Manfaat Banyak Minum Air Putih dalam Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ yang paling vital dari semua organ. Tanpa jantung, kita tidak dapat hidup seperti sekarang ini, karena itulah kita harus menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari berbagai macam penyakit jantung, seperti jantung koroner, penumpukan lemak pada jantung, dan sebagainya.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat, tentu kemungkinan besar kita dapat terhindar dari penyakit jantung. Tapi hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat saja, tidak berarti Anda bisa terhindar dari salah satu penyakit mematikan tersebut. Kenapa? Karena makanan sehat yang tidak diimbangi dengan minum air putih yang banyak tentu tidak berarti apa-apa.
Kurang Air Putih dapat Menyebabkan Darah Kental 300x189 » Manfaat Banyak Minum Air Putih dalam Menjaga Kesehatan Jantung
Tidak semua orang pastinya rajin minum air putih dan lebih memilih minum minuman yang mengandung banyak pemanis buatan. Padahal kebiasaan sederhana dengan minum banyak air putih dapat memberikan manfaat yang begitu besar bagi kesehatan jantung dan seluruh organ tubuh.

Kalau Anda jarang mengkonsumsi air putih, cadangan cairan yang ada di dalam tubuh semakin lama akan semakin sedikit. Cadangan cairan tersebut berguna untuk melarutkan senyawa garam yang masuk ke dalam darah. Kalau tubuh Anda kekurangan air putih, garam yang terdapat pada aliran darah akan semakin banyak yang membuat darah semakin lama akan menjadi kental.

Kalau darah sudah mulai mengental, otomatis volume darah dalam tubuh akan menjadi berkurang dalam waktu tertentu. Akibat terjadinya penurunan volume darah, tentu kinerja jantung sebagai pemompa darah yang masih segar juga akan semakin berkurang. Kalau darah segar yang dipompa berkurang, darah yang seharusnya dialirkan ke seluruh tubuh akan memiliki jumlah yang lebih sedikit dibandingkan volume darah normal.
Kurang Air Putih dapat Beresiko Terkena Penyakit Jantung 300x188 » Manfaat Banyak Minum Air Putih dalam Menjaga Kesehatan Jantung
Adanya kekurangan volume darah tersebut, kinerja jantung akan semakin lebih terforsir untuk menutup volume darah yang kurang. Itulah kenapa setiap orang yang dehidrasi akan mengalami detak jantung yang sangat cepat dan kencang. Mereka yang sudah mengalami hal tersebut harus segera diberi air putih yang cukup untuk membantu proses kerja jantung.

Jantung yang terlalu bekerja secara ekstra dalam kurun waktu yang lama akan mulai mengalami banyak masalah jantung. Darah yang sudah menjadi kental dapat menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit jantung, seperti jantung koroner, gejala stroke, lainnya. Jika sudah memasuki pengentalan darah, orang tersebut juga akan memiliki kemungkinan yang tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

Jadi, air putih sebagai pembersih darah dari larutan kandungan garam akan sangat membantu dalam proses pembilasannya. Kandungan garam yang sudah berlebih akan dibuang melalui keringat maupun urin. Maka tidak heran, jika sedang sakit, orang yang mengkonsumsi banyak air putih akan lebih cepat sembuh karena mengeluarkan zat racun dalam tubuh termasuk kandungan garam berlebih melalui keringat dan urin.
Jagalah Kesehatan Jantung Dengan Cara Sederhana Minum Air Putih yang Banyak 300x225 » Manfaat Banyak Minum Air Putih dalam Menjaga Kesehatan Jantung
Beberapa penelitian telah menjelaskan bahwa orang yang rutin minum air putih sebanyak 5 gelas dalam setiap harinya, resiko terkena penyakit jantung akan lebih sedikit dibandingkan orang yang jarang mengkonsumsi air putih, misalnya hanya 2 gelas setiap harinya atau kurang dari jumlah tersebut.

Pada umumnya, mengkonsumsi air putih secara rutin akan memberikan efek penurunan terkena berbagai macam masalah kesehatan jantung sebesar 54% untuk kaum pria serta 41% untuk kaum wanita. Jika Anda sangat aktif dalam berbagai kegiatan, alangkah baiknya selalu membawa botol minum untuk mencungkupi kebutuhan mineral dalam tubuh.

Sebenarnya ada aturan dalam mengkonsumsi air putih, yakni minum saat haus dan berhenti ketika tidak lagi haus. Kenapa? Karena air putih yang dikonsumsi terlalu banyak juga tidak bagus bagi tubuh, terutama ginjal. Air yang masuk ke dalam tubuh pastinya akan di keluarkan melalui urin, saat itulah ginjal bekerja. Jika Anda sering minum air putih, maka urin akan terus menerus keluar dan ginjal pun tidak mendapat istirahat.

Intinya, imbangi jumlah minum air putih Anda. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Tubuh yang kurang air putih dapat dilihat dari warna urin yang keruh mengarah ke warna gelap. Kalau sudah begitu, minumlah air putih banyak.