Mengeksplorasi Eksotika Wisata Malam di Riau

Riau lebih dikenal sebagai Kota Penyeberangan karena merupakan perbatasan Indonesia dengan Malaysia dan Singapura. Namun, sebenarnya Riau sendiri menawarkan banyak destinasi wisata yang tidak kalah dengan kedua negara tetangga itu. Perkembangan potensial wisata Riau dapat ditilik dari semakin banyaknya destinasi wisata malam yang dapat dikunjungi dan diulas lengkap di sini.

Lapangan Tugu, Bengkalis
Lapangan Tugu Bengkalis 300x197 » Mengeksplorasi Eksotika Wisata Malam di Riau
Lapangan ini menggantikan fungsi alun-alun di Kota Bengkalis sebagai area terbuka untuk berinteraksi antar warga dan juga turis. Bengkalis merupakan penghasil minyak bumi, sehingga di Lapangan Tugu terdapat alat pengeboran minyak sebagai simbol. Terutama pada malam hari, Lapangan Tugu selalu ramai dikunjungi, terlebih pengunjung tidak dibebankan retribusi apa pun.

Taman Andam Dewi, Bengkalis
Taman Andam Dewi 300x191 » Mengeksplorasi Eksotika Wisata Malam di Riau
Taman yang terletak di tepi pantai ini juga berubah menjadi destinasi wisata malam favorit di Riau dengan beralihnya objek kegaguman pengunjung pada air mancur megah dengan kerlip lampu warna-warni tepat di tengah-tengah taman. Lokasinya di Bengkalis, tidak jauh dari Lapangan Tugu dan sama-sama tidak mematok tarif sama sekali pada pengunjung.

Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru
Masjid Agung An Nur Pekanbaru 300x169 » Mengeksplorasi Eksotika Wisata Malam di Riau
Dijuluki sebagai “Taj Mahal dari Riau”, Masjid Agung An-Nur tidak sekedar menjadi tempat wisata reliji, melainkan berubah menjadi destinasi wisata malam favorit di Riau, terutama saat bulan Ramadhan, sebagai tempat ngabuburit. Selain gratis dengan fasilitas free wifi, biasanya juga terdapat banyak pedagang makanan ringan di areal masjid yang luas tersebut.

Kelenteng Hoo Ann Kiong, Selatpanjang
Kelenteng Hoo Ann Kiong 300x200 » Mengeksplorasi Eksotika Wisata Malam di Riau
Jika ingin merasakan sensasi budaya dan kehidupan asli Tiongkok di Riau, maka Kelenteng Hoo Ann Kiong yang berada di Kota Selatpanjang jawabannya. Wisatawan dapat menikmati keindahan malam diterangi puluhan lampion yang tergantung di hampir setiap sudut kelenteng secara gratis, asalkan menjaga sopan santun, terutama saat berlangsung upacara sembahyang.

Taman Jalur Teluk Kuantan, Kota Teluk Kuantan
Taman Jalur Teluk Kuantan 300x225 » Mengeksplorasi Eksotika Wisata Malam di Riau
Sejak pembangunannya, areal terbuka publik Taman Jalur Teluk Kuantan ini ditujukan untuk menjadi pusat peradaban Kabupaten Kuansing yang dapat diakses gratis oleh semua kalangan. Puncak pengunjung selalu terjadi saat malam tiba, di mana lampu dari seluruh penjuru kota akan menyorot ke arah taman, ditambah keindahan Teluk Kuantan tepat di sampingnya.

Taman Publik Kreatif, Pelalawan
Taman Publik Kreatif Pelalawan 300x201 » Mengeksplorasi Eksotika Wisata Malam di Riau
Sesuai dengan namanya, taman ini dibangun sebagai wadah untuk menggelar pertunjukan seni budaya oleh para seniman Kabupaten Pelalawan. Baik penyelenggara maupun wisatawan tidak dikenakan retribusi apa pun untuk memanfaatkan atau mengeksplorasi taman yang selalu ramai ketika senja mulai tiba ini, karena biasanya pertunjukkan pun digelar pada malam hari.

Bundaran Elang, Bagansiapiapi
Jika mencari tempat hangout malam hari di Riau, khususnya daerah Bagansiapiapi, Bundaran Elang wajib dimasukkan daftar. Tempat ini sangat instagramable dengan patung elang di tengah bundaran beton yang difungsikan sebagai bangku. Meski dapat dieksplorasi secara gratis, kurang afdol jika belum mencoba kopi lokal seharga Rp. 5.000,- yang dijajakan para PKL.

Tugu Ikan, Bagansiapiapi
Tugu Ikan Bagansiapiapi 300x191 » Mengeksplorasi Eksotika Wisata Malam di Riau
Tempat berswafoto yang sangat instagramable dan gratis, definisi itu tempat sekali menggambarkan Tugu Ikan di Bagansiapiapi. Sebagai simbol Bagansiapiapi sebagai daerah penghasil laut tertinggi di Riau, tugu berbentuk ikan raksasa dibangun di tengah kota. Menjadi destinasi wisata khusus malam hari karena lalu lintas sekitar terlalu ramai pada pagi hingga petang.

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, Siak
Jembatan ikonik yang super instagramable berkat lampu pijar kekuningan yang menyala pada malam hari ini merupakan destinasi wisata malam terakhir yang paling recommended di Riau. Selain lampu baru menyala menjelang senja, destinasi wisata gratis ini juga baru lengang ketika malam tiba. Sehingga wisatawan dapat mengeksplorasi lebih maksimal.