Mengamankan Website dengan 5 Langkah Sederhana

Saat ini, website atau banyak orang yang menyebutnya sebagai blog pribadi adalah salah satu hal yang sudah tidak asing lagi untuk dimiliki seseorang dan ditemukan dimana-mana. Blog atau website sendiri adalah salah satu hal yang seakan-akan telah menjadi kebutuhan untuk orang banyak di era digital saat ini.

Banyak keuntungan yang dapat didapatkan dari website atau blog pribadi sendiri. seperti salah satunya untuk perusahaan yang memudahkan calon pembeli atau klien untuk melakukan pembelian atau bahkan mengakses informasi dari perusahaan tersebut. Manfaat website juga berguna untuk individu seperti salah satu contohnya menjadi sarana untuk memperkenalkan keahlian atau kapabilitas yang dimiliki untuk ditunjukan kepada orang banyak.

Namun, belum diketahui bagaimana sebuah website dapat memiliki keamanan yang terjamin. Hal ini mengingat bahwa internet sendiri adalah salah satu hal yang dapat diakses oleh semua orang, dan membuat keamanan menjadi salah satu hal yang cukup di khawatirkan. Tentunya website juga membutuhkan keamanan agar tidak mudah diretas oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Banyak tujuan yang membuat seseorang meretas website, seperti mencuri data atau sekedar mengirim sebuah spam. Berikut ini adalah salah satu cara untuk menjaga keamanan untuk sebuah website yang anda miliki saat ini.

1. Gunakanlah web hosting yang bagus
gunakan web hosting yang baik 300x140 » Mengamankan Website dengan 5 Langkah Sederhana
Saat menyewa sebuah hosting, tentunya keamanan dimulai dari langkah yang satu ini. web hosting sendiri memiliki peran utama dalam menjaga keamanan sebuah website. Anda harus melihat apakah web hosting yang anda sewa memiliki lapisan keamanan yang terbukti aman, seperti memonitor situs kita bahkan selama 24 jam penuh agar terhindar dari serangan spam atau malware.

Hal inilah yang biasanya lalai untuk dilakukan oleh para pemula saat mereka pertama kali menyewa sebuah web hosting. Hal penting yang harus anda lakukan yaitu pastikan layanan keamanan atau kinerja dari hosting yang akan anda sewa terbukti aman dan memiliki layanan yang baik.

2. Jangan malas untuk memperbaruin perangkat lunak wordpress
perbarui perangkat lunak wordpress 300x162 » Mengamankan Website dengan 5 Langkah Sederhana
Salah satu langkah peretasan adalah memanfaatkan kerentanan yang ada pada website. Cara untuk menaggulangi hal ini adalah terus melakukan perbaruan terhadap WordPress, plugin, dan tema dari situs web yang anda miliki. Nantinya fitur keamanan pun akan ikut mengalami pembaharuan.

Caranya juga sangat mudah, yaitu anda tinggal buka dasbor WordPress Anda> Perbarui.

3. Jangan tergiur dengan tema Nulled
berhati hati dengan tema nulled 300x174 » Mengamankan Website dengan 5 Langkah Sederhana
Tema Nuleed adalah sebuah tema premium yang diberikan secara gratis. Memang tema berbayar cukup mahal, namun didalam tema premium gratis ini seringkali ditemukan kode-kode yang memang sudah disuntikan dan berbahaya. Jadi jangan tergiur dengan beberapa link tema premium yang dibagikan secara gratis karena tidak terjamin resiko keamanannya.

Anda dapat menggunakan tema wordpress yang memang bebas untuk digunakan namun terjamin keamanannya.

4. Gunakan kata sandi yang kuat
gunakan kata sandi yang kuat 300x189 » Mengamankan Website dengan 5 Langkah Sederhana
Kata sandi adalah pintu masuk anda untuk mengakses website, dalam hal ini jangan sembarangan untuk membuat kata sandi. Hindari penggunaan kata sandi yang mencerminkan diri kita, seperti tanggal lahir atau nama sendiri atau orang terdekat, buatlah kata sandi dengan campuran karakter, angka dan juga huruf.

5. Aktifkan protocol HTTPS
menggunakan HTTPS 300x200 » Mengamankan Website dengan 5 Langkah Sederhana
Gunakan prefik HTTPS yang memiliki tanda gembok atau kunci. Untuk dapat memiliki prefik HTTPS, nantinya dibutuhkan sertifikat dimana akan memperkuat keamanan website yang dimiliki. Nantinya informasi antara browser, dan juag server web akan lebih mudah dijalankan.