Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh – Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur atau bumbu penyedap makanan. Bahkan kunyit juga sering dijadikan obat tradisional atau jamu yang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan.

Salah satu jenis rempah yang memiliki ciri berwarna kuning atau oranye ini selain dapat dijadikan bumbu penyedap pada makanan, ternyata kunyit memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Berbicara mengenai kesehatan, apa saja sih manfaat kunyit untuk kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh.

  1. Mencegah Peradangan

Salah satu manfaat kunyit yang baik bagi kesehatan yaitu bis dijadikan sebagai obat untuk mencegah peradangan. Kandungan zat curcumin yang terdapat pada kunyit berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh selain itu juga dapat mencegah produksi sitokin dimana sitokin merupakan senyawa yang dilepaskan oleh infeksi bakteri atau radikal bebas yang terjadi pada tubuh yang menjadi penyebab utama terjadinya peradangan.

  1. Mencegah kanker

Manfaat kunyit bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat mencegah kanker. Kandungan antioksidan pada kunyit berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menjadi penyebab kerusakan gen dimana kerusakan gen pada tubuh menjadi salah satu penyebab yang dapat memicu penyakit kanker.

  1. Mencegah dan mengurangi gejala arthritis

Pernahkah Anda mengalami rasa sakit dan nyeri pada persendian? Jika iya berarti Anda mengalami gejala arthritis. Dimana Arthritis merupakan sebuah penyakit yang menimbulkan rasa nyeri pada sendi akibat radang pada persendian. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segeralah mengkonsumsi kunyit sebagai obat alami untuk menyembuhkan gejala arthritis tersebut. Kandungan zat curcuminoid pada kunyit bermanfaat untuk mencegah serta mengurangi pembentukan senyawa yang menjadi penyebab terjadinya gejala arthritis.

manfaat rempah rempah kunyit untuk kesehatan » Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Meredakan maag

Maag merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat produksi asam lambung yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan infeksi atau peradangan pada lambung. Salah satu obat alami yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan penyakit maag yaitu kunyit. Kandungan curcuminoid pada kunyit dapat menjadi obat pada peradangan begitupun pada radang lambung yang menjadi penyebab penyakit maag. Senyawa curcuminoid pada kunyit dapat membantu meningkatkan produksi lendir yang berfungsi untuk melindungi dinding lambung.

  1. Meredakan stress dan depresi

Tahukah Anda jika kunyit ternyata dapat dijadikan obat alami untuk meredakan stress dan depresi? Ya, kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk meredakan stress dan depresi. Saat terjadi banyak permasalahan yang menguras pikiran, beban hidup hingga masalah yang berdampak pada tekanan batin membuat sebagian orang mudah stress dan depresi. Agar stress dan depresi itu hilang, Anda bisa mengkonsumsi olahan kunyit seperti jamu. Kandungan curcuminoid pada kunyit ternyata cukup memberikan efek yang baik untuk meredakan stress dan depresi.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol merupakan lemak jahat yang sangat berbahaya bagi tubuh apabila terjadi penumpukan selain dapat menyebabkan obesitas, kadar kolesterol yang tiggi pada tubuh akan berdampak pada gangguan jantung bahkan dapat memicu penyakit stroke. untuk mencegah hal tersebut terjadi, salah satu caranya yaitu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Salah satu obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh yaitu dengan mengkonsumsi kunyit. Kandungan curcuma pada kunyit selain bermanfaat untuk mnegobati peradangan juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia yaitu otak. Otak berfungsi sebagai fungsi saraf yang dapat mengatur dan mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh manusia lainnya. Untuk itu menjaga kesehatan otak sangatlah penting. Salah satu cara untuk meningkatkan fungsi otak yaitu selain dengan latihan tertentu juga mengkonsumsi makanan sehat. Kunyit merupakan salah satu bahan makanan yang apabila dikonsumsi dapat meningkatkan fungsi otak melalui kandungan zat curcuminoidnya.

  1. Mengatasi jerawat dan mencegah penuaan kulit

Telah disebutkan diatas sebelumnya, kunyit selain memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan tubuh juga memiliki kandungan zat yang baik untuk kecantikan tubuh salah satunya yaitu kesehatan kulit. Kandungan antioksidan pada kunyit berfungsi untuk mencegah radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini serta zat curcuminoid pada kunyit mampu mengobati peradangan serta infeksi jerawat. Jerawat dan bekas jerawat akan hilang dengan menggunakan kunyit.

  1. Mencegah penyakit alzheimer

Selain bermanfaat baik untuk kesehatan serta meningkatkan fungsi otak, mengkonsumsi kuyit ternyata dapat menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit alzheimer. Alzheimer merupakan sebuah penyakit yang  menyerang otak dimana seseorang yang mengalami penyakit ini akan mengalami pikun akibat kerusakan saraf pada otak sehingga memori atau ingatannya terganggu. Untuk menyembuhkan penyakit ini, penderita alzheimer bisa megkonsumsi kunyit secara rutin agar fungsi otak bisa berfungsi dengan baik dan sehat kembali.

  1. Mencegah diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit selain kanker dan jantung yang paling banyak menyebabkan kematian apabila tidak diobati secara benar. Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi sehingga menyebabkan gula darah meningkat. Salah satu obat yang baik dikonsumsi untuk mengobati penyakit diabetes yaitu kunyit. Kandungan curcuma pada kunyit berfungsi membantu mengurangi kadar gula dalam darah serta membuat kondisi gula darah stabil.