rumah adat Minangkabau, menjadikannya sangat unik. Wisatawan dapat berkunjung secara gratis sekaligus beribadah di masjid ini.