Liburan Makin Asik ke 6 Tempat Wisata Paling Kece di Siantar

Siantar, atau yang bernama lengkap Pematangsiantar, adalah sebuah kota terbesar ke dua di Sumatera Utara. Mungkin selama ini masyarakat lebih familier dengan tempat-tempat wisata di Medan, padahal Siantar juga punya cukup banyak potensi pariwisata yang menakjubkan. Oleh sebab itu, jika kamu ke Sumatera Utara dan mampir ke Siantar, lalu kunjungi beberapa tempat berikut ini untuk menambah pengalaman liburanmu.

Air Terjun Jambuara yang Menakjubkan
Air Terjun Jambuara yang Menakjubkan 300x200 » Liburan Makin Asik ke 6 Tempat Wisata Paling Kece di Siantar
Air Terjun Jambuara, tampaknya lebih populer dengan nama Air Terjun Mamabu. Wisata satu ini awalnya tidak begitu diketahui orang luar, tetapi akhir-akhir ini mulai sering dikunjungi turis lokal karena ingin mencicipi segarnya air dan pemandangan indah yang disajikan Air Terjun Mamabu.

Di sini, kamu bisa merasakan guyuran air dari ketinggian 50 meter. Debitnya cukup kecil tapi tetap deras karena sangat tinggi. Airnya pun jernih, sehingga paling asik jika menyempatkan mandi di kolam di bawah air terjun. Atau, jika tidak ingin basah-basahan, kamu juga bisa foto-foto cantik di sini. Jika ingin datang, pergi saja ke Desa Aek Komangin, Kecamatan Hatonduan, Simalungun-Tanah Jawa, Siantar.

Kebun Teh Sidamanik yang Hijau nan Asri
Kebun Teh Sidamanik yang Hijau nan Asri 300x200 » Liburan Makin Asik ke 6 Tempat Wisata Paling Kece di Siantar
Di Sidamanik, Siantar, ada beberapa perkebunan teh yang sangat luas dan dapat kamu kunjungi. Pertama yaitu Perkebunan Teh Bah Butong, yang merupakan perkebunan paling tua di wilayah Sidamanik. Kebun ini bahkan sudah ada sejak tahun 1917 dan dibuka oleh Nederlandsche Handel-Maatschappij. Kemudian ada Perkebunan Teh Sidamanik dan juga Perkebunan Teh Tiba Sari.

Namun, dari tiga perkebunan tersebut, Perkebunan Sidamanik lah yang lebih dulu punya pabrik tehnya sendiri. Satu tahun kemudian, baru pabrik Perkebunan Bah Butong didirikan.

Patung Dewi Kwan Im Raksasa
Patung Dewi Kwan Im Raksasa 300x200 » Liburan Makin Asik ke 6 Tempat Wisata Paling Kece di Siantar
Salah satu daya tarik terbesar Siantar adalah bahwa di pusat kota ini ada sebuah patung Dewi Kwan Im yang berukuran sangat besar. Tingginya bahkan sampai 22.8 meter, sampai-sampai dianggap sebagai patung Dewi Kwan Im tertinggi se Asia Tenggara. Tidak heran jika MURI memberi penghargaan pada patung ini.

Letak patung raksasa Dewi Kwan Im ini sendiri berada di Vihara Avalokitesvara, di tengah-tengah kota Pematangsiantar. Tepatnya di Jl. Pusuk Buhit, Karo, Siantar Selatan, Kota Pematang Siantar.

Pemandian Alam Aek Manik
Pemandian Alam Aek Manik 300x274 » Liburan Makin Asik ke 6 Tempat Wisata Paling Kece di Siantar
Kalau kamu ingin bersantai sambil basah-basahan di Siantar, coba kunjungi Pemandian Alam Aek Manik. Pemandian ini sangat alami, dengan air sungai yang mengalir tenang, mirip kolam renang tapi langsung dari alam. Hal yang membuat wisatawan betah adalah karena airnya sangat jernih, sehingga sensasi kesegarannya sangat terasa. Meskipun kamu harus mendaki tangga cukup jauh untuk sampai ke tempat ini, tapi dijamin akan langsung hilang semua rasa lelah tadi.

Taman Hewan Pematang Siantar
Taman Hewan Pematang Siantar 300x169 » Liburan Makin Asik ke 6 Tempat Wisata Paling Kece di Siantar
Siantar juga punya kebun binatang bernama Taman Hewan Pematang Siantar. Di lahan seluas 4.5 hektar, beragam hewan dapat kamu saksikan di sini. Bisa dibilang, koleksi kebun binatang satu ini cukup lengkap dan menarik. Jika kamu tertarik, langsung saja ke Jl. Gunung Simanuk-Manuk Nomer 2, Teladan, Siantar Barat.

Air Terjun Bah Biak
Air Terjun Bah Biak 300x169 » Liburan Makin Asik ke 6 Tempat Wisata Paling Kece di Siantar
Satu lagi air terjun yang akan membuatmu terpesona, yaitu Air Terjun Bah Biak di Siantar. Uniknya lagi, air terjun ini berada di wilayah perkebunan teh Sidamanik. Jadi kamu bisa sekalian melakukan dua wisata sekaligus, selain jalan-jalan di kebun teh juga bisa langsung ke air terjun ini untuk main-main air.

Gimana? Kamu pasti jadi lebih tertarik pergi ke Siantar, kan?