Manfaat Sinar Matahari Untuk Tubuh Berikut Ini

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia membuat sinar matahari lebih banyak sehingga tidak membuat seseorang berjemur di pantai untuk mendapatkan hangatnya sinar matahari. Kendati demikian tidak sedikit orang yang juga menghindari sinar matahari karena bisa mengakibatkan kulit kering dan tampak kusam. Padahal sinar matahari ternyata Memberikan manfaat bagi tubuh seseorang.

Manfaat Sinar Matahari Pada Tubuh

Jika anda selama ini menghindari sinar matahari karena takut kulit anda akan terlihat kusam dan hitam maka sekarang juga anda harus mendapatkan paparan sinar matahari. Kendati demikian memang ada beberapa waktu tertentu di mana anda tidak boleh terkena sinar matahari secara berlebihan karena sinar UV yang mampu merusak kulit anda. Jauh dari itu Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari sinar matahari.

1. Sinar Matahari Baik Untuk Kulit
1. Sinar matahari baik untuk kulit 300x200 » Manfaat Sinar Matahari Untuk Tubuh Berikut Ini
Beberapa penelitian yang telah dilakukan membuktikan apabila kulit seseorang yang lebih sering terkena sinar matahari secara teratur memiliki kualitas yang lebih baik di mana terhindar dari infeksi jamur kulit dibandingkan dengan mereka yang jarang sekali terkena paparan sinar matahari.

Kulit yang kurang terkena sinar matahari tentu akan lebih lembab sehingga menjadi tempat nyaman untuk berkembangnya mikroba pada kulit. Untuk menghindarinya mulai dari sekarang ada baiknya anda lebih sering terkena sinar matahari seperti saat pagi hari.

2. Terapi Penyakit Kulit
2. Terapi Penyakit Kulit 300x188 » Manfaat Sinar Matahari Untuk Tubuh Berikut Ini
Saat ini sinar matahari juga telah dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kulit tertentu. Hal tersebut Bukan Tanpa Alasan pasalnya kandungan apa yang terdapat pada sinar matahari mampu menjadi pilihan pengobatan vitiligo atau jenis penyakit yang menyerang pada sel penghasil pigmen kulit.

Tidak hanya sebagai terapi penyakit vitiligo, sinar matahari ternyata juga mampu mengobati autoimun dimana para penderitanya memiliki kulit yang sangat sensitif dan masih banyak lagi penyakit yang bisa sembuh karena sinar matahari.

3. Aura Kecantikan Akan Lebih Keluar
3. Aura Cantik Akan Lebih Keluar 300x200 » Manfaat Sinar Matahari Untuk Tubuh Berikut Ini
Hal ini mungkin akan terdengar sepele tetapi ternyata dengan sering terkena sinar matahari dapat memicu produksi vitamin C yang baik untuk tubuh sehingga tubuh akan lebih sehat dan sinar matahari juga membantu produksi hormon yang berfungsi untuk meningkatkan kebahagiaan dan kualitas hidup seseorang dimana Hormon tersebut adalah hormon serotonin dan melatonin.

Serotonin sendiri merupakan hormon yang diproduksi tubuh berfungsi untuk antidepresan sedangkan melatonin merupakan hormon yang mampu memperbaiki pola tidur sehingga mencegah seseorang untuk terkena insomnia.

4. Sebagai Anti-aging Alami
4. Sebagai Anti Aging 300x169 » Manfaat Sinar Matahari Untuk Tubuh Berikut Ini
Salah satu penyebab penuaan dini adalah adanya sel-sel yang rusak pada tubuh. Untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi maka ada baiknya anda lebih sering terkena sinar matahari. Hal itu karena sinar matahari memiliki kemampuan untuk melebarkan jaringan pada pembuluh darah di kulit sehingga sirkulasi darah akan lebih lancar.

Sirkulasi darah yang lancar inilah yang akan membuat kulit anda tampak lebih sehat. Sinar matahari juga mampu meregenerasi sel kulit yang telah mati sehingga kulit anda akan lebih sehat.

5. Mengurangi Gula Darah
5. Mengurangi Gula Darah 300x200 » Manfaat Sinar Matahari Untuk Tubuh Berikut Ini
Para dokter penyakit diabetes juga menyarankan pasiennya untuk sering berjemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari inilah menjadi insulin alami yang memberikan kemudahan pada tubuh untuk menyerap glukosa.

Hal inilah yang membuat tubuh untuk bekerja mengubah gula darah menjadi glikogen dimana nantinya glikogen inilah akan disimpan di dalam hati dan otot. Proses inilah yang akan menurunkan tingkat kadar glukosa pada darah.

Dengan lebih terkena sinar matahari maka tubuh Anda memang akan lebih sehat. Untuk mengatasi paparan sinar matahari secara berlebih maka anda juga bisa menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit anda terutama yang memiliki kulit sensitif.