Menelusuri Tempat Wisata Sejarah di kota Malang

Membicarakan tentang provinsi Jawa Timur tentu tidak akan ada habisnya terutama dalam bidang pariwisatanya. Salah satu kota yang ada di provinsi tersebut yang memiliki pariwisata yang cukup terkenal adalah kota malang. Tak hanya menyuguhkan wisata yang menarik, kota ini punk aya akan sejarah.

Hal ini dibuktikan dari adanya tempat-tempat bersejarah yang menjadi destinasi wisata di Malang. Berikut ini merupakan tempat wisata bersejarah yang ada di kota Malang.

Wisata Bersejarah di Malang

1. Candi Singosari
1. Candi Singosari 2 300x225 » Menelusuri Tempat Wisata Sejarah di kota Malang
Candi Singosari sendiri merupakan candi dari peninggalan kerajaan Singosari dan merupakan candi umat Hindu Budha. Berkunjung kesini, anda akan melihat keunikan tersendiri dimana bentuk candi terlihat mempunyai dua tingkat dan pada bagian luarnya, candi memiliki struktur yang tidak rata berbeda dengan bentuk candi pada umumnya.

Untuk dapat mengunjunginya, lokasi candi ini berada di desa candi Renggo tepatnya di kecamatan Singosari dan kurang lebih 9 km dari pusat kota Malang. Sayangnya, candi-candi lainnya telah hilang dan hanya menyisakan candi singosari saja.

2. Candi Jago
2. Candi Jago 300x162 » Menelusuri Tempat Wisata Sejarah di kota Malang
Tempat wisata bersejarah yang ada di kota Malang lainnya adalah Candi Jago yang terletak sekitar 22 km dari pusat kota Malang. Letaknya berada di desa Tumpang dengan kecamatan yang sama. Penduduk setempat sendiri biasa menyebut area candi tersebut dengan sebutan Cungkup.

Selain itu, penamaan candi tersebut pun tidak asal-asalan karena nama Jago sendiri diambil dari Jajaghu yang memiliki arti keagungan. Bangunan dari candi ini akan menampilkan candi yang dipenuhi dengan relief yang berpanel yang dipahat dengan sangat rapi dari bagian bawah hingga puncaknya. Tak hanya itu, pada dinding-dinding candi pun seakan tidak kosong karena terdapatnya aneka hiasan.

Relief-relief yang terdapat pada candi Jago ini mengandung ajaran dari agama hindu-Budha dan diduga pendirian dari candi ini memiliki kaitan dengan meninggalnya Sri Jaya Wisnuwardhana.

3. Candi Jawar Ombo
3. Candi Jawar Ombo 300x169 » Menelusuri Tempat Wisata Sejarah di kota Malang
Berikut ini pun masih kawasan sejarah di Malang yang menampilka sebuah Candi yang cukup unik dan merupakan peninggalan dari masa agama hindu-Budha dan ditemukan sekitar tahun 1983 saat masih terpendam dalam tanah. Saat mengunjungi lokasi candi ini, anda akan melihat 4 umpak batu yang mempunyai lubang di tengahnya.

Bentuk dari candi ini sendiri merupakan pelipit setengah lingkaran serta bentu segi empat yang cukup unik. Sisi pada ke 4 batu akan dipenuhi dengan relief-relief yang menampilkan bunga teratai ataupun tapak dara.

Untuk bisa mengunjungi wisata sejarah ini, candi Jawar Ombo berlokasi di desan Mulyosari tepatnya di kecamatan Ampelgading, Malang.

4. Candi Sumberawan
Candi Sumberawan ini sendiri merupakan candi tunggal yang terletak di desa Toyomarto dengan kecamatan Singosari, Malang. Anda akan melihat penampilan candi yang terdiri dari kaki, badan, serta kepala yang semakin meruncing ke atas dengan relief yang lebih mengarah pada bentuk patung dewa ataupun sosok suci lainnya.

Oleh sebab itu, candi ini dapat dikatakan sebagai bentuk wujud dari stupa sebagai lambang untuk menuju Nirwana. Untuk anda yang ingin berkunjung ke daerah ini mungkin akan sedikit kesulitan menemukan lokasinya.

5. Kompleks Candi Gunung Arjuna
5. Kompleks Candi Gunung Arjuna 300x167 » Menelusuri Tempat Wisata Sejarah di kota Malang
Dibandingkan dengan candi-candi diatas, anda akan melihat beberapa candi saat mengunjungi kompleks candi gunung Arjuna ini. Terdapat beberapa kelompok pada komplek percandian tersebut antara lain kelompok Sepilo yang terdiri dari Candi kembang, Lepek, Wesi, Madrin, Hyang Semar, Patung lesung, Rathawu, Watu ireng, Sepilo, Bhatara Guru.

Sedangkan untuk kelompok Indrokilo terdiri dari candi laras, indrikilo, satria manggung dan gambir.

Itulah beberapa kawasan wisata bersejarah yang ada di Malang. Segera rencanakan liburan ke Malang untuk mendapatkan keseruan.