Mencoba 3 Wisata Religi di Bengkulu yang Bisa Anda Kunjungi

Provinsi Bengkulu dari dulu memang terkenal dengan pariwisata alamnya yang indah dan tentu sudah terkenal hingga ke mancanegara. Namun, belum banyak wisatawan yang mengetahui adanya wisata religi di Bengkulu karena mungkin tidak banyak informasi mengenai tempat-tempat tersebut. Maka dari itulah, di sini akan kami berikan beberapa referensi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi.

1. Ritual Tabot Bengkulu
Wisata Tabot yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Bengkulu 300x225 » Mencoba 3 Wisata Religi di Bengkulu yang Bisa Anda Kunjungi
Ritual Tabot merupakan salah satu ritual penting di Bengkulu yang diselenggarakan oleh keluarga Tabot dari turun temurun. Meskipun hanya ritual keluarga Tabot, tidak sedikit yang ingin menyaksikan festivalnya yang biasanya diadakan selama 10 hari penuh.

Hal itulah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Bengkulu, karena dalam 10 hari itu akan diadakan acara-acara yang menarik, seperti pertunjukan seni, pameran kriya, rebana, pasar rakyat, lomba menghias delman, tari tabot, dan masih banyak lagi. Tidak heran kalau banyak wisatawan sengaja menghabiskan waktu berlibur di Bengkulu hanya untuk menyaksikan festival Tabot.

Tabot Bengkulu yang diarak di sepanjang jalan dibuat berdasarkan tradisi keluarga turun temurun, kemudian ditambahkan beberapa pengiringnya (bendera Indonesia, bendera warna hijau, bendera warna putih, tombak bermata 2 yang pada ujungnya digantung, dan pedang zufikar (pedang yang berasal dari Nabi Muhammad, SAW) yang sudah diduplikat). Untuk menyaksikan acara ini sebenarnya tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

2. Masjid Jamik
Wisata religi di Masjid Jamik yang berasal dari peninggalan Ir. Soekarno 300x200 » Mencoba 3 Wisata Religi di Bengkulu yang Bisa Anda Kunjungi
Masjid Jamik merupakan salah satu wisata religi di Bengkulu yang berasal dari peninggalan zaman Ir. Soekarno. Pada kala itu, Bung Karno merenovasi masjid tua ini menjadi baru dan masih tetap berdiri kokoh dari sejak itu. Maka tidak heran kalau penduduk setempat memberikan nama lain untuk masjid tersebut menjadi Masjid Bung Karno.

Masjid yang terdapat di jantung Kota Bengkulu ini sangat mudah untuk Anda kunjungi, karena banyak transportasi umum yang melintasi jalan masjid tersebut, seperti becak, angkutan umum, delman, ojek, dan sebagainya. Untuk harga tiket masuknya, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun. Tapi Anda bisa membayarnya secara sukarela.

3. Makam Sentot Alibasyah
Meskipun jarang di kunjungi wisatawan Makan Sentot Alibasyah bisa dijadikan referensi Anda untuk berkunjung 300x193 » Mencoba 3 Wisata Religi di Bengkulu yang Bisa Anda Kunjungi
Wisata religi di Bengkulu yang bisa Anda kunjungi terakhir adalah Makan Sentot Alibasyah. Makam tersebut berada di wilayah pemakaman umum, namun bagi penduduk Bengkulu, makam tersebut sangat diistimewakan. Kenapa begitu? Itu karena Sentot Alibasyah adalah salah satu pahlawan bersejarah dan paling disegani oleh penduduk Bengkulu pada saat itu.

Sebenarnya, beliau adalah seorang panglima perang pada masa Pangeran Diponegoro. Namun, di tahun 1833, Sentot Alibasyah diasingkan ke Bengkulu hingga akhir hayatnya dan pada masa itulah beliau sangat disegani oleh masyarakat Bengkulu.

Meskipun berada di pemakaman umum, bentuk makam Sentot Alibasyah sangatlah berbeda dengan yang lainnya. Pada makamnya, terdapat gapura yang dibentuk seperti kerucut dan dilengkapi dengan beberapa anak tangga serta pipi tangga. Lalu, di sekililingnya juga terdapat pagar tembok serta pintu besi.

Tidak lupa juga tersedia ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan para pengunjung untuk berdoa atau hanya sekedar melihat makamnya saja. Karena minimnya informasi mengenai makam tokoh pahlawan ini, tidak banyak pengunjung yang berziarah ke makamnya. Justru wisatawan yang berkunjung kebanyakan yang berasal dari Sumatera Selatan dan Jambi. Untuk masuk ke makam Sentot Alibasyah tidak dipunguti biaya apapun.

Itulah ketiga wisata religi di Bengkulu yang bisa Anda kunjungi. Dengan melakukan wisata religi, tentu keimanan Anda bisa lebih tenang dan pastinya akan mendapatkan pengalaman baru.