Melirik Laptop Produksi Lokal Asli Indonesia

Mayoritas pengguna laptop di Indonesia masih mengutamakan produk kenamaan luar negeri sebagai pilihan. Padahal, sebenarnya produk-produk laptop lokal Indonesia pun tidak kalah dari segi kualitas. Dimulai pada tahun 2006, produsen Indonesia terus mengembangkan produk-produknya agar semakin baik dan dicintai oleh masyarakat dalam negeri. Bahkan, saat ini sudah merambah pasar internasional.

Produsen Laptop Dalam Negeri Dan Produk Terbarunya

Meski beberapa produsen lokal telah tumbang karena tidak lagi sanggup bersaing, tercatat beberapa perusahaan masih aktif memproduksi laptop dan memiliki posisi yang cukup stabil di pasar gadget. Berikut ini adalah daftar produsen laptop yang masih beroperasi, lengkap dengan detail produk terbarunya yang dapat digunakan sebagai referensi dalam memilih produk :

– Axioo

Axioo Mybook 11 300x150 » Melirik Laptop Produksi Lokal Asli Indonesia
Axioo saat ini merupakan brand perangkat pintar asli Indonesia yang terbaik untuk kelas produsen lokal. Setiap tahun, Axioo rajin merilis perangkat laptop terbaru yang selalu mendapatkan sambutan hangat dari kalangan pengguna gadget. Untuk produk laptop terbaru Axioo yang belum lama diluncurkan adalah Axioo Mybook 11+ dan Axioo Mybook 14.
Axioo 300x150 » Melirik Laptop Produksi Lokal Asli Indonesia
Axioo Mybook 11+ memiliki layar seluas 11.6 inci dengan ketajaman layar yang memuaskan. Menyasar kalangan entry level, Intel Celeron N3350 dilengkapi RAM 2GB dan HDD berkapasitas 500GB terasa cukup mengakomodasi aktivitas komputasi sedang. Terlebih, windows 10 professional sudah termasuk dalam paket penjualan. Produk ditawarkan mulai harga 2,4 juta rupiah saja.

Axioo Mybook 14 300x116 » Melirik Laptop Produksi Lokal Asli Indonesia
Jika membutuhkan laptop untuk aktivitas lebih berat, maka dapat memilih Axioo Mybook 14 yang memiliki luas layar sebesar 14 inci. Beroperasi dengan windows 10 original dan processor Intel Celeron N3350, RAM yang disematkan relatif besar, yakni 3GB dengan penyimpanan hybrid e-MMC 32GB dan HDD 500GB. Harganya dibanderol mulai 3,1 juta.

– Zyrex

Zyrex 300x118 » Melirik Laptop Produksi Lokal Asli Indonesia
Zyrex sejatinya merupakan produsen yang beroperasi lebih lama dibandingkan Axioo. Tetapi untuk suatu alasan, Zyrex sempat vakum beroperasi bertahun-tahun, di mana kemudian baru kembali aktif tahun 2016 di mana pasar gadget lokal tengah menggeliat. Berpusat di Jakarta, Zyrex saat ini merupakan pesaing berat Axioo di pasar perangkat pintar lokal.

Produk laptop terbaru Zyrex adalah Zyrex Sky 232 yang membidik kalangan menengah ke bawah dengan menawarkan produk berharga murah tetapi dengan spesifikasi garang. Dibekali dimensi layar 14 inci dengan RAM 4GB untuk mendampingi processor Intel Celeron N3350, produk ini memiliki mode penyimpanan hybrid berupa e-MMC 32GB dan HDD 1TB.

Harga yang dibanderol untuk Zyrex Sky 232 juga sangat terjangkau mengingat spesifikasi yang ditawarkan sangat tinggi, yakni hanya 3 juta rupiah saja. Sayangnya, dalam paket penjualan belum disertakan sistem operasi bawaan sehingga pengguna harus melakukan instalasi sendiri. Versi windows yang dianjurkan adalah Windows 8.1 atau Windows 10 professional.

Zyrex Sky 232 300x233 » Melirik Laptop Produksi Lokal Asli Indonesia
Keunggulan Produk Laptop Lokal
Secara branding, baik Axioo maupun Zyrex mungkin belum dapat mengalahkan brand internasional, tetapi hal tersebut dapat tertutupi oleh keunggulan-keunggulan kedua produk lokal tersebut, yakni :

1. Layanan purna jual Axioo dan Zyrex sangat bagus. Mereka memberikan garansi sampai 3 tahun dengan service centre yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan untuk produk yang ternyata cacat produksi, produsen siap mengganti unit baru.

2. Harga jual produk lokal lebih murah karena tidak melewati bea cukai seperti produk impor.
Dengan mempertimbangkan kelebihan yang dimiliki serta spesifikasi dan kualitas yang sudah cukup bagus, rasanya tidak perlu ragu untuk menjadikan produk asli Indonesia sebagai laptop pilihan.