Mengetahui lebih Jauh Penyakit Maut Menakutkan Leukemia (Kanker Darah)

Leukemia merupakan penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi masyarakat seluruh dunia. Parahnya lagi penyebab dan gejala timbulnya Leukemia masih sulit terdeteksi dengan mudah. Bila terkena penyakit ini, pasien biasanya akan berada kondisi yang terancam dan benar-benar harus berada perawatan intensif.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, parahnya lagi leukemia sering menyerang usia anak-anak. Shakira, putri dari artis cantik Denada yang rupanya terkena penyakit mematikan ini. Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui lebih jauh Leukemia agar gejalanya bisa cepat terdeteksi dan dapat diatasi sedini mungkin.

Apa itu Leukemia?
Apa itu Leukemia 300x169 » Mengetahui lebih Jauh Penyakit Maut Menakutkan Leukemia (Kanker Darah)
Leukemia (kanker darah) adalah kelainan pada sel darah putih. Tubuh manusia selalu menghasilkan sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Sel darah putih sendiri memiliki peran paling penting untuk menjaga stabilitas tubuh dan melindungi dari berbagai infeksi dan virus yang muncul.

Bagi tubuh yang normal ketiga komponen utama ini berkembang dan terdistribusi secara seimbang, namun bagi pengidap leukemia sumsum tulang belakang yang berfungsi dalam memproduksi sel darah putih mengalami gangguan. Sumsum justru menghasilkan sel darah putih abnormal yang disebut leukemik dalam jumlah yang besar dan terus menerus.

Sel ini tidak berfungsi secara normal tapi terus meyebar mengerubungi sel yang sehat dan bahkan menyerang organ-organ vital.

Kanker darah sendiri bisa berkembang secara cepat (akut) atau perlahan (kronis). Leukemia pun terbagi menjadi 4 tipe :
– Akut Limfositik Leukemia
Jenis yang umum terjadi pada anak-anak

– Akut Mielogenous Leukemia
Jenis paling umum

– Kronik Limfositik Leukemia
Jenis yang umum terjadi pada orang dewasa

– Kronik Mielogeneous Leukimia
Memengaruhi orang dewasa

Faktor Penyebab Timbulnya Leukemia
Belum ada penjelasan yang pasti terkait mengapa manusia bisa terjangkit penyakit ini. Namun Lembaga kesehatan di seluruh dunia resmi menyetujui kemungkinan faktornya adalah sebagai berikut :

1. Merokok
Selain dapat menimbulkan risiko berbagai penyakit berbahaya yang pastinya sudah anda ketahui listnya, Leukemia pun menjadi salah satu daftar penyakit sebagai akibat merokok ini.

2. Genetik
Riwayat keluarga yang mengidap leukemia dapat memperbesar risiko mengalami penyakit yang sama. Selain itu bagi penderita gangguan genetika atau down syndrome pun memiliki risiko alami leukemia akut.

3. Pengobatan kanker
Pasien yang pernah jalani jenis kemoterapi (untuk terapi kanker sebelumnya) atau radioterapi dapat menjadi pemicu leukemia.

4. Pernah pajanan dari zat kimia dan radiasi tingkat tinggi
Misalnya seperti pernah terlibat reaktor nuklir dan terkena zat kimia contohnya seperti benzena. Namun tetap saja Leukemia bisa terkena pada orang yang tidak memiliki risiko tersebut.

Gejala Leukemia

gejala leukemia 300x194 » Mengetahui lebih Jauh Penyakit Maut Menakutkan Leukemia (Kanker Darah)
– Mengalami demam tinggi
– Kehilangan nafsu makan
– Lelah dan lemas terus-menerus
– Bercak merah pada kulit
– Mudah memar atau pendarahan pada kulit
– Menggigil
– Ngilu dan nyeri pada tulang
– Keringat berlebih dan nafas tersengal-sengal terutama saat malam hari

Pengobatan Leukemia

Mengetahui lebih Jauh Penyakit Maut Menakutkan Leukemia 300x222 » Mengetahui lebih Jauh Penyakit Maut Menakutkan Leukemia (Kanker Darah)
1. Kemoterapi
Cara ini merupakan yang paling umum dilakukan pada setiap jenis kanker, yaitu dengan membunuh sel-sel leukemia dengan bahan-bahan kimia.

2. Terapi terfokus
Untuk menyerang bagian-bagian rentan pada dalam sel kanker.

3. Terapi biologis
Untuk membantu sistem tubuh mendeteksi dan menyerang sel kanker

4. Radioterapi
Dapat dilakukan pada seluruh tubuh hingga pada area-area tertentu dengan menghancurkan sekaligus menghambat pertumbuhan sel kanker menggunakan sinar X.

5. Stem Cell
Merupakan transplantasi sel dengan mengganti sumsum tulang yang rusak dengan yang sehat. Bisa dari tubuh pendonor atau berasal dari tubuh penderita itu sendiri. Namun, sebelum dilakukan stem cell harus menjalani kemoterapi dan radioterapi terlebih dahulu.